Adab Belajar dan Mengajar Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Telaah Konsep Pemikiran Imam Nawawi)

Sandy Aulia Rahman, Abd Basir, Muhammad Noor Fuady

Abstract


Adab belajar dan mengajar merupakan aspek krusial dalam konteks pendidikan Islam yang mendalam, mencakup nilai-nilai etika, sopan santun, dan norma-norma perilaku yang diatur oleh ajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits. Studi ini bertujuan untuk menjelajahi dimensi-dimensi penting adab belajar dan mengajar dalam perspektif Islam, mengaitkannya dengan ajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits. Penelitian ini terfokus pada penelaahan kitab Al-Tibyan Fi Adabi Ḥamalah Al-Qur’an dan Al-Majmu’Syarḥ Al-Muhazzab dengan pandangan yang mendalam terhadap pemikiran Imam Nawawi. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan melibatkan analisis teks klasik dan kontemporer, serta pendekatan kritis terhadap pemahaman Imam Nawawi terkait adab belajar dan mengajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa  adab guru terbagi dalam empat bagian, yakni adab guru terhadap dirinya sendiri, adab guru terhadap ilmu, adab guru terhadap murid dan pengajaran serta adab guru ketika mengajar. Sedangkan adab murid terbagi menjadi tiga, yakni adab murid terhadap dirinya sendiri, adab murid terhadap guru dan ilmu serta adab murid didalam majelis ilmu. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adab belajar dan mengajar bukan hanya sekadar proses transmisi pengetahuan, tetapi juga sebuah perjalanan spiritual yang membangun karakter dan membentuk akhlak mulia. Pendidikan Islam yang berakar pada adab ini memiliki potensi besar untuk membentuk individu yang bertanggung jawab, bermoral, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.


Keywords


adab belajar dan mengajar, al-Qur’an dan hadits, pendidikan islam

Full Text:

PDF

References


Abnisa, Almaydza Pratama. “Adab Murid Terhadap Guru dalam Perspektif Hadits.” Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan madrasah Ibtidaiyah 01, no. 2 (2022).

Al-Dausary, Dr Mahmud. “Belajar dan Mengajar Al-Qur’an Hukum dan Adabnya,” t.t.

Arifin. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Aziz Jayana, Thariq. Adab dan Do’a Sehari-Hari untuk Muslim Sejati. Jakarta: P Telex Media Komputindo, 2018.

Bangun, Bahagia. “Etika Seorang Guru Dalam Pembelajaran Al-Qurān Menurut Imam An-Nawawi Dalam Kitab At-Tibyān Fī Adabi Hamalah Al-Qurān.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] 1, no. 4 (2021).

Elkabumi, Nasin, dan Rahmat Ruhyana. Panduan Implementasi Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Rama Widya, 2016.

Fauzi, Muhamad, Muhamad Yoga Firdaus, Hidayatul Fikra, dan Susanti Vera. “Akhlak Menuntut Ilmu Menurut Hadis serta Pengaruh Zaman terhadap Akhlak Para Peserta Didik.” Jurnal Riset Agama 1, no. 3 (15 Desember 2021): 251–63. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15375.

Hasanah, Usmaul, dan Muhammad Mahfud. “KONSEP ETIKA PELAJAR MENURUT KH. M. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL `ALIM WA AL-MUTA`ALLIM.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar 1, no. 1 (2021).

Helandri, Joni, Safnil Arsyad, dan Badeni Badeni. “Communicational Ethics of the Students.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 9, no. 2 (2 Februari 2022): 45. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i2.3313.

Ipmawanputra, Rakhay Pradana, Muhammad Yusuf, dan Charis Ali Aldawaz. “PENERAPAN ADAB DAN AKHLAQ ISLAMI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SECARA ONLINE (Studi Kasus pada Jurusan 1 D4 GameTech).” JURNAL PENDAIS 3, no. 1 (2021).

Kusumo, Sutri Cahyo, dan Salis Irvan Fuadi. “Adab Guru dan Murid Menurut Imam Nawawi Ad-Dimsyaqi (Telaah Kitab Al-Tibyan Fi Adabi Ḥamalah Al-Qur’an Dan Al-Majmu’ Syarḥ Al-Muhazzab).” Jurnal Al Qalam 20, no. 1 (2019).

Maulana, Muhammad Azka. “Karakter dan Adab Pendidik Perspektif Al-Quran Dan Hadis.” Al-Mufassir 4, no. 1 (2022).

Nawawi, Imam. Adab dan Tata Cara Menjaga Al-Qur’an, Terj. Zaid Husein Al-Hamid. Jakarta: Pustaka Amani, 2001.

———. Al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab, Terj. Abdurrahman Ahmad & Umar Mujtahid. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.

———. Al-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an. Jakarta: Dar Al-Kutub Al-Islamiyah, 2012.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Noer, Ali, Syahraini Tambak, dan Azin Sarumpaet. “Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia” 14, no. 2 (2017).

Puspa, Dina. “Diduga Dianiaya Guru usai Upacara Bendera, Siswa SMA Lapor ke Polresta Bandar Lampung.” Radar Lampung. Diakses 17 Oktober 2022. https://radarlampung.disway.id/read/656608/diduga-dianiaya-guru-usai-upacara-bendera-siswa-sma-lapor-ke-polresta-bandar-lampung.

Rifai, Abdullah. “Guru dianiaya murid, minta tersangka dihukum ringan.” Antara Jatim. Diakses 26 September 2022. https://jatim.antaranews.com/berita/639841/guru-dianiaya-murid-minta-tersangka-dihukum-ringan.

Rusmin B, Muhammad, Nurul Aynun Abidin, dan Risna Mosiba. “IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MAN 1 SOPPENG.” Inspiratif Pendidikan 11, no. 1 (7 Juli 2022): 150–64. https://doi.org/10.24252/ip.v11i1.30089.

Salam, Burhanuddin. Etika Sosial (Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia). Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.

Sriwijbant, Anjali, dan Anisa Amalia. Hadits Tarbawi : Pesan-Pesan Nabi S.A.W Tentang Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Tahir, Gustia. “SINERGITAS ILMU DAN ADAB DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Jurnal Adabiyah 15, no. 1 (2015).

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i2.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

    

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com