Peran Kebijakan Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya dalam Membentuk Karakter Santri Islami
Abstract
Penelitian ini tentang Peran Kebijakan Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya dalam Membentuk Karakter Santri Islami. Lembaga pendidikan pesantren adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. Hal ini merubah mindset dan pandangan terhadap pendidikan pesantren sebelumnya yang dipandang sebagai lembaga pendidikan non formal yang kurang mendapat pengakuan dan apresiasi terhadap lulusannya. PenMetode yang dipakai yaitu metode kualitatif berupa transkrip wawancara, dan catatan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran dari kebijakan pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya dalam membent Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya telah ditetapkan sebagai lembaga yang setara dengan lembaga pendidikan formal lainnya oleh Kementerian Agama dan kebijakan pesantren yang diterapkan merupakan upaya pihak pesantren untuk membentuk karakter santri yang islami. Menurut penulis dalam membentuk karakter Islami, Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya memiliki kebijakan untuk mengatur para santri mengikuti kegiatan yang terstruktur setiap harinya. Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya banyak memasukan unsur - unsur Islami diantaranya dalam hal ibadah, dan kegiatan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badrudin, B., Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2017). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 233-272.
Fitriyawati, I. (2010). Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Hamruni. (2016). “The Challenge and The Prospect of Pesantren in Historical Review”. Jurnal Pendidikan Islam.Volume 5, Nomor 2, December
Kahar, Syadidul, Muhammad Irsan Barus, dan Candra Wijaya. 2019. “Peran Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 4 (2): 170. https://doi.org/10.24114/antro.v4i2.11949.
Rahma, F. N., Alam, M. S. Q., Fauzi, B. A., Wulandari, F., & Safii, I. (2021). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka di Pesantren Taruna Al Qur’an Putri Yogyakarta Masa Darurat Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2027-2036.
Purba, S. dkk. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sulton, I. M. D. & A. (2020). Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah. 4(2), 192–201.
Suryana, A. T., Ibrahim, T., Daud, M., Saparudin, H., & Nurlaeli, A. (2020). Kebijakan Pesantren dalam Pengelolaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 273-286.
Nuraeni, N. (2021). Eksistensi Pesantren Dan Analisis Kebijakan Undang-Undang Pesantren. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 1-14.
Asrori, I. (2018). Peran pesantren dalam mengontrol perilaku santri: studi Pondok Pesantren Al-Hidayah Asshomadiyah Sukorejo Pasuruan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License