Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Purworejo

Adelia Ovi Inzaghi, Brillian Rosy

Abstract


Reformasi birokrasi Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2010, seiring berjalannya waktu terus mengalami evaluasi untuk mengatasi beberapa masalah, salah satunya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Berdasarkan observasi yang dilakukan di lapangan masih adanya  masyarakat yang termarginalisasikan (pengabaian atas hak-hak yang seharusnya didapat oleh masyarakat) baik dari pelayanan administrasi, hingga pelayanan yang lainnya. Sehingga dalam penelitian ini bisa dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel  kompetensi pegawai dan fasilitas kerja secara simultan maupun parsial terhadap  kualitas pelayanan publik . Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, hal ini ditunjukkan oleh penggunaan teknik pengambilan sampel purposive sampling pada jumlah sampel sebanyak 31 responden. Dimana teknik ini mengambil metode kuesioner dengan menggunakan jenis pertanyaan tertutup. Analisis yang dihasilkan dari data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dengan memiliki hasil pada uji hipotesis bahwa kompetensi pegawai pada kualitas layanan publik ditunjukkan dengan  lebih besar dari nilai  (7.058 > 2.048) , sedangkan variabel fasilitas kerja terhadap kualitas pelayanan publik  menunjukkan hasil  lebih kecil dari nilai  (0,139 < 2.048), serta uji F memperoleh hasil  mendominasi  nilai  sebesar (43,922 > 3,34). Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan pada kompetensi pegawai menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik dan fasilitas kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik serta secara simultan pada kompetensi pegawai dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, disarankan kantor desa mengadakan peningkatan bimbingan teknis, pelatihan manajerial kepada pegawai desa serta meningkatkan fasilitas kerja yang memadai dengan pengadaan teknologi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.


Keywords


kompetensi pegawai, fasilitas kerja, kualitas pelayanan publik

Full Text:

PDF

References


Asniwati, A., & Kitta, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Kerja Kantor Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(2), 133–146. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i2.762).

Berry, L. L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Dolle, M. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Pustakawan Universitas Hasanuddin. Jupiter, 16(1), 26.

Fian Fandanu, N. O. (2020). Pengaruh Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan (pp. 54–64).

Fitri, E. (2021). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Perpustakaan Kearsipan Daerah Kota Metro Provinsi Lampung Erna Fitri Universitas Muhammadiyah Metro , Metro , Indonesia. 2(2), 11–19.

Indonesia. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Ombudsman, 1.

Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Moenir, A.S. (1987). Pendekatan Manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Gunung Agung.

Muslimah, J., & Rahmaningtyas, W. (2019). Pengaruh Tata Ruang Kantor, Penataan Arsip, Fasilitas Kantor, dan Kompetensi Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Ketatausahaan. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 912–924. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35007.

Nengsih, N., Azis, M., & Jumali, M. A. (2021). The Influence of Infrastructure and Supervision Facilities on Employee Performance and Public Service Quality ( Case Study of Bantaeng District ). Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Sao Paulo, Brazil, April 5 - 8, 2021, September, 3055–3062.

Peraturan Menteri Dalam Negeri. (2017). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Raharja, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Wilayah Kabupaten. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6545.

Rahmadhani, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kecamatan Kuranji Kota Padang. JESS (Journal of Education on Social Science). https://doi.org/10.24036/jess/vol1-iss2/39.

Ratna, R., Kurniasari, A., & Oktarina, N. (2020). Pengaruh Fasilitas Kantor, Disiplin Kerja dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan. 1(1). https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46524.

Republik, I. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Pelayanan Publik. 25.

Rianti, S., Rusli, Z., Yuliani, F., Bina, K., Jl, W., & Pekanbaru, P. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Ilmu Administrasi Negara, 15, 412–419.

Rohman, T. (2009). Konsep Pelayanan Publik.

Rosmika, T. E., & Nurhaida, T. (2017). Employee Competence and Culture Set to Customer Satisfaction with Service Quality as Intervening Variable of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Medan. Journal of Education and Practice, 8(36), 45–53.

Sabuhari, R., & Ruslan Kamis. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi , Karakteristik Kompetensi , Kepuasan. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6(1), 137–156.

Safitri, D., & Rustiana, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kantor, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 120–130.

Safitri, Y. A. (2020). Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan (Studi kasus Kelurahan Bukit Betung). Jurnal Studia Administrasi, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.47995/jian.v2i1.34.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumendap, J., Mandey, J., & Mambo, R. (n.d.). Pentingnya Kompetensi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Biro Umum dan Keuangan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sunarto, A., Tanjung, A. W., & Ellesia, N. (2020). Business Economics and Education. In Journal of Research in Business, Economics, and Education (Vol. 2, Issue 5).

Syamsir, M. A. E. (2011). Urgensi Public Service Motivation Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Prima.

Syamsir, S. (2016). The Influence of Public Service Motivation on Service Quality of Civil Servants in West Sumatra Indonesia. European Journal of Economics and Business Studies, 5(1), 33. https://doi.org/10.26417/ejes.v5i1.p33-41.

Wahyuni, S. (2014). Pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. E-Jurnal Katalogis Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Tadulako, 2(1), 124-134.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.