Analysis of the Saluni Santri Dictionary from Dr. Ali Al-Qasimy’s Perspective
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah Al-Fatih, Z. (2017). Kamus Santri Saluni Arab-Indonesia. Sukoharjo: Pustaka Arafah.
Abdul Ghafur Atthar, A. (1979). Muqaddimah Al-Shihah. Beirut: Dar Al-Ilm Lil Malayin.
Al-Qasimy, A. (1991). Ilm Al-Lughah Wa Sina’ah Al-Mu’jam. Riyadh: Jami’ah Malik Sa’ud.
Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Harun, U. B. (2019). Analisis Komponen Kamus Al-Mufied Indonesia-Arab Perspektif Dr. Ali Al-Qasimy. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 639–647. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/531/490
Hayani, F. (2019). Leksikografi Arab (Sebuah Kajian Linguistik Terapan). Shaut al Arabiyyah, 7(1), 1. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.7786
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.
Isnaini, N., & Huda, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route Pada Siswa Kelas VIII MTsN 10 Sleman. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 1. https://doi.org/10.35931/am.v3i1.156
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/16060/9786
Muhammad Ar Razy. (1995). Mukhtar al-Shihaah. Beirut: Maktabah Lubnan.
Muntaha, M., & Salman, A. M. B. (2023). Fa’aliyatu Ilzamu al-Komus Najwa ats Tsuroyya ala Maharoh Kalam Tulabu al-Madrasah at-Tsanawiyyah bi Ma’hadi al-Irsyad al-Islami Semarang Jawa Wustho as-Sanata ad-Dirosah 2021-2022. UIN Raden Mas Said Surakarta.
Mustaufiy, A. S. H., & Sadat, A. (2020). Analisis Preferensi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kamus dalam Mempelajari Bahasa Arab. Al-Af’idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 4(1), 1–17.
Nasyithoh, S. G. N., Aini, S. M. N., Thayyib, T., & Huda, M. M. (2021). Perspektif Dr. Ali Al-Qasmy pada Kamus Akbar Bahasa Arab (Indonesia-Arab). Shaut al Arabiyyah, 9(2), 233. https://doi.org/10.24252/saa.v9i2.24202
Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 303–319. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/717/663
Rahmawati, A., & Hikmah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Plotagon Story Di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin Sidoarjo. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 225–241. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/liar/article/view/3489/2096
Rohman, T., Hanifah, U., Abdullah, M., Ilzam, A., & Sulfiatin, S. (2024). Pembelajaran Mufradat pada Anak Tingkat Pemula di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 97–116.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.
Sabila, A. N., & Al Anshory, A. M. (2023). Telaah Komponen dan Metode Penyusunan Kamus Hifdz al-Mufrodat (Memorizing Vocabularies): Kajian Leksikografi. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(1), 34–47. https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.538
Sholekhah, H. Y., & Hikmah, K. (2024). Analisis Kamus Arab-Indonesia Karya Mahmud Yunus. Retrieved from https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/4155/29851 website: https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/4155/29851
Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302
Taufiqurrochman, R. (2008). Leksikologi Bahasa Arab. UIN Malang Press.
Taufiqurrochman, R. (2015). Pengembangan Kamus Tarbiyah Indonesia-Arab, Arab-Indonesia.
Triyana, A. A., Erlina, E., Koderi, K., Anis, I. K., & Nurudin, M. (2023). Tathwîr Qamûs al-Jayb li Thullâb bi Madrasah al-Ibtidâiyyah. International Journal of Arabic Language Teaching, 5(02), 185. https://doi.org/10.32332/ijalt.v5i02.5635
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indeksasi
______________________________________________________________________________________
Contact Us:
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaarabanAddress: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai UtaraKabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471Provinsi: Kalimantan SelatanEmail: almiyar@stiq-amuntai.ac.id__________________________________________________________________________
___________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.