Pengaplikasian E-Book dalam Memperkenalkan Nabi Ulul Azmi Kepada Siswa Sekolah Dasar

Adisa Adriani, Alma Danika Oktrifa, Zakkiyah Raudhatul Jannah, Ani Nur Aeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan kisah Para Nabi Ulul Azmi kepada siswa tingkat sekolah dasar dengan mengaplikasikan penggunaan E-Book atau Buku Digital. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi langsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Sukamana. Penelitian ini mendapatkan hasil temuan dari pemanfaatan e-book menggunakan teknik penyebaran angket. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pemanfaatan e-book berbasis web dengan melakukan penelusuran laman google secara mandiri tanpa bantuan. Kegiatan pembelajaran agama di sekolah dasar kelas tinggi masih dilaksanakan secara individu, dan pembelajaran sepenuhnya masih bergantung kepada guru. Untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam belajar tentang Nabi Ulul Azmi, peneliti menggunakan e-book untuk membantu para peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami materi Nabi Ulul Azmi dan mengaplikasikan hal positif di kehidupan sehari-hari. Penggunaan media pembelajaran buku berbasis digital atau e-book dapat membantu dan menunjang pembelajaran, karena pembelajaran menjadi lebih mudah diaplikasikan dan peserta didik semakin mudah memahami materi melalui media pembelajaran yang menarik.  Media ilustrasi pada e-book memiliki fungsi sebagai media pengajaran yang mendatangkan manfaat serta perubahan dalam dunia pembelajaran.


Keywords


e-book, nabi ulul azmi, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. Agung. “Inovasi Dalam Pembelajaran IPA: E-Book Berbasis Multi Representasi.” magungakbar.com (blog), 23 Januari 2021. http://www.magungakbar.com/2021/01/24/inovasi-dalam-pembelajaran-ipa-e-book-berbasis-multi-representasi.html.

Al-bantani, Syekh Nawawi, S D N Munjul Kabupaten, Bandung Provinsi, dan Jawa Barat. “AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam Jurnal AL-HIKMAH Vol 4, No 1 (2022)” 4, no. 1 (2022): 50–56.

Devi, Anggit Shita, dan Siti Maisaroh. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran bahasa Jawa Kelas V SD.” Jurnal PGSD Indonesia 3, no. 2 (2017): 1–16.

Elihami, Elihami, dan Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17.

Eskawati, Siti Yuli. “Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA (The Developtment of Interactive E Book on The Subject of Coligative Properties as Learning Resource for Student of Science Class XII).” Unesa Journal of Chemical Education 1, no. 2 (2012).

Eskawati, Siti Yuli, dan I Gusti Made Sanjaya. “Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Sifat Koligatif Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA.” Unesa Journal of Chemical Education 1, no. 2 (2012): 46–53.

Francisca, Francisca, Jovanka Oktavia Venneza Zahra, Sri Hesty Anggraeni, dan Ani Nur Aeni. “Pengembangan E-book BUDIMAS ‘Buku Digital Agama Islam’ untuk Pembelajaran PAI pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 5268–77.

Hewi, La, dan Linda Asnawati. “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530.

Hidayatullah, Muhammad Syarif, dan Lusia Rakhmawati. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker.” Pendidikan Teknik Elektro 5, no. 1 (2016): 83–88.

Idrus, Rosminiyati. “Pengaruh Penggunaan E-Book Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa.” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021.

Prasetya, Fazrul, Nur Fahrozy, Sofyan Iskandar, Yunus Abidin, dan Mia Zultrianti Sari. “Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu” 6, no. 2 (2022): 3093–3101.

Raco, Jozef. “Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya,” 2018. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.

Sasmita, Rimba Sastra. “Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 1 (2020): 1–5.

Suryani, Nunuk. “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It.” Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya 10, no. 2 (2016): 186–96. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186.

Teni Nurrita. “Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.” Jurnal misykat 03, no. 01 (2018): 171.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.