Evaluation Of Mufradat Learning Based On Situational Approach At SD IT Alam Talago, Sawahlunto, West Sumatera

Titi Fitri, Wildana Wargadinata, Shofil Fikri

Abstract


Evaluasi pembelajaran mufradat sangat penting bagi guru karena dapat membantu dalam menilai ketercapaian tujuan pembelajaran dan kemampuan berbahasa Arab siswa. Evaluasi ini juga bertujuan untuk mengawasi mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan. Namun demikian, pembelajaran mufradat di sekolah masih menghadapi beberapa kendala, seperti penggunaan pendekatan konvensional yang kurang efektif. Oleh karena itu, pendekatan situasional dianggap sebagai alternatif yang potensial karena dapat memungkinkan siswa memahami dan menggunakan mufradat dalam konteks kehidupan nyata, sehingga meningkatkan keterampilan berbahasa mereka secara alamiah dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran mufradat yang menerapkan pendekatan situasional di SDIT Alam Talago. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan situasional efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan komunikasi, dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Dalam merancang situasi pembelajaran yang relevan, guru perlu memiliki kreativitas yang tinggi dan memerlukan waktu tambahan untuk perencanaan dan pengembangan materi. Evaluasi pembelajaran melalui metode tes dan non-tes dapat membantu dalam mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan mufradat dalam situasi nyata. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang implementasi kurikulum di SDIT Alam Talago.


Keywords


evaluation; mufradat; situational approach

Full Text:

PDF

References


Adib, Fathul, dan Imam Fauji. “Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Pemahaman Mufradat Di Sd Muhammadiyah 1 Sedati” 7, no. 1 (2024): 1–18.

Akasahtia, Lukman Taufik. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: (Menggelitik Pakem) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, & Menyenangkan . Riau : CV. Penerbit DOTPLUS, 2021.

Bahrun, Muhammad Farhan, Reinizqy Mughniza Makmur, Abdul Jalil Aziz, dan Slamet Daironi. “Penerapan Muhadatsah Al-Yaumi Dalam Peningkatan Keterampilan Kalam Di Pondok Pesantren Di Sulawesi Selatan” 7, no. 1 (2024): 19–38.

Ekawati, Dian, dan Ahmad Arifin. “Pendekatan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, Dan Implementasi.” Nabighoh 24, no. 1 (2022): 111. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818.

Fikriasari, Dias Nur. “Penggunaan Puzzle Sebagai Media Evaluasi Penguasaan Mufradat Dalam Embelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Semnasbama IV UM 2, no. Peran Mahasiswa Bahasa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (2020): 195–204. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/590/542.

Fuoad, Sura Ali, Walid El-Sayed, and Hesham Marei. “Effect of Different Teaching/Learning Approaches Using Virtual Patients on Student’s Situational Interest and Cognitive Load: A Comparative Study.” BMC Medical Education 22, no. 1 (2022): 1–8. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03831-8.

Ghony, Djumaidi, and Fauzan Almansyur. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Hayati, Nur, M Abdul Fattah Santoso, and Moh Abdul Kholiq Hasan. “Efektivitas Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Memahami Teks Qira’ah Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Paron Ngawi Jawa Timur.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Ibadurrahman, Asmal May, and Hikmah. “Analisis Evaluasi Tarkib Dan Mufradat Di Soal Ujian Madrasah Bahasa Arab MA TP 2020-2021 Dan TP 2021-2022.” INTIFA: Journal of Education and Language 1, no. 1 (2024): 53–69. https://doi.org/10.62083/7qghk668.

Iensufiie, Tikno. “Analysis of the Situational Approach Theory for Homeroom Teachers for Transforming Achievement of Student Learning.” Polyglot: Jurnal Ilmiah 16, no. 1 (2020): 34. https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.1756.

Labuem, Susana. “Dinamika Pembelajaran Di Daerah 3t Berbasis Kepulauan Bagian Timur Nusantara Ditinjau Dari Aliran Filsafat Pendidikan.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 3, no. 2 (2024): 554–67.

Luqyana, Nabila, Nurul Inayah, and Burhansyah. “The Effectiveness of Using Situational Language Teaching in Teaching Speaking Skills for Junior High School.” READ 8, no. 4 (2023): 181–97.

Masgumelar, Ndaru Kukuh, and Wasis Djoko Dwiyogo. “Development of Game Modification Using Blended Learning in Physical Education, Sports, and Health For Senior High School Students.” In The 3rd International Conference on Sports Sciences and Health 2019 (ICSSH 2019), 95–100, 2020.

Mazidah, Kholishotul. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pembiasaan Mufradat Di TK Al-Irsyad Al-Islamiyah.” Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2019.

Mustofa, Muhammad Ali, Sarpendi, and Ari Supad. “Penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Mempermudah Menghafal Mufrodat Para Siswa Kelas Viiii Di Mts. Al Furqon Kelurahan Tanjung Rambang Kecamatan Rambang Tengah Kota Prabumulih Tahun Pelajaran 20.” UNISAN 02, no. 07 (2023).

Ni’mah, Khoirotun, and Durrotun Nafisah. “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan.” Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2020).

Pratiwi, Heny. Komitmen Mengajar. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2019.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Alhadharah 17, no. 33 (2018): 81–95.

Safitri, Qharina. “PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA SISWA PADA MATERI TUBUHKU KELAS 1 SD NEGERI BLANG KUCAK.” Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023.

Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Berorientasi Akm: Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Sidiq, Umar, and Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2022.

———. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Suparno. “Pengembangan Metode Pembefajaran Situasional Lnteraktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Oral Anak Tunarungu.” Cakrawala Pendidikan, no. 1 (2004): 43–61.

Syaifudin, Fatkhur Rozaq Muhajir, Raja Firmansyah, and Putra Gilang Prayoga. “Program Kegiatan Ilqo’ Mufrodat Di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan: Menggunakan Model Evaluasi Kirkpatrick.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022): 59–66.

Taufikurrohman, Umi Hanifah, Moh Abdullah, Ahmadur Ilzam, and Sulfiatin. “Pembelajaran Mufradāt Pada Anak Tingkat Pemula Di Pondok Pesantren Miftahul Ulūm Panyeppen.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 7, no. 1 (2024): 97. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.3122.

Titin Fatimah, Didin Faqihuddin, and Fajri Ardiansyah. “Kajian Teoritis Pendekatan Humanistik (Al-Madkhal Al-Insan) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (2022): 1–19. https://doi.org/10.24239/albariq.v3i2.35.

Utaminingtias, A. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik (Studi Kasus Kelas Iv Mi Ma’Arif Nu 1 Pageraji Kabupaten Banyumas” 2018.

Wada, Fauziah Hamid, Anna Pertiwi, Mara Imbang Satriawan Hasiolan, Sri Lestari, I Gede Iwan Sudipa, Jonherz Stenlly Patalatu, Yoseb Boari, Ferdinan Ferdinan, Jayanti Puspitaningrum, and Erlin Ifadah. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Widada, Aris, Lustia Bekti Rohayati, dan Rina Sarifah. “Pemanfaatan Media Daring Google Form Untuk Evaluasi Pembelajaran Mufradat Di Masa Pandemi Covid-19.” Ide: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 8, no. 1 (2022): 53. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.618.

Yunus, Muhammad, Diana, dan Suryadi. “Penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Mempermudah Menghafal Mufrodat Para Siswa Kelas Vii Di Mts Mambaul Ulum Margoyoso Tanggamus.” UNISAN 02, no. 07 (2023): 17–33. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal.

Yustuti, Sherly, Masrun Masrun, dan Hikmah Hikmah. “Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Mendengarkan | Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Menyimak.” Mantiqu Tayr: Jurnal Bahasa Arab 3, no. 1 (2023): 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.4671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Index by:

             

Publish by:

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com


Free counters!

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Lisensi Creative Commons

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://realbdsmpics.com/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

https://svijet-gljiva.com/