Praktik Alih Kode dan Campur Kode di Komunitas Ngaji Nahwu: Analisis Sosiolinguistik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rizki Ramadhan, Agung Setiyawan, Maulana Yusuf Mahbubillah, Wafa’ Rizqiyya Adira, H. A. A. (2020). Variasi Bahasa pada Konten Youtube: Kajian Sosiolinguistik. 7(2), 765–772. http://dx.doi.org/10.35931/am
Amir, S. (2020). Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Putra Alkhairaat Pusat Palu. Al-Qalam, 26(1), 141. https://doi.org/10.31969/alq.v26i1.827
Anasti, H. P., Thahar, H. E., & Afnita, A. (2022). Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Teks Fabel dengan Pendekatan Komunikatif. Jurnal Basicedu, 6(1), 646–655. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1983
Aviah, N., Kuswardono, S., & Qutni, D. (2019). Alih Kode, Campur Kode dan Perubahan Makna Pada Integrasi Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia di Film “Sang Kiai” (Analisis Sosiolinguistik). 8(2), 135–139.
B, A. U., Jannati, P., Malahati, F., Qathrunnada, & Shaleh. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348.
Bachrudin, A. F. S. (2024). Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Oleh Santriwati Baru Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kediri (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Cahaya Mandalika.
Bauman, R., & Sherzer, J. (1975). The ethnography of speaking. Annual Review of Anthropology, 4, 95–119.
Dewirahmadanirwati, D., & Aditiawarman, M. (2023). From Bilingualism to Code Mixing and Code Switching Uttered by Indonesian Youth. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 6(2), 71–91.
Fadilla, F. S., & Syaifudin, M. (2024). Inovasi dalam Pengajaran Bahasa Arab : Menggunakan Aplikasi dan Platform Online untuk Pembelajaran Nahwu yang Lebih Menarik. 4(4), 322–329. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i4.319
Fajrin, A. A., Hajidah, L., Arifa, Z., & Basid, A. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.15294/la.v11i2.57968
Gupta, A. (2024). Qualitative Methods and Data Analysis Using ATLAS. ti. Springer.
Hadika Azizul A’la, Mulawarman, W. G., & Purwanti. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Arab Pada Pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. 4, 642–650.
Hayati, R., Ersani, E., Darwiyanti, A., Akbar, S., Hadikusumo, R. A., Hamda, E. F., Simanungkalit, L. N., Missouri, R., Winarsih, S., & Priyanti, N. Y. (2025). Pengembangan bahan ajar. Sada Kurnia Pustaka.
Mabule, D. R. (2015). What is this ? Is It Code Switching , Code Mixing or Language Alternating ? 5(1), 339–350. https://doi.org/10.5901/jesr.2015.v5n1p339
Malabar, S. (n.d.). SOSIOLINGUISTIK.
Manivannan, V., & Maruthy, S. (2024). Code-switching and Code-mixing: A gap in the Stuttering Literature. Research Review International Journal of Multidisciplinary, 9(2), 10–23.
Masitoh, R., & Thoriqussuud, M. (2024). Kajian Sosiolinguistik Pengguna Bahasa Arab di Sekolah Indonesia Jeddah : Prespektif Guru dan Siswa. 982–994.
Miles, M. B. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks.
Mohajan, D., & Mohajan, H. (2022). Exploration of coding in qualitative data analysis: Grounded theory perspective.
Nasution, M. M., Khairani, H., Syahputra, R., & Nasution, S. (2024). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Psiko-Sosiolinguistik. 05(01), 1–23.
Ninsi, R. A., & Rahim, R. A. (2019). Alih Kode dan Campur Kode pada Peristiwa Tutur Guru dan Siswa Kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf. 35–46.
Nuryani, N., Isnaniah, S., & Eliya, I. (2021). Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural: Teori dan Praktik Penelitian. In In Media.
Oktavia, L. I., & Husniyah, H. (2025). Sosiolinguistik Arab dalam Konteks Pembelajaran Agama Islam. 04, 191–203.
Rahayu, S. S. (2021). Alih kode dan campur kode pada komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab: Studi kasus pada siswa kelas VIII MTs Assobariyyah Cibeureum Sukabumi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rishanda, A. T., Ghazi, F., & Mizan, A. N. (2025). Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Nahwu Secara Mandiri. Al Mi'yar : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(1), 27–39.
Sabrina, C. H., Akmaliyah, A., & Rohanda, R. (2025). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Ushul Fiqh Di Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Pesantren Ibadurrohman Baleendah (Kajian Sosiolinguistik). Prosodi, 19(1), 97–106.
Shin, S. Y., & Miller, S. (2022). A review of the participant observation method in journalism: Designing and reporting. Review of Communication Research, 10.
Susanti, R., Haryanto, H., Pranawukir, I., Safar, M., & Tjahyadi, I. (2024). The use of code-mixing and code-switching: Challenge identification in language online mass media. IJOTL-TL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics, 9(1), 32–43.
Tugino, Munadi, M., & Khuriyah. (2023). Pengaplikasian Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 78.
Wintner, S., Shehadi, S., Zeira, Y., Osmelak, D., & Nov, Y. (2023). Shared lexical items as triggers of code switching. Transactions of the Association for Computational Linguistics, 11, 1471–1484.
Wiranto, R. (2022). Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA IT Nurul Ilmi Kelas X. Jurnal Perndidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.5188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.