Pemanfaatan Ripod Sebagai Sumber Informasi Masyarakat Mengenai Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Pinjol

Diana Prasti Artati, Virra Septiani Suherman, Bunga Fatmawati Mulya Nugraha, Ani Nur Aeni

Abstract


Pinjaman online dalam beberapa tahun ini semakin marak di tengah maraknya dunia teknologi dalam kehidupan masrakat sehingga penyebarannya semakin meluas dan menyentuh masyarakat yang tergiur dengan pinjaman cepat tanpa mengetahui resiko besar setelahnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengeksplorasi Pemanfaatan RiPod (Ruang Informasi Podcast) Sebagai Sumber Informasi Masyarakat Mengenai Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Pinjol. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Design and Development (D&D) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan desain dan pengembangan. Dalam proses pengambilan data digunakan metode kuisioner melalui google formulir. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 33 orang berdasar pada data yang diperoleh dari respon ahli yakni dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Penggunaan Metode kualitatif yang lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti pada subtansi makna dari fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan RiPod sebagai sumber informasi memiliki efektivitas sebesar 90% untuk meningkatkan pengetahuan baru serta memiliki daya tarik lebih karena akses yang mudah dijangkau oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Penelitian ini berkontribusi terhadap upaya mengedukasi masyarakat terkait pinjaman online di masyarakat yang semakin marak.


Keywords


RiPod, Podcast, Ekonomi Islam, Pinjaman Online

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Z. (2019). Analisis Hukum Islam Terhadap Mekanisme Kredit Online Menurut Pandangan Ahmad Zahro (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel).

Islam, P. P. (2011). Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Thoha, A. B. (2022). Pinjaman Online Dalam Tinjauan Hukum Islam. Fahma, 20(1), 80-94.

Elsa, A. E. F. (2021). Dilema Pinjaman Online Di Indonesia: Tinjauan Sosiologi Hukum Dan Hukum Syariah. Diktum: Jurnal Syariah Dan Hukum, 19(2), 109-119.

Widjaja, G. (2022). Pemahaman Konsumen Tentang Pinjaman Online (Pinjol) Di Jakarta. Pkm: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 89-93.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Budiantoro, R. A., Sasmita, R. N., & Widiastuti, T. (2018). Sistem Ekonomi (Islam) Dan Pelarangan Riba Dalam Perspektif Historis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(01), 1-13.

Ammatulloh, M. I., Permana, N., Firmansya, R., Sha’adah, L. N., Izzatunnis, Z. I., & Muthaqin, D. I. (2021). Civics Caring Apps: Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1408-1419.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135.

Fuadi, F., Sudarmanto, E., Nainggolan, B., Martina, S., Rozaini, N., Ningrum, N. P., ... & Hendrawati, E. (2021). Ekonomi Syariah. Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.