Konsep Kemajuan Praktik Kebijakan Dan Kinerja Birokrasi Pendidikan

Istanto Istanto, Ahmad Yani, Sofyan Tsauri, Sri Handayani

Abstract


-

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendapatkan informasi tentang konsep kemajuan praktik kebijakan dan kinerja birokrasi pendidikan. Implementasi kebijakan dan peran birokrasi di bidang pendidikan dibutuhkan birokrasi pendidikan yang mampu beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan dan memahami kebutuhan masyarakat yang dilayani. Kinerja birokrasi melalui responbilitas harus terus ditingkatkan untuk menciptakan pelayanan prima terutama merespon kepentingan publik. Lembaga pendidikan membutuhkan penghargaan dan perlakuan humanis ketimbang dijadikan sasaran ekploitasi dan kepentingan politis etis semata yang menegasikan tujuan utama dari pendidikan itu sendiri. Peran birokrasi di lembaga sekolah pada akhirnya menjadi puncak model implementasi kebijakan pada satuan dan jenjang pendidikan. Di sini diperlukan adanya pembaharuan manajemen pada satuan dan jenjang pendidikan tersebut. Proses pembaharuan atau inovasi manajemen menjadi suatu keniscayaan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang tengah dihadapi. Problem-problem tersebut dapat berupa usaha pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, peningkatan efisiensi dan efektifitas pendidikan serta relevansi pendidikan. Tujuannya agar supaya penyebaran ide-ide inovasi yang dilakukan bisa diadopsi, dimanfaatkan dan didesiminasikan untuk perbaikan dan pemecahan problematika pendidikan di Indonesia.


Keywords


Kebijakan pendidikan dan Kinerja birokrasi pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, Erma. “Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektf Peran Birokrasi Dan Partisipasi Masyarakat.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 1, no. 1 (27 Desember 2019): 58–76.

Good, Carter V dan Phi Delta Kappa. Dictionary of Education. New York: McGraw-Hill, 1959.

Hasbullah. Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif: Teori dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Jalal, Fasli, dan Dedi Supriadi. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001.

Jones, C. O. “American Politics And The Organization Of Energy Decision Making.” Annual Review of Energy 4, no. 1 (1979).

Junaid, Hamzah. “Sumber, Azas dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional).” Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman 7, no. 2 (2012).

Kiwang, Amir Syarifudin, David B. W. Pandie, dan Frans Gana. “Kebijakan Publik dan Efektivitas Organisasi.” Jurnal Kebijakan Publik 5, no. 3 (4 September 2014).

Rohman, Arif. Kebijakan Pendidikan; analisis dinamika formulasi dan implementasi. Bengkulu: Aswaja Pressindo, 2012.

Rusdiana, A. Kebijakan Pendidikan dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Sergiovanni, Thomas J. The Principalship: A Reflective Practice Perspective. Boston: Allyn and Bacon, 1991.

Tilaar, H.A.R, dan Riant Nugroho. Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.