Peran Orang Tua Menanamkan Nilai Karakter Islami Pada Anak Selama Pembelajaran Daring

Novela Aditiya, Nur Hidayat

Abstract


Menurunnya nilai karakter yang dimiliki oleh anak disebabkan dengan perubahan pembelajaran yang dilakukan dengan daring. Orang tua perlu menanamkan nilai karakter islami selama proses pembelajaran daring karena penanaman nilai karakter terhadap anak dapat menjadi pondasi untuk mewujudkan perubahan kepribadian baik dalam perubahan aktivitas sehari-hari. Tujuan dari penelitian yaitu untuk menggungkapkan bagaimana peranan orang tua menanamkan nilai karakter islami pada anak selama pembelajaran daring. penelitian mengacu pada pendekatan kualitatif deskriptif metode studi kasus, informasi data didapatkan dari data observasi dan wawancara dengan 5 orang tua mempunyai anak sekitar usia 6 sampai 12 tahun di Desa Nibung Provinsi Bangka Belitung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran orang tua menanamkan nilai karakter islami melalui 3 kegiatan yaitu 1) menanamkan akidah dan akhlak yang bertanggung jawab, peduli kepada sesama, bersyukur, menghormati guru, mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan senantisa beharap serta berdoa kepada Allah SWT; 2) Abad yang dibiasakan sebelum melakukan kegiatan diawali mengucapkan basmallah, menggunakan tangan kanan dan kaki kanan, mengucapkan salam dengan orang yang lebih tua. Makan dan minum dengan keadaan duduk, melaksanakan shalat wajib dan sunnah duhha, murajoah hafalan ayat al- qur’an setelah melaksanakan shalat 3) Membatasi penggunaan gadget pada anak dapat disesuaikan dengan tahap perkembangan dan usia anak. Strategi yang dapat dilakukan agar anak tidak menggunakan gadget dengan menggarahkan anak melakukan aktivitas dibidang olahraga.


Keywords


Peran orang tua, karakter islami, pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Ainusyamsi, Fadlil Yani, and Husni Husni. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Pembebasan Manusia Melalui Pendidikan Akhlak.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 1 (2021): 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.670.

Aisyah, Aisyah, and Isabella Hasiana. “Optimalisasi Peran Orang Tua Terhadap Pedidikan Seksual Anak Usia Dini.” Jurnal Penamas Adi Buana 4, no. 2 (2021): 65–70. https://doi.org/10.36456/penamas.vol4.no2.a2695.

Azizah, Luksiana, Siska Nurul, Nila Ispiyana, and Sinta Nuryah. “Strategi Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Lusiana.” Academica: Journal … 4, no. December (2020): 16. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/3171.

Bafadhol, Ibrahim. “Pendidikan Akhlak Dalam Persfektif Islam.” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 12 (2017): 45–61.

Damayanti, Eka, Arifuddin Ahmad, and Ardias Bara. “Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 4, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22.

Dewi, Putu Audina Suksma Cintya, and Husnul Khotimah. “Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional Sistem Informasi, 2020, 2433–41.

Elawati Dewi, Etc. “Peran Ibu Menurut Prespektif Islam” 1 (2019): 200–216.

Ginanjar, M. Hidayat. “Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 03 (2017): 230–42.

Haibah, Mujahidatul, Hasan Basri, Mohamad Eri Hadiana, and Tarsono Tarsono. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 2 (2020): 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341.

Hidayat, Nur. “The Implementation of Character Education Model at Islamic Boarding School of Pabelan, Magelang, Central Java.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016): 431. https://doi.org/10.14421/jpi.2016.52.431-455.

Latipah, Eva, and Nur Faizatul Mardliyah. “Keterkaitan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Akhlakul-Karimah Pada Siswa SMP Ma’had Islamy.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 1 (2020): 55–66.

Lilawati, Agustin. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Lubis, Hairani, Afif Husniyatur Rosyida, and Nikmatul Hidayati Solikhatin. “Pola Asuh Efektif Di Era Digital.” PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat) 1, no. 2 (2019): 102. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2967.

Lubis, Maulana Arafat, Nashran Azizan, Erna Ikawati, Sri Yatun, Mohammad Salehudin, Suwarto Suwarto, Hulman Fajri, and Syahria Anggita Sakti. “Persepsi Orang Tua Dan Guru Dalam Menanamkan Disiplin Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Online.” Jurnal Ilmiah Potensia 6, no. 1 (2020): 73–81. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia.

Muafi, Moh. “Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Kitab.” Tarbiyatuna 9, no. 1 (2016): 58–77.

Ningsih, Eka Fitria. “Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2016): 191–217. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/73.

Prabowo, Sultan Hadi, Agus Fakhruddin, And Miftahur Rohman. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam Abstrak Kata Kunci : Peran Orang Tua , Pendidikan Karakter , Pandemi Covid-19 , PENDAHULUAN Keberhasilan Pendidikan Formal Yang Ditempuh Seorang Anak Tida.” Pendidikan Islam 11, No. 2 (2020): 191–207.

Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, and Dedek Kurniawan. “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 124–40. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12.

Rahayu, Akis Indriana. “Sifat-Sifat Rasulullah Saw Sebagai Dasar Pendidikan Karakter.” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta 1, no. 01 (2021): 19–26. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.5.

Rivadah, Migfar, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Amirudin Rosyid, and M Fajrul. “Figur Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak.” Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan (Journal of Islamic Education and Teacher Training) 2, no. 2 (2020): 139–52. https://doi.org/10.5281/zenodo.4392782.

Santoso, Farhan Aldino. “Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87.

Sidiq, Muhammad Abdul Halim. “Telaah Pemikiran Sayyid Abdullah Bin Alwy Al-Haddad Tentang Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2017): 220–32.

Sukma, Hanum Hanifa. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini.” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta 1, no. 01 (2021): 85–92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13.

Suryati, Nanik. “Optimalisasi Peran Orangtua Dalam Meminimalisir Penggunaan Gawai Bagi Anak.” TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, no. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/TAUJIHAT/issue/view/179 (2020): 47–65. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/TAUJIHAT/index%0AOPTIMALISASI.

Syifa, Layyinatus, Eka Sari Setianingsih, and Joko Sulianto. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (2019): 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310.

Ulil Amri, Muhammad Iqbal Al, Reza Syehma Bahtiar, and Desi Eka Pratiwi. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar Pada Situasi Pandemi Covid-19’.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 02 (2020): 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933.

Yuarna, Agus Dewi, Joko Sutarto, and Tri Suminar. “The Influence of Parenting and Peers on Early Childhood Character.” Journal of Primary Education 9, no. 4 (2020): 429–35. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i4.41766.

Zamroni, Amin. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (2017): 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544.

Zannah, Fathul. “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2020): 1–8. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1233.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303