Implementasi Manajemen Peserta Didik pada Madrasah Tsanawiyah Persis 37

Annisa Rizqi Utami, Andri Yanto

Abstract


Abstrak

Ruang lingkup manajemen peserta didik sebagai proses input yang menarik dan tepat, maka pada perkembangan sosial di lingkungan madrasah dan di lingkungan sosial budaya masyarakat sebagai output pun akan menarik. Melihat fenomena tersebut sebagai realitas dapat dianggap cukup mumpuni jika disandarkan pada konteks berdaya tarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep landasan dan implementasi manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah  Persis 37 Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep landasan implementasi manajemen peserta didik selain berdasarkan berbagai produk hukum perundang-udangan dan instrument hukum lainnya terkait pendidikan di Indonesia juga Pedoman Penyelenggaraan Dasar dan Menengah Persatuan Islam Bab 1 Pasal 1 Tahun 2006 dan Pedoman Sistem Pendidikan Persatuan Islam Tahun 1996. Implementasi Manajemen Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Persis 37 Kabupaten Sumedang memiliki menejemen yang baik. Selain itu hubungan antara alumni dengan madrasah dapat terpelihara dengan pelibatan alumni dalam berbagai kegiatan madrasah.


Keywords


konsep landasan, manajemen peserta didik, persatuan islam, MTs Persis 37

Full Text:

PDF

References


Annas, Annisa Nuraisyah. “Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam.” TADBIR : Jurnal ManajemenPendidikan Islam 5, no. 2 (2017): 11.

Azra, Azyumardi. Surau Pendidikan Islam dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.

Badrudin. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.

Cahyono, Teguh Yudi, Umi Masruroh, dan Sarwono Sarwono. “Implementasi Manajemen Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Berstandar Nasional di Universitas Negeri Malang.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 9, no. 1 (30 Juni 2021): 39. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28527.

Diantoro, Fery. “Manajemen Peserta Didik dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 16, no. 2 (22 November 2018): 409. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.1207.

Habibullah, Nur. “Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Persoalan Karakteristik Peserta Didik.” AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2020): 13.

Jahari, Jaja, Heri Khoiruddin, dan Hany Nurjanah. “Manajemen Peserta Didik” 3, no. 2 (2018): 11.

Kuntoro, Alfian Tri. “Manajemen Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan 7, no. 1 (31 Mei 2019): 84–97. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Prihatin, Eka. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2011.

Rosyidin, Dedeng. Konsep Pendidikan Formal Islam (Persis). Bandung: Pustaka Nadvah, 2009.

Septian, David, Albertus Pramukti Narendra, dan Anton Hermawan. “Pola Pencarian Informasi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi UKSW Menggunakan Teori Ellis.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 9, no. 2 (31 Desember 2021): 233. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i2.33526.

Sudarsyah, Asep, dan Diding Nurdin. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.