Penerapan VLOKEBI (Vlog Kebudayaan Islami) Untuk Memperkenalkan Tradisi Ngalaksa Pada Siswa SD Kelas V

Yudhitia Dwi Patriamurti, Adinda Salsha Salbilla, Agnesti Bilqis, Ajeng Alya Khairunnisa, Ani Nur Aeni

Abstract


Penelitian ini merupakan penerapan media pembelajaran (video animasi) pada siswa sekolah dasar kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkenalkan tradisi ngalaksa dan wawasan keislaman budaya tersebut kepada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Design and Development (D&D). Penelitian ini menggunakan produk yang dirancang oleh kelompok bernama Vlokebi (Vlog Kebudayaan Islami). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Wangunjaya. Penelitian ini juga melakukan wawancara dengan seorang guru sekolah dasar dan seorang ahli tentang produk yang telah ditentukan oleh kelompok, serta pendapat ahli tentang tradisi ngalaksa dalam perspektif Islam. Setelah data penelitian ini diolah, ditemukan beberapa hasil: berdasarkan analisis penilaian, pengetahuan dan pengalaman siswa dapat diketahui bahwa siswa secara keseluruhan masih jarang menggunakan video sebagai media pembelajaran sekolah. Dari hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa produk Vlokebi dianggap layak sebagai media audio visual yang sesuai diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas V karena sesuai dengan karakteristik usia siswa SD.


Keywords


budaya, kebudayaan islam, sekolah dasar, tradisi ngalaksa, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adiputra, Sofwan, and Mujiyati Mujiyati. 2017. “Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di Indonesia: Kajian Meta-Analisis.” Konselor 6 (4): 150. https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00.

Arya, Fastrana, Syah Musyaffa, and Lutfiah Ayundasari. 2021. “Upacara Jamasan Pusakan Kanjeng Kyai Upas Di Tulungagung Dalam Perspektif Islam” 1 (6): 720–25. https://doi.org/10.17977/um063v1i62021p720-725.

Dwi Lestari, Novita, Ruswandi Hermawan, and Dwi Heryanto. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (3): 33–43.

Khoeriyah, Ni’matul, and Mawardi Mawardi. 2018. “Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kebermaknaan Belajar.” Mimbar Sekolah Dasar 5 (2): 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444.

Koentjaningrat. 2004. Kebudayaan Mentalitas Dan Pembangunan. Gramedia Pustaka Utama.

Mappease, M.Y. 2009. “Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar.” Jurnal Medtek 1 (2): 1–6.

Nur Aeni, Ani. 2011. “Menanamkan Disiplin Pada Anak.” Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 9 (1): 17–29.

———. 2014. “Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam.” Mimbar Sekolah Dasar 1 (1): 50–58.

Sukarini, Komang, and Ida Bagus Surya Manuaba. 2021. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar.” Jurnal Edutech Undiksha 9 (1): 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Suparno, S. 2013. “Keterkaitan Kebudayaan Islam Dengan Karakter Orang Jepang.” Jurnal Bahasa, Sastra,




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.