Challenges of Arabic Language Learning: Identity of Factors Affecting Students' Difficulties in Speaking
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I., Rahmi, N., & Walfajri, W. (2021). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Taqdir, 6(2), 71–83.
https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6283
Adawiyah, Y. R., Rahmawati, Wulandari, S., & Muthmainnah, I. (2024). Analisis Kesulitan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Nurul Jadid Probolinggo. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 111–120.
https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i1.730
Akbar, D. W., & Agustini, V. D. (2021). Pelatihan Membaca Arab Pegon Dalam Alkitab Di PCM Sukmajaya Depok. Jurnal Ikraith-Abdimas, 5(1), 194–199.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Bamualim, M. (2020). Kedudukan Dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, 10(2), 1–10.
https://doi.org/10.54214/alfawaid.vol10.iss2.14 1
Farhan Bahrun, M., Mughniza Makmur, R., Jalil Azis, A., & Daroini, S. (2024). Penerapan Muhāmdatsah Al-yaumi dalam Peningkatan Keterampilan Kalām Pada Pondok Pesantren Di Sulawesi Selatan. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 19–38.
https://doi.org/10.35931/am.v7i1.2959
Gajah, A. S., Muthia Inayah, U., & Dwi Haryuni, N. (2023). Peranan Bahasa Arab Dalam Pengembangan Studi Islam. Jurnal Ekshis, 1(2), 61–69.
https://doi.org/10.59548/je.v1i2.78
Hafidz, A., Widyanti, L. N., Ismail, M., Ayu, D., & Jannah, M. (2024). Implementasi Pendekatan Komunikatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 682–688.
http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3769
Kamilaini, A., Agustina, R. F., Haqiqy, M. S. I. Al, & Mufidah, N. (2024). Manajemen Program Ekstrakulikuler Bahasa Arab di Madrasah. Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 3(02), 113–122.
Khumairoh, R. (2020). Analisis Hubungan Latar Belakang Pendidikan Dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 2 Kota Malang. Semnasbama Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa, 7(1), 46.
Laubaha, S. A., Otaya, L. G., Yasin, Z., Hula, I. R. N., Hairuddin, H., & Adam, M. Z. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Mahāratul Kalām Berbasis Kearifan Lokal Provinsi Gorontalo. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 459.
https://doi.org/10.35931/am.v7i1.3340
Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. (2021). Pendidikan Bahasa Arab: Problematika dan Solusi Dalam Studi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 14.
Naili, M., Maryam, N. A., & Ansar. (2023). Kecemasan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab. Education and Learning Journal, 14(2), 166–172.
http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Naziha, S., Falah, M. F., Wildanihza, M. A., & Wagadinata, W. (2023). Kecemasan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 166–172.
http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/14029
Nurchasanah, M., & Fahmi, A. K. (2024). Pengaruh Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII di MTs Al-Muddatsiriyah Jakarta. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 6(1), 37–43.
https://doi.org/10.62097/alfusha.v6i1.1528
Nurjana. (2022). Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Peradaban. JURNAL LITERASIOLOGI, 8(4), 50–56.
Nurlaela, L. fatra. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Keterampilan Berbicara di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Bindo Sastra Nasional Bahasa Arab, 6(2), 552–568.
Osman, R. B. A. H., & Hassan, M. I. A. (2022). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai bahasa al-Quran dan Kepentingan Menguasainya Bagi Para Mufassirīn. Al Hikmah International Journal of Islamic Studies and Human Sciences, 5(2), 325–342.
https://doi.org/10.46722/hkmh.5.2.22n
Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasonal Bahasa Arab (KONASBARA), 3(1), 303–319.
https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/viewFile/220/162
Rafita, Y. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XI IPA Di MAN 2 Kota Bima. Al-Af’idah, 5(1), 79–91.
Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37.
https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.
https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sa’diyah, H., & Abdurahman, M. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Penelitian Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Asing. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 51–69.
https://doi.org/10.32699/liar.v5i1.1665
Sehra, A. S. (2022). Problematika Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Intensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(2), 209–224.
https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i2.3827
Shidqi, M. H., & Mudinillah, A. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Lingkungan Berbahasa Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Education and Development, 9(3), 32–33.
Sholihah, F., Akla, A., & Walfajri, W. (2020). Pengajaran Bahasa Arab (Studi Minat Belajar Dan Kemampuan Berbicara Siswa). Arabia, 12(2), 139.
https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.8118
Susanto, W. A., Jinan, M., & Muthoifin, M. (2023). Strategi Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas 10 Matrikulasi MA Al Irsyad Tengaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3181–3190. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1985
Syahril, M., Nurshafnita, P., & Nasution, F. (2023). Metode Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 91–96. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.2869
Ulfah, Y. (2023). Kesulitan Belajar Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 79–92.
https://doi.org/10.30739/arabiyat.v3i1.1824
Wahdah, Y. A. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab. Alsuniyat, 1(1), 30–46.
https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24197
Wulandari, D. A. (2024). Pembelajaran Bahasa Arab untuk Kurikulum Merdeka. Al-Muktamar As-Sanawi Li Al-Lughah Al-Arabiyyah, 66–73.
Zaki, M. (2022). Urgensi Bahan Ajar Bahasa Arab Sebagai Penentu Dalam Proses Belajar Mengajar. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5(1), 92–104.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.4263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.