Adab Murid Kepada Guru Perspektif Alquran (Telaah Tafsir Maudhu’i)

M. Ahim Sulthan Nuruddaroini, Muh. Haris Zubaidillah

Abstract


Sampai saat ini pembahasan tentang adab, sopan santun dan akhlak masih menjadi perbincangan yang hangat. Banyak isu-isu dan fenomena yang ada di masyarakat maupun dilingkungan sekolah terkait adab selalu menjadi perbincangan, oleh karena itu pemahaman dan pendidikan tentang adab atau akhlak terus menerus dilakukan dan digalakkan, baik oleh orangtua, tokoh agama dan guru, mereka selalu memberikan nasihat terkait pentingnnya menjaga adab atau akhlak kapanpun dan dimanapun berada. Di dalam Alquran terdapat informasi yang dimana disitu tersirat bagaimana adab seorang murid terhadap gurunya yang sesuai dengan tuntunan Allah swt sebagai yang mempunyai aturan-aturan dimuka bumi bagi hamba-hambanya yang beriman dan bertaqwa dan mampu menjadi Abdullah yang sejati dan menjadi khalifatullah yang hakiki. Penelitin ini bertujuan untuk menguraikan tentang adab murid kepada guru perspektif Alquran. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah Apa yang dimaksud dengan adab murid terhadap guru? Ayat-ayat apa saja yang berkenaan dengan adab murid terhadap guru? Bagaimana pendapat ahli tafsir terhadap ayat-ayat berkenaan dengan adab murid terhadap guru? Bagaimana analisis nilai yang ada dalam ayat-ayat berkenaan dengan adab murid terhadap guru? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatakan Pustaka (library research), Penelitian ini berusaha mengeksplorasi tentang adab murid kepada guru perspektif Alquran. Dalam menggali ayat-ayat yang berhubungan dengan adab murid kepada guru tentunya membutuhkan metode tafsir, yaitu metode tafsir maudhu’i. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah pertama, Adab murid terhadap guru adalah bagaimana hubungan murid dengan guru dalam belajar baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Kedua, ayat-ayat yang Berkenaan dengan Adab Murid kepada Guru meliputi Q.S Al-Kahfi ayat 70 sampai 82, Q.S Al Hujurat ayat 1 sampai 5, Q.S Al Hujurat ayat 12 dan Q.S An-Nahl ayat 43. Ketiga, dari hasil analisis di temukan beberapa faktor penting yang mempengaruhi adab murid terhadap guru diantaranya yaitu mendapat izin bertanya dari guru, murid berbicara dengan lemah lembut dan sopan, jangan berprasangka buruk kepada guru dan jangan meremehkan pelajaran yang diberikan guru.


Keywords


Adab, Murid, Guru, Perspektif Alquran

Full Text:

PDF

References


Al-Attas. Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan, 1996.

Al-Habsy, Husin. Kamus Al Kautsar. Surabaya: Assegaff, 1990.

Bakry, Oemar. Tafsir Rahmat. Jakarta: Mutiara, 1982.

Dimasyqi, Abu Fida Isma’il Ibnu Katsir ad-. Tafsir Ibnu Katsir. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2003.

Farmawî, Abd al-Hayy al-. Mu`jam al-Alfâzh wa al-`Alam al-Qurâniyah. Mesir: Dar al-`ulum, 1968.

Ghazali, Imam al-. Ihya ’Ulumiddin. Semarang: Asy-Syifa, 2009.

Irawati, Irawati, Rini Setyaningsih, Ali Miftakhu Rosyad, Juhji Juhji, dan Fitra Herlinda. “Hubungan Pendidik Dan Peserta Didik Perspektif Al-Quran.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 8, no. 1 (2022): 3088–3409.

Nata, Abuddin. Persepektif Islam Tentang pola Hubungan Guru-Murid (Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali). Jakarta: Grafindo Persada, 2001.

Nawawi, hadari, dan Mimi Martini. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University, 1994.

Quthb, Sayyid. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Sari, Leni Elpita, Abdul Rahman, dan Baryanto Baryanto. “Adab kepada Guru dan Orang Tua: Studi Pemahaman Siswa pada Materi Akhlak.” Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 6, no. 1 (2020): 75–92.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v1i1.1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

    

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com