Penggunaan Aplikasi “Leader Islami” Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar

Anisa Nur Janah, Shifa Ainnufus Muslimah, Nur' amaliah, Ani Nur Aeni

Abstract


Pemahaman tentang munculnya teknologi dalam kegiatan pembelajaran dapat menjadi inovasi serta menjadikan keadaan tidak monoton. Seperti halnya dengan dunia pendidikan yang mempunyai tujuan yaitu memenuhi efektifitas pembelajaran. Penggunaan aplikasi digital pada kegiatan pembelajaran yang interaktif bagi siswa Sekolah Dasar dilakukan dengan tujuan agar merubah kebiasaan siswa dalam penggunaan aplikasi digital lebih kearah positif, penggunaan aplikasi digital juga diharapkan dapat menjadi sarana dalam pembelajaran mengenai pemanfaatan aplikasi digital. proses pembelajaran di kondisi pandemi Covid-19 ini dapat menjadi pembelajaran yang lebih interaktif bagi siswa. Mengingat jika pada kondisi pandemi Covid-19 ini pandangan masyarakat terhadap proses pembelajaran melalui media daring dinilai kurang efektif. Maka dari itu kegiatan penelitian kepada siswa Sekolah Dasar ini memfokuskan pada pengenalan Aplikasi “Leader Islami”. Pengenalan aplikasi meliputi pemberian materi “Kepemimpinan dalam Islam” yang terdapat dalam aplikasi, penampilan video yang terdapat dalam aplikasi serta pemberian kuis evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa. Hasil dari penelitian melalui penggunaan Aplikasi “Leader Islami” sebagai pembelajaran interaktif bagi siswa Sekolah Dasar dinilai dapat menambah wawasan peserta didik lebih luas lagi serta membuat kegiatan pembelajaran semakin interaktif.


Keywords


Aplikasi Digital, Sekolah Dasar, Pembelajaran Interaktif, covid-19

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2019). Kepemimpinan dalam Islam. Resolusi, 2(2), 121-127.

Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59-64.

Labaso, S. (2018). Konsep Dasar Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al Ghazali, 1(2), 82-102.

Lestari, N. D., Hermawan, R., & Heryanto, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powtoon untuk pembelajaran tematik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 33-43.

Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi penggunaan aplikasi kahoot pada pembelajaran di sekolah dasar (sd) pada guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186-191.

Rianawati, A. I., Lestari, S. M., Yuningsih, E., Amelia, C., & Nuraeni, A. (2022). Penyuluhan Meneladani Gaya Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin Bagi Mahasiswa Di Era 4.0. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 110-125.]

Sofiyana, M. S., Yuristiana, F., Afifah, E. N., Aini, F. N., Rahmayanti, N., & Ekawati, Y. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sutojayan. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 79-83.

Suyanto, Mu’ah, Umar Yeni, Desi Romadhona, Nur Hidayati dan Bayu Malikul Askhar. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal, 1(2), 122-128. STIE KH. Ahmad Dahlan Lamongan

Zainudin, Ely. (2015). Peradaban Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin. Jurnal Intelegensia, 3(1), 50-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.1053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.