Tatbīq Al Ansyitah Al Lughawiyah Li Tanmiyah Al Syakhshiyah Al Wasatiyah Li Tullāb Ma’had Al Muhibbīn Tūbān
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., & Arifa, Z. (2024). Idārah Tanfīdz Barnāmaj Ta’līm Al Lughah Al-‘Arabiyah Litarqiyah Kafāah Al Lughah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 643–656. http://dx.doi.org/10.35931/am
Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., Nasution, A. H., & Fikri, S. (2024). Bahasa, Bias Gender Dan Identitasnya Pada Buku Al-Arabiyah Lil Induniysiyyin. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 39–62. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.3044
Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2021). Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal. NIZHAM: Jurnal Studi Keislaman, 9(02), 57–69.
Anisah, S., Alkamala, S. N., & Wicaksono, M. A. (2024). Manajemen Program Mahir Bahasa Arab Di Lembaga Kursus Naatiq. Al-Wasil, 2(2), 99–110.
Arif, S. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Metode Pembiasaan Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 8 Lampung Timur. Uin Raden Intan Lampung.
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. (2019). Tanya Jawab Moderasi beragama. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Baharum, A. bin S., Muhammad, S. I., & Ahmad, M. I. (2020). دور المناظرة باللغة العربية في تنمية مهارة المحادثة لدى المتناظرين الناطقين بغيرها. Nukhbatul ’Ulum: Jurnal Bidang Kajian Islam, 6(2).
Budi, F. S., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Pada Santri di Pesantren Mafaza Indonesia melalui Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab, 10–24.
Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390–9394. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2485
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702
Hamidah, N. Z., & Machmudah, U. (2023). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Cooperative Learning Model Student Team Achivement Divisions (STAD) Noor. Prosiding Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab, 3, 145–156.
Hatibie, & Kharisma, I. (2020). Nilai historis pada makanan tradisional tiliaya dalam konteks kebudayaan Gorontalo. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 2(1), 29–42.
Hiqmatunnisa, H., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran Fiqih di PTKIN menggunakan konsep Problem Basic Learning. Jipis, 29(1), 27–35.
Isang, N., & Dalmasius, S. (2021). Mengembangkan moderasi beragama berorientasi pada kearifan lokal dayak bahau bateq. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 5(2), 98–111.
Juhaeriyah, S. (2022). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme pada Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ath-Thabraniyyah. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 8(1), 131–136. https://doi.org/10.30651/ah.v8i1.12981
Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. (2019). Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Khuluq, M. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Pamekasan: Duta Media Publishing.
LADAINA, J. (2022). Brosur PPDB Pesantren Modern 4 Bahasa Al-Muhibbin Tuban. https://pondokalmuhibbin4bahasa.com/brosur-ppdb-pesantren-modern-4-bahasa-al-muhibbin/
Miles, B. M., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mujizatullah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif Pada Sekolah Umum/Madrasah Di Kabupaten Bone. Pusaka, 9(2).
Munawaroh, S. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Moderat dalam Ekstrakurikuler Pagar Nusa di MI Tahassus Ma’arif NU Pedan Kabupaten Klaten Tahun 2022/2023. Universitas Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Mustofa, S., Haniefa, R., Lutfiyatun, E., & Parhan. (2024). Bahasa Arab Berbasis Moderasi Beragama dan Kurikulum Merdeka Belajar. UIN Maliki Press.
Piqri, M. H. (2021). Implementasi Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. Guepedia.
Raharjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya, Maulana Malik Ibrahim Malang. In Universitas Islam Negeri.
Rizky, A. F. (2024). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Santri Dengan Kreativitas Belajar PP. Miftahul Khair Sukarame, Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Salim, T. A. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(1), 1–12.
Sari, E., Saputra, H., & Umam, N. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Nurussalam Desa Mentayan Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), 121–240.
Sari, R. R., & Hikmah, K. (2024). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Boarding School SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Al Mi ’ Yar : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 717–725.
Setyawan, C. E., & Syaifullah, S. (2022). إدخال نتائج الاعتدال الديني في تعليم اللغة العربية. International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 484–495.
Setyowati, E., Nugrahani, A., Surahman, H., & Kinanti, K. P. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN SENI PUBLIC SPEAKING MELALUI KEGIATAN BERBICARA BAGI SISWA SD. Kreativitas Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (Krepa), 3(6), 91–99.
Sholeh, M. B., Ahsin, N., Alany, Z., & Fatimah, F. (2022). The integration of religious moderation values in English language teaching in madrasah. In International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 178–185.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, S., Hikmah, N., Fitriah, F., & Sholeh, M. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama di SD Negeri 1 Sidorejo Kabupaten Kotawaringin. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 134–144.
Syaifuddin, M. (2024). Strategi Internalisasi Karakter Moderat di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kabupaten Pekalongan 4.1 (2024): 28-44. El-FAKHRU, 4(1), 28–44.
T, W. (2012). 2 Jam Mahir Menjadi MC & berpidato dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Araska.
Wibawa, S. H., Mardian, H., & Triyono, A. (2022). Aspek Pengajaran Kemampuan Berbahasa Dalam Lomba Drama Bahasa Arab Di Gontor Putra Kampus Satu Tahun 1443/2021. Berajah Journal, 2(2).
Wimala, E. Y., Srimulyani, I. N., & Saskiaputri, A. (2021). Debat: Sebuah Keterampilan dan Seni Berbicara. Guepedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.4658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.