Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an Di SMPN 2 Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara
Abstract
Abstrak
Pendidikan tahfidz Al-qur’an di SMPN 2 Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara yang baik sangat diharapkan. Hal ini dimaksudkan untuk mensukseskan para siswa yang berilmu dengan didasari oleh al-Qur’an. Berdasarkan pernyataan ini, maka dilakukan penelitian dengan fokus penelitian yang menitik beratkan pada pendidikan tahfidz al-Qur’an di SMPN 2 Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan tahfidz al-Qur’an di SMPN 2 Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Guru pendidikan tahfidz dan beberapan orang siswa yang sedang menghafala Al-Qur’an di SMPN 2 Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian diolah melalui proses reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan untuk menganalisiskan data penulis menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif. Akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan tahfidz al-Qur’an di SMPN 2 Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara tergambar pada; Pertama, telah memanajemen waktu, tempat, dan materi yang dihafal. Kedua, telah mengaktifkan dan memperkuat peran instruktur tahfidz dalam membimbing dan memotivasi siswa penghafal al-Qur’an. Ketiga, telah menyempurnakan mekanisme dan metode yang diterapkan oleh guru tahfiz. Keempat, telah memperkuat dukungan orangtua. Kelima, telah memperkuat kontrol dan motivasi atasan. Adapun beberapa faktor penting yang diperhatikan, antara lain; Pertama, faktor bakat dan minat. Kedua, faktor usia: Ketiga, faktor kecerdasan. Keempat, faktor hati yang bersih dan khusyu
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Al-Wafa, Aliallah bin Ali. Al-Nur al;Mubin Litahfiz Al;Qur’an Al-Karim. Vol. Ke-3. Bairut: Dar Al-Wafa, 2003.
Al-Bukhari. Shahih al-Bukari. Vol. Juz 3, t.t.
Bahri Djamarah, Syaiful. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Deporter, Bobby, dan Hernacki Mike. Quantum Learning. Bandung: Kaifa, 2012.
Fatmawati, Eva. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 4, no. 1 (26 Agustus 2019): 25–38.
Hamalik, Oemar. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito, 2011.
Jamalil Ismail, Mohd, Sabri Mohammad, Tengku Intan Zarina Tengku Puji, dan Nor. “Strategi Kecemerlangan Institusi Pendidikan Tahfiz Al-Quran Di Malaysia : Satu Tinjauan Literatur.” Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporer 15, no. 1 (2017): 55–65.
Kapadia, Mahesh. Mendongkrak Daya Ingat. Bandung: Jabal. Bantung: Jabal, 2005.
Muliawan, Jasa Ungguh. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Syaraf al-Nawawi, Yahya bin. Al-Adzkar Al-Nawawiyyah. Indonesia: Maktabah Dar Ihya al-Kutub al-’Arabiyyah, 2008.
Syihab, Quraisy. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2009.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPL. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Ungguh Muliawan, Jasa. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gaya Media, 2014.
Yusuf, Tayar, dan Siful Anwar. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Zuhairini, dkk. Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadhani. Solo: Ramadhan, t.t.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v1i2.1461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits
index by:
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com