Analisis Penggunaan Sunnah As-Siwak Bagi Kesehatan Mulut

Ahmad Firmanto Azhari

Abstract


Semakin berkembangnya zaman, sunnah As-siwak itu semakin berkembang. Pada zaman dahulu itu hanya menggunakan berbagai kayu saja dalam bersiwak, salah satunya kayu arak yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan mulut manusia. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji tentang hadist sunnah as-siwak bagi kesehatan mulut dan manfaat dari penggunaan kayu arak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan literatur pustaka yang berasal dari berbagai buku klasik dan jurnal yang relevan. Dalam agama islam itu sebenarnya menggosok gigi sudah sangat dianjurkan, bahkan sebelum para ilmuan menganjurkan untuk menggosok gigi dan menggunakan pasta gigi yang mengandung kayu arak. Kayu arak itu sendiri sudah dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW untuk digunakan. Ada beberapa hadist yang menganjurkan, bahkan mengutamakan menggosok gigi atau bersiwak. Maka sebagai umat islam pada zaman sekarang, hendaknya bisa melestarikan sunnah bersiwak  pada keseharian hidupnya, agar sunnah yang dianjurkan dalam islam itu tidak hilang bahkan luntur sampai akhir zaman nanti. Bersiwak ini memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu menjaga kesehatan mulut.


Keywords


Penggunaan, Bersiwak, kayu arak, Mulut

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mujahidin. “Konservasi Air Dan Energi Dengan Menghidupkan Sunnah Nabi.” El-Hayah 4, no. 1 (1 September 2013). https://doi.org/10.18860/elha.v4i1.2618.

Ahmad Zacky El-Syafa. NIKMATNYA IBADAH. Cet. I. Surabaya: Katalog Dalam Terbitan, 2020.

Albi Anggito dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Petama. CV Jejak, 2018.

Al- Lafi T and Ababneh H. The effect of the extraxt of the miswak (Chewing sticks) Used in Jordan and the Middle East on oral bacteria. Int Dent J, 1995; 45: 218-22.

Buonougo, Angkoso. “Dinamika Penafsiran Bersiwak Dalam Tafsir Klasik Dan Kontemporer.” Masters, Institut PTIQ Jakarta, 2021. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/450/.

Hasan ibn ahmad ibn Muhammad al-Kaff. Terjemahan Kitab al-Taqrirat Al-Sadidah fi al-Masail al-Mufidah. 1 ed. Lirboyo: ZamZam, t.t.

Minarni, Asril Waisakka Hidayat. KHASIAT TANAMAN HERBAL TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MJLUT. PERYAMA. PADANG: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2023.

MUSHARRAF HUSSAIN. THE FIVE PILLARS OF ISLAM. First Published. ENGLAND: Kube Publishing Ltd, 2012.

Rahmita, Yunika Dwi. “PENGARUH MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN KAYU SIWAK TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK.” Diploma, Poltekkes Tanjungkarang, 2022. https://doi.org/10/KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf.

Sayyid Sabiq. Fikih Sunnah 1. Cetakan I. Jakarta: PT Abdi Bangsa, 2017.

Taufan Bramantoro. SEMPURNAKAN DENGAN SIWAK KARENA GIGI SEHAT ADALAH HAK UMAT. Jawa Timur: Airlangga University Press, 2019.

Tresnasari, Ery. “Bersiwak Dalam Bidang Kedokteran Gigi Perspektif Tafsir Ilmi.” Masters, Institut PTIQ Jakarta, 2021. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/451/.

Zaki, Jihan, Susanti Vera, Saifudin Nur, dan Busro. “Keutamaan Siwak Dalam Sholat: Studi Takhrij Dan Syarah Hadis.” Gunung Djati Conference Series 8 (13 Januari 2022): 700–710.

ابو حامد الغزالي, احمد فهمي زمزم. بِدَايَةُاهِدَايَةُ. ٨. بنجر بارو: دار السلام ياسين, ربع الآخر ١٤٤١.

الشيخ محمد أرشد. سبل المهتدين. مكة المكرمة, ١٨٨٢.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i2.2267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

    

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com