Penerapan Aplikasi Character Building Untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Siti Nur Fatimah, Hawa Zahra Aghniya, Dikky Rahmanto, Ani Nur Aeni

Abstract


Pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan pada peserta didik karena melalui pendidikan karakter inilah para peserta didik dapat memiliki kepribadian yang baik dan akhlak terpuji. Namun dapat dilihat seiring dengan perkembangan zaman kondisi pendidikan sekarang sangat memprihatinkan, akhlak dan moral para pelajar pun mulai merosot. Memang tidak semua peserta didik seperti itu, namun banyak juga peserta didik yang sudah mulai terjerumus dalam perbuatan jelek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencegah perbuatan jelek atau tercela serta meningkatkan akhlak terpuji pada peserta didik di kelas 3 SD Negeri Karapyak 1 Sumedang melalui aplikasi Character Building yang dijadikan sebagai media pembelajaran. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau campuran, dengan metode deskriptif dan eksperimen. Metode deskriptif dilakukan untuk melihat bagaimana permasalahan yang terjadi di lapangan pada saat ini, kemudian menggunakan metode eksperimen sebagai uji coba dari produk aplikasi yang telah dibuat sebagai solusi dari permasalahan yang muncul. Setelah itu peneliti menganalisis data dengan cara mendeskripsikan dan menggambarkan dari data yang telah dikumpulkan. Hasil yang didapat dari penelitian dan uji coba ini adalah siswa menjadi lebih meningkat pemahamannya mengenai akhlak terpuji serta lebih bersemangat belajar karena menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi sehingga pembelajarannya tidak monoton dan membosankan, dan lebih mudah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari serta dapat mencegah perbuatan tercela dan dapat meningkatkan akhlak terpuji peserta didik.


 


Keywords


Aplikasi, Pendidikan Karakter, Akhlak Terpuji

Full Text:

PDF

References


Ardi, Nuri Shabrina Putri, Ahmad Yusuf Sobri, and Desi Eri Kusumaningrum. "Manajemen pembinaan akhlak dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik." JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (2019): 17-25.

Cahyo, Edo Dwi. "Pendidikan karakter guna menanggulangi dekadensi moral yang terjadi pada siswa sekolah dasar." EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 9, no. 1 (2017): 16-26.

Abdullah, Muhammad Luthfi. "Efektivitas Penerapan Metode Qişşatu Al-QurĀnī Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa Kelas IV SD Cirebon Islamic School (CIS) Full Day." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2018): 153-165.

Ainiyah, Nur. "Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam." Al-Ulum 13, no. 1 (2013): 25-38.

Astuti, Astuti, S. B. Waluya, and M. Asikin. "Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0." In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), vol. 2, no. 1, pp. 469-473. 2019.

Firmadani, Fifit. "Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0." KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020): 93-97.

Sa'diyah, Puza Halmatu, Rahma Dhonna, Risma Hayati Fauziah, and Ani Nur Aeni. "Pemanfaatan Glide Mobile Untuk Penanaman Akhlak Mulia Siswa Sd Berbasis Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani." AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam) 4, no. 1 (2022): 50-56.

Baka, Pateemoh. "UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO." PhD diss., IAIN, 2017.

Nu'man, Ahmad Zanin. "Efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa (Studi Kasus: SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo)." DutaCom 7, no. 1 (2014).

Gunawan, Heri. "Pendidikan karakter." Bandung: alfabeta 2, no. 1 (2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.