Pemanfaatan Aplikasi Zepeto Sebagai Media Pembelajaran Budaya Islam Untuk Siswa Kelas 4 SD/MI

Safna Alfath Salsabil, Dhea Amanda, Raisya Rahma Adilah, Ani Nur Aeni

Abstract


Berbagai aplikasi yang berkembang di masa sekarang tentu sangat banyak jenis nya, tidak hanya digunakan sebagai satu fungsi saja, tetapi bisa dimanfaatkan untuk beberapa fungsi. Seperti halnya pada aplikasi zepetto ini selain digunakan sebagai aplikasi game tetapi bisa dimanfaatkan juga sebagai aplikasi pembuat karakter untuk mengembangkan video animasi agar lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan dan meneliti kelayakan aplikasi zepetto di dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video animasi tentang kebudayaan islam untuk siswa  kelas IV SD/MI yaitu tentang kebudayaan isra mi’raj. Penelitian ini menggunakan metode D&D atau design and development dimana model penelitiannya merupakan studi yang sistematis terhadap proses desain, pengembangan, dan evaluasi dengan tujuan untuk menetapkan dasar empiris dalam penciptaan sebuah produk, data diambil melalui angket,wawancara,serta observasi langsung di sebuah sekolah dasar terhadap guru dan siswa kelas IV SD/MI. Di dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis video animasi oleh aplikasi zepetto ini mampu menarik minat siswa sehingga lebih antusias ketika akan dilaksanakan pembelajaran dan siswa tidak merasa monoton karena pembelajaran disajikan secara audio visual.


Keywords


Aplikasi zepetto,media pembelajaran,kebudayaan islam

Full Text:

PDF

References


Solihatini, I. T., Abidin, Y., & Aljamaliah, S. N. M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 59-68.

Ningrum, N. S., Julia, J., & Irawati, R. (2017). Jurnal pena ilmiah: vol 2, No 1 (2017). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2051–2060. ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3566/pdf%0A%0A

Desrina, S., Destrinelli, D., Budiono, H., & Septiani, H. (2021). Pengembangan Media Video Menggunakan Multi Aplikasi pada Tema 5 Subtema 1 dikelas III Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid-19. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13-26.

Oktovan, R. N., Suryamah, D., & Dwiatmini, S. (2021). Pewarisan Budaya Dalam Kesenian Bringbrung Di Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap Hilir, Kota Bandung. Jurnal Budaya Etnika, 4(2). https://doi.org/10.26742/be.v4i2.1566

Yuniar, N. E. (2020). Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam materi isra’mi’raj nabi Muhammad SAW melalui strategi index card match pada siswa kelas IV c MI Miftahul-’ …. http://digilib.uinsby.ac.id/42486/

Hayati, S. (2020). Nilai Sosial dalam Sosial Antologi Cerita Pendek “Juragan Haji” karya Helvi Tiara Rosa dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Tuturan, 9(2), 89–96.

Zakaria, A. (2019). Isra Mi’Raj Sebagai Perjalanan Religi: Studi Analisis Peristiwa Isra Mi’Raj Nabi Muhammad Menurut Al Qur’an Dan Hadits. Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(01), 99. https://doi.org/10.30868/at.v4i01.428

Hafizatul, K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa …, 39–44. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218

Ani Tsania Fathurahmah. (2021). Nilai Budaya dan Agama dalam Naskah “Kitab Mi’raj Kangjeng Nabi Muhammad saw.” Lokabasa, 12(1), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.