Peran Pendidik dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Perspektif Al-Qur’an Hadits
Abstract
Pendidikan tidak hanya dimaknai sebagai proses transfer ilmu, melainkan juga sebagai instrumen pembentukan karakter peserta didik yang berintegritas. Namun demikian, dalam praktiknya, peran pendidik kerap tereduksi hanya sebatas pengajar (al-mu’allim), tanpa optimalisasi fungsi sebagai pembina moral (al-murabbi) dan penyuci jiwa (al-muzakki). Padahal, dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits, pendidik memikul tanggung jawab multidimensional yang mencakup aspek intelektual, spiritual, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara tematik peran pendidik dalam membentuk karakter peserta didik berdasarkan sumber otoritatif Islam serta meninjau relevansinya terhadap kebutuhan sistem pendidikan modern yang berorientasi pada nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dengan metode tafsir maudhu’i. Sumber data meliputi ayat-ayat Al-Qur’an, hadits Nabi, serta literatur kontemporer yang relevan dengan pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter ke dalam praktik pendidikan formal masih belum berjalan secara sistematis. Di sisi lain, Al-Qur’an dan Hadits telah menawarkan paradigma mendalam mengenai fungsi pendidik sebagai agen transformasi peradaban. Dengan demikian, artikel ini memberikan kontribusi teoritik dalam memperkuat wacana rekonstruksi peran pendidik berbasis nilai-nilai profetik yang kontekstual dengan tantangan pendidikan abad ke-21.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013).
Didik. “Peran Pendidik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Sd Negeri 2 Karang Agung Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat),” 2022.
Hambal, Muhammad. “Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid (Analisis Terhadap al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12- 19 Dalam Tafsir Ibnu Katsir).” Tadarus 10, no. 1 (2021). https://doi.org/10.30651/td.v10i1.8487.
Hamid, Abdul. “Penerapan Metode Keteladanan Sebagai Strategi Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Al Fikrah:Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 3, no. 2 (2020).
Hamzah, Arief Rifkiawan. “Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir” 13, no. 1 (2024).
Haris, Abdul, and Mokh Fakhruddin. “Hakikat Pendidik Dalam Islam.” Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam I 4, no. 1 (2022).
JASMINE, KHANZA. “Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Honor Serta Implikasinya Terhadap Mutu Pendidikan.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 2014.
Mutholingah, Siti, and Basri Zain. “Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam.” Journal TA’LIMUNA 10, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.662.
Oktafiana, Devi, Universitas Islam, Negeri Sulthan, Thaha Syaifuddin, Jambi Atika Rohim, Jambi Rika Marsyalena, Negeri Sulthanthaha, Syaifuddin Jambi, and Kasful Anwar. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Menurut Al-Qur’an.” Journal of Student Research (JSR) 1, no. 5 (2023).
Saputra, Indra. “Hakekat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam (MPD).” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. November (2015).
Ummah, Masfi Sya’fiatul. “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Islam.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019).
Velianantha, Dhea, Rezkhy Baharuddin, Alya Rafiah, and Salmia Salmia. “Peran dan Tantangan Pendidik dalam Mewujudkan Pembelajaran Inklusif.” JURNAL SARAWETA 2, no. 2 (November 11, 2024). https://ejurnal.staiddimaros.ac.id/index.php/saraweta/article/view/103.
Wahyudi, Muhammad, Dhea Melati Putri, and Mutia Alamiah Warda. “Pendidik Dan Peserta Didik, Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2024).
Widyaningsih, Winda, Iu Rusliana, and Naan Naan. “Sikap Syukur Sebagai Proses Pembentukan Budi Pekerti Pada Remaja (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas 10 Di SMK Pasundan 4 Bandung).” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 2, no. 3 (2022). https://doi.org/10.15575/jpiu.17008.
Yusri, Nadia, Muhammad Afif Ananta, Widya Handayani, and Nurul Haura. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ahmad Yusam Thobroni, Sinta Dewi Nuriyah, Nur Intan