Pemanfaatan Video Pembelajaran TOLIMTEK dalam Memperkenalkan Pelopor Teknologi Islam Kepada Siswa SD

Ilham Permana, Nurul Inayah, Widia Rahmawati, Ani Nur Aeni

Abstract


Perkembangan teknologi yang dapat dinikmati saat ini sangat memberi manfaat dan kemudahan bagi kehidupan sehari-hari, tidak hanya bagi dunia pendidikan saja tetapi hampir seluruh manusia juga merasakan perkembangan pesat teknologi. Tokoh muslim berperan penting mempelopori berbagai teknologi yang berkembang saat ini. Kecerdasan para ilmuwan muslim harus jadi contoh bagi kehidupan kita. Ilmu agama tidak luput dari benak pikiran para tokoh muslim yang menjadi pelopor teknologi. Karakteristik para ilmuwan muslim patut diteladani oleh generasi. Oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan ilmuwan muslim kepada anak sekolah dasar (SD.) Dengan dipilihnya pembuatan media pembelajaran berbasis video karena alternatif sederhana yang mudah diakses oleh siswa. Tidak hanya itu, video pembelajaran yang disajikan bukan hanya sekadar video pembelajaran biasa namun “TOLIMTEK” ini merupakan video pembelajaran yang telah di inovasikan se-interaktif mungkin, sebab di dalamnya terdapat e-book digital serta kuis game menyenangkan yang dapat diakses oleh siswa di mana pun dan kapan pun selama 24 jam. Pada penelitian ini kami  mengumpulkan  data  dengan  melakukan  pengamatan  langsung  ketempat  yang  menjadi  objek  yaitu  satuan SD dan menyebarkan e-kuisoner yang akan diiisi oleh responden (stakeholder).


Keywords


sekolah dasar, teknologi, ilmuwan muslim, video pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


As-Sirjani, R. (2011). Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia. Pustaka Al Kautsar.

Ilmi Z. (2012). “Islam sebagai Landasan Perkembangan Ilmu Pengetahuan danTeknologi”. LENTERA, vol. 14, Pages 1-12, doi: https://doi.org/10.21093/lj.v14i1%20JUNI.210.

Khotimah S. K. S., (2021). “Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid–19”. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, Pages 2149-2158, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857

Pratiwi, M. C., Riyana, C., & Dewi, L. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book (ARPOOK) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1-14.

Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0.

Rianawati, A. I., Lestari, S. M., Yuningsih, E., Amelia, C., & Nuraeni, A. (2022). PENYULUHAN MENELADANI GAYA KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDIN BAGI MAHASISWA DI ERA 4.0. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 110-125, doi: https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i2

Romi R. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Teknologi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 2, Pages 3019-3026, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1335

Safitri E., Titin. (2021). “Studi Literatur : Pengembangan Media Pembelajaran dengan Animasi Video Powtoon”. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, Pages 74-80, doi: https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 160-171.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.