IMPLEMENTASI UNSUR-UNSUR PENYUSUNAN KURIKULUM TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DARING
Abstract
Pengembangan kurikulum diperlukan sebuah penyusunan unsur-unsur kurikulum yang tepat. Perubahan kurikulum tidak menjadikan berubahnya unsu-unsur penting didalamnya terhapuskan, sehingga perlu penguatan unsur-unsur kurikulum yang kemudian dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan tentang unsur-unsur penyusunan kurikulum pendidikan untuk pembelajaran bahasa Arab yang terdiri dari beberapa komponen penting; a) tujuan-tujuan pembelajaran, b) tingkatan, jenjang, dan kelembagaan, c) metode dan media pembelajaran, d) pedoman guru bahasa Arab, dan e) evaluasi pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan mengambil sumber data yang berasal dari buku-buku, artikel ilmiah, dan dokumen tertulis lainnya, dengan menganalisis data secara deskriptif, serta disimpulkan secara objektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya implementasi unsur-unsur penyusunan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa Arab Daring, yang menjadikan guru untuk terus berinovasi dalam perancangan kurikulum pembelajara, dengan saling berketerkaitan antara siswa dengan zaman dan berkesesuain antara tujuan dengan evaluasi pembelajaran. Dengan demikian, dibutuhkan sebuah adanya kolaborasi dengan media pembelajaran yang berbasis teknologi demi menunjang keberhasilan pembelajaran Daring. Dari sisi inilah profesionalitas Guru berperan penting untuk berkarya menciptakan kurikulum yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afif, Moh. ‘Penerpan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Baca Kitab Di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi;In’. Kabilah: Jounal of Social Comunity 2, no. 4 (2019): 34–43.
Agama, Kementrian. ‘Keputusan Menteri Agama No 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab Pada Madrasah’, 466. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019.
———. ‘Keputusan Menteri Agama No 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah’. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019.
Agustina, Maya. ‘Problem Base Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa’. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan 10, no. 2 (2019). https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/173.
Ainin, Moh. ‘Implementasi Pendekatan Saintifik di Era Kurikulum 13 dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Relevankah?’ Prosiding Konferensi Nasional Arab III, n.d., 9.
Anggraeni, Poppy, and Aulia Akbar. ‘Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran’. Jurnal Pesona Dasar 6, no. 2 (31 October 2018). https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197.
Astuty, Widy, and Andul Wachid Bambang Suahrto. ‘Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring Dengan Kurikulum Darurat’. Jurnal Penelitian Pendidikan IslamJurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 1 (2021): 81.
Aulya, Richa, and Jayanti Putri Purwaningrum. ‘Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis’. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 4, no. 3 (1 November 2021): 71–77. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.3103.
Baderiah. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Lembaga Penerbit Kampus IAIN PALOPO. Vol. 21, 2018.
Baharun, Hasan. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. I. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka, 2017.
Dedi Lazuardi. ‘Manajemen Kurikulum Sebagai Pengemlbangan Tujuan Pendidikan’. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan 7, no. 1 (2017): 99–112.
Ekayati, Rini. ‘Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo’. Jurnal EduTech Vol. 4, no. 2 (2018): 50–56.
Fernandes, Reno. ‘Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0’. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 6, no. 2 (31 December 2019): 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157.
Gunawan, Yosi Intan Pandini, and Asep Amaludin. ‘Pemanfaatan Tekonolgi Pembelajaran dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Madaniyah 11, no. 2 (2021): 18.
Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, and Epa Paujiah. ‘Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi’, n.d., 10.
Juriana. ‘Perkembangan E-Learning Dalam Pembelajaran Di Dunia’. Tawshiyah 14, no. 2 (2019): 11.
Juwita, Dwi Runjani. ‘At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah’ 7, no. 2 (2018): 33.
Kusumadewi, Rida Feronika, Sari Yustiana, and Khoirotun Nasikhah. ‘Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampai Covid-19 Di SD’. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2020): 7–13.
Masykur. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. I. Lampung: Aura Publisher, 2019.
Nurrita, Teni. ‘Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (27 June 2018): 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Pratomo, Cahyo, and Aditya Gumantan. ‘Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring terhadap hasil belajar Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandar Lampung’. Journal of Physical Education, n.d., 6.
Qolbi, Satria Kharimul, and Tasman Hamami. ‘Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam’. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (22 May 2021): 1120–32. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511.
Rahmi, Mar’atush Sholihah Muntaha, M. Arif Budiman, and Ari Widyaningrum. ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku’. International Journal of Elementary Education 3, no. 2 (2019): 178–85.
Rozak, Abd., and Azkia Muharom Albatani. ‘Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom’. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 5, no. 1 (2018): 83–102.
Santosa, Agus, Vicki Ahmad Khariman, and Dedi Kurnia. ‘Persepsi Mahasiswa PRODI PJKR STKIP Pasundan Terhadap Penyelenggaraan Perkuliahan Secara Daring’. Journal of Physical and Outdoor Education 3, no. 2 (2021): 217–27.
Syarifudin, Albitar Septian. ‘Implementasi Pembelajaran daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagi dampak Diterapkannya Social Distancing’. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua 5, no. 1 (22 April 2020): 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Tian, Muhamad, Christofora Desi Kusmindari, Septa Hardini, and Poppy Indriani. ‘Ruang Belajar Online Sebagai Implementasi Pembelajaran Daring Pada Murid Sekolah Dasar Muhammadiyah 22 Meranjat’. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma 1, no. 1 (5 June 2021): 43–56. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i1.1341.
Wildan, Khoirul, and A. Jauhar Fuad. ‘Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning’. Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies 3, no. 1 (2018).
Winarsieh, Indah, and Itsni Putri Rizqiyah. ‘Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’. Indonesian Journal of Teacher Education 2020, no. 1 (164 159AD): 4.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i1.884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indeksasi
______________________________________________________________________________________
Contact Us:
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaarabanAddress: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai UtaraKabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471Provinsi: Kalimantan SelatanEmail: almiyar@stiq-amuntai.ac.id__________________________________________________________________________
___________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.