Pemanfaatan Website Aljazeera Learning Arabic sebagai Media Pembelajaran Mahārah Istimā’
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., Alwi, I. M., & Masruri, E. M. H. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Quipper dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Cilacap. Prosiding Konipbsa: Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab.
Al-Ayubi, S. Y., Putra, S., & Mokodenseho, S. (2023). Penggunaan Metode Audiolingual dalam Mahārah Istima’di Madrasah Tsanawiyah Al-Kahfi Hidayatullah Surakarta. Journal of Education Research, 4(4), 1839–1845.
Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan pendidikan bahasa Arab di era digital: Sistematic literature review. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 301–309.
Azhari, A. (2021). Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Pancar Aitam Bogor. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 447–457.
Baharun, S., Abidin, Z., Solahudin, M., & Rahmatullah, A. (2023). Peran Kecakapan Berbahasa Arab Sebagai Penguat Literasi Keilmuan Islam di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1291–1304. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3973
Chasanah, U. (n.d.). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dalam Peningkatan Mahārah Istima’.
Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730.
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran mahārah al-istima’dengan memanfaatkan media youtube: problematika dan solusi. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147–160.
Hasan, L. M. U. (2023). Studi implementasi dan efektivitas tpack dalam pembelajaran mahārah kalam. Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 3(1), 91–101.
Hidayat, M. W. (2021). AI Vocalization Learning Arabic Aljazeera. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hidayati, A., & Alwi, I. M. (2024). Kesulitan Belajar Mahārah Kitabah Apda Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VI A MIN Ngadirejan (Studi Kasus). JIPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.171
Husin, H., Dhia, H. Z., & Khoiriyatunnisa, L. (2021). Pemanfataan Platfrom Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 7, 543–554.
Indriani Permata Kusumadewi, Alwi, I. M., & Sanjaka Yekti. (2022). Efektivitas Media Audio Visual terhadap Keterampilan Istima’ di MI Muhammadiyah Gembuk 1. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i2.1222
Jamil, H., & Agung, N. (2022). Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5536
Jannah, R., & others. (2022). Kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Indonesia: Pendekatan leksikografi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 123–132.
Kurnia, F. (2023). Penggunaan Website Aljazeera Learning Arabic untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca teks Arab: Studi pre eksperimen pada siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Cijerah Tasikmalaya. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mahmudah, U. (2021). Utilizing Technology in Arabic Teaching: Implementation of Media “Learning Aljazeera. Net” on Listening Skill Teaching at University of Darussalam Gontor. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 197–216.
Mahmudi, I., Manca, D. A., & Kusuma, A. R. (2022). Literatur Review: Pendidikan Bahasa Arab Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(2), 611–624.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, Purwoto, Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Hadi, 2(1), 53–61.
Murdiono, M., Taufiq, H. N., & Suherman, S. (2023). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Guru TK Aisiyah Bustanul Athfal 33 Ngijo Karangploso. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 206–211.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.); Cetakan Pe). CV. Harva Creative.
Nasution, J. S., & others. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas viii smpit fajar ilahi batam. Jurnal As-Said, 2(1), 100–115.
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121.
Prindyatno, A. A., & Alwi, I. M. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Studi Kasus di Kelas V MI Muhammadiyah Ngadirejan. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.176
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52.
Rifa’ie, M. (2020). Flexibility Of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 197–209. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1605
Sholihah, E., Supardi, A., & Hilmi, I. (2022). Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 3(1), 33–42.
Sholihah, F., Akla, A., & Walfajri, W. (2020). Pengajaran Bahasa Arab (Studi Minat Belajar Dan Kemampuan Berbicara Siswa). Arabia (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab), 12(2), 139–154.
Sholihuddin, A., Muslimah, M., & Riyani, A. (2023). The Role of the Use aljazeera. net Website in Improving the Mastery of Modern Arabic vocabulary in Learning the Tarjamah Lishahafah Majoring in Arabic Education State Islamic Institute of Kediri. Al-Wasil, 1(1), 11–25.
Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179–191.
Tolinggi, S. O. R. (2021). Microblog pada instagram sebagai inovasi media pembelajaran bahasa arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 7, 95–111.
Zulkifli, Burhan Ibnu Hazin Achmad, Abdul Kholid Syarifah, T., Tentiasih, S., Wakit, S., Soliha, I. A., Ulil, H., Nuha, N. U., & Alwi, Itsnaini Muslimati Hatuala, M. S. (2024). Isu–Isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam. Duta Sains Indonesia.
Zaid, A. H. bin, Widyanti, L. N., Ismail, M., & Jannah, D. A. M. (2024). Implementasi Pendekatan Komunikatif (Communication Approach) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 682. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.3769
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.4605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.