Video “The Muharram Celebration” sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Islam pada Siswa SD

Rifa Asyifa Cahya Putri, Dina Nur Karochmah, Siti Nurrohmah, Ani Nur Aeni

Abstract


Sebagian umat islam terutama siswa kelas 3 di Sekolah Dasar lebih mengetahui nama-nama bulan masehi dibandingkan nama-nama bulan hijriah, sejarah dan peristiwa yang ada di dalamnya, hal tersebut menjadikan alasan penyusun tertarik untuk membuat sebuah produk yang mengenalkan siswa terhadap kebudayaan dalam perspektif islam.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui design yang menarik bagi siswa pada sebuah video animasi dengan judul Video “The Muharram Celebration” sebagai Media Pengenalan Budaya Islam pada Siswa SD.  Selain itu bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi siswa agar lebih mengetahui nama-nama bulan hijriah, sejarah, dan peristiwa yang terjadi khususnya pada bulan muharram.  Penelitian ini menggunakan model Design and Development (D&D).  Data hasil angket keseluruhan tingkat pencapaiannya 94% validasi oleh guru dengan kualifikasi sangat baik dan 95,5% validasi oleh siswa kualifikasi sangat baik.  Mengenai proses pembuatan video “The Muharram Celebration” ini dimulai dari  merancang desain video, pengembangan skrip video, merekam audio untuk isi materi, menambahkan animasi, proses pembuatan video hingga selesai.  Dengan adanya video animasi yang bermanfaat ini dapat mengenalkan kebudayaan dalam perspektif islam pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar, dan akan lebih paham mengenai bulan hijriah serta tidak lagi merayakan tahun baru masehi.

Keywords


Kebudayaan Islam, Video animasi, Bulan Hijriah

Full Text:

PDF

References


Haryati, Sri. “Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan.” Academia Vol. 37, No. 1 (September 2012): 11-26.

Ihya Ulumuddin, Yayok Wahyudi. “Pengelolaan Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Keagamaan Di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh Lumanjang.” Khidmatuna Vol. 1, No.1 (November 2020): 75-84.

Isnaini Hamid Damanik, Titin Setiawati. “Perancangan Video Explainer Tata Cara Berwudhu Sesuai Sunnah Rasulullah sebagai Media Kampanye Sosial.” Jurnal Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain Vol. 2, No. 1 (April 2021): 75-88.

Minarno, Sella Witter. “Pengembangan Media Booklet Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku untuk Siswa Kelas IV SD.” Repositori UPI, 2021.

Mu'minah, Iim Halimatul. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Daring IPA pada Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian Vol.1, No. 1 (Maret 2021).

Rodin, Rhoni. “Tradisi Tahlilan dan Yasinan.” IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 11, No. 1 (2013): 76-87.

Shohibah, Ida Fitri. Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriah. PT. Balai Pustaka (Persero), 2012.

Suparno. “Keterkaitan Kebudayaan Islam dengan Karakter Orang Jepang.” Izumi, 2013.

Tajuddin, Yuliyatun. “Walisongo Dalam Strategi Komunikasi Dakwah.” ADDIN Vol. 8, No. 2 (Agustus 2014).

Zarkasih, Ahmad. Sejarah Pembentukan Kalender Hijriyah. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.