Inovasi Penilaian Otentik Maharah Kalam dengan Pendekatan Komunikatif pada Buku Bahasa Arab MI Kelas III
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, R., & Zhara, T. A. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 10(1), 44–54. https://doi.org/10.37058/jp3m.v10i1.
Azhari, I. & Muassomah (2024). Storytelling sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 826-835. doi: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3908
Berliana, W., & Tersta, F. W. (2024). Authentic Assesment In EFL Classroom : Senior High School Teachers Problems. 31(2), 106–113.
Fuad, S. (2020). Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Arab untuk Siswa Kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah. Tarling : Journal of Language Education, 4(1), 123–141. https://doi.org/10.24090/tarling.v4i1.3528
Hakim, T. L., Haris, A., & Huda, M. M. (2025). Assessment of Speaking Skills (Maharah Kalam) in Arabic Language Lesson at Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember. Journal of Science and Education (JSE), 5(2), 599–605. https://doi.org/10.58905/jse.v5i2.485
Hanifah, U. (2018). Pengembangan Literasi Berbicara Bahasa Arab (Maharat Al-Kalam) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary: Islamic Teacher Journal, 6(2), 206–226. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4383
Hanisa, M. H. (n.d.). Pendekatan Komunikatif Terhadap Kemampuan Maharah Kalam Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Hijjah, S. M., & Ridlo, U. (2025). Al-Muyassar : Journal of Arabic Education Implementasi Asesmen Autentik Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab SMP Islam Cikal Harapan 1 BSD merdeka ini diarahkan pada asesmen berkelanjutan , maka dapat disepakati. 4(1), 172–183.
Lestari, S. P., Dewi, R. S., & Junita, A. R. (2024). Menumbuhkan Kreativitas tanpa Batas: Strategi Inovatif Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Kreatif Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 358–364. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.543
Majid, A. P. R. R. (2015). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. PT Remaja Rosdakarya.
Makrifah, N. (2023). Development of Role Play Method to Improve the Ability of Speaking Arabic in Islamic Elementary School Nurul Makrifah (STIT Al-Ibrohimy Bangkalan). Al-Ibrah.
Marwaji, D., Muhibbin, F. Al, Al, W., Uszajalli, K., & Hijriah, U. (n.d.). Mafhum Ta’allum al-Lughah al-’Arabiyah wa Ijadat al-Lughah al-’Arabiyah. 26–31.
Maspeke, N. M., Baroroh, R. U., Arian, D., Mandaka, P., Wahyuni, H., & Nur, Y. M. (2024). Inovasi Penilaian Autentik Pada Buku Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020. Al Mi ’ Yar : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(2), 708–716. doi: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3
Mueller, J. (2006). Authentic Assessment.
Mufti Rahman, M., & Abdul Hamzah, A. (2025). Strategi Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab untuk Penguatan Keterampilan Mendengar dan Berbicara Siswa Madrasah Ibtidaiyah. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 43–51. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v7i1.534
Natar, M. A. (2025). Pengaruh Pendekatan Teks Cerita Bahasa Arab Terhadap Peningkatan Keterampilan Maharah Kalam Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas. 5(2), 309–320.
Nawali, J., Zuhriyah, I. A., Susilawati, S., & Yaqin, A. Z. N. (2024). Implementasi Penilaian Autentik di SDI Surya Buana Malang Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 09, 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Ramadhani, D. A. (2019). Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab Dengan Media Online Di Perguruan Tinggi. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 85. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.105
Rohmadani sarwinda, Sulistia wahyu ningsih, anjani putri belawati. (2023). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pai Pada Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Sangatta Selatan. Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 37–44.
Sadat, A. (2018). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v2i1.161
Sadili, S., & Qosim, N. (2024). Konsep Pembelajaran Keterampilan Aktif Reseptif Bahasa Arab pada Kelas VIII E di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Purwakarta. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 3(2), 79–85. https://doi.org/10.53038/tlmi.v3i2.127
Samin, Mulhendra, & Febriansyah, H. (2025). Implementasi Metode Eklektik dalam Pembelajaran Mahāratul Kalām untuk Santri Pemula. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(1), 330-339. doi: http://doi.org/10.35931/am.v8i1.4696
Santi, A., Silvia, D., & Damaianti, V. S. (2023). Penilaian Autentik Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah: Penggunaan Dan Pencapaian Keterampilan Peserta Didik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(2), 226–238. https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7710
Siregar, J., Masrun, & Hikmah. (2024). Analisis Bentuk Soal Keterampilan Berbicara dalam al-’Arabiyah Bayna Yadaik Kitab ath-Thalib ats-Tsani. 4(2).
Suhendra, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 85–97. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3724
Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Raja Grafindo.
Ulhaq, N., & Lubis, L. (2023). Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1202–1211. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.361
Wajdi, F., & Syawal, S. (2024). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia Pada Siswa SMP Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia di Sekolah. 4(3), 1872–1882.
Wijaya, M., & Usmoni, A. (2023). Optimalisasi Maharah Kalam Melalui Metode Brainstorming. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.32699/liar.v7i1.4185
Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3
Zaenuri, M., Kholis, M. N., & Barokah, A. (2020). Analisis Soal TOSA (Test of Standard Arabic) Mengacu Pada CEFR (Common European Framework of Reference For Language). An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(02), 169. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2219
Zahrok, S. (2009). Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 166–180. https://doi.org/10.12962/j24433527.v2i2.660
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.5226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.