Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Mahasiswa Feb Umj)

Alfath Adi Saputra, Jaharuddin Jaharuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sertifikasi halal, kesadaran halal, dan celebrity endorse memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk zoya yang dilakukan oleh mahasiswa. Pengumpulan data ini diperoleh melalui penyebaran kuisioner dengan melalui googleform kepada mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling kemudian menggunakan teknik analisis linier berganda dan juga di uji dengan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi halal, kesadaran halal, dan celebrity endorse secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan variabel sertifikasi halal, kesadaran halal, dan celebrity endorse secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dari hasil tersebut menjawab bahwa sertifikasi halal, kesadaran halal, dan celebrity endorse berpengaruh positif signifikan sebesar 51,4% terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini berkontribusi terhadap kajian-kajian produk halal, sertifikasi halal dan kesadaran terhadap pemanfaatan produk halal di masyarakat serta isu tentang fenomena celebrity endorse dalam mempromosikan produk halal di masyarakat.


Keywords


Halal Certification, Halal Awareness, Celebrity Endorse, Purchasing Decision.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. A., T. N. T. Abaidah, dan M. H. A. Yahya. “A study on halal food awareness among Muslim customers in Klang.(pp. 1073–1087).” Klang, Malaysia, 2013.

Aziz, Yuhanis Abdul, dan Nyen Vui Chok. “The Role of Halal Awareness, Halal Certification, and Marketing Components in Determining Halal Purchase Intention Among Non-Muslims in Malaysia: A Structural Equation Modeling Approach.” Journal of International Food & Agribusiness Marketing 25, no. 1 (Januari 2013): 1–23. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.723997.

Belch, George E., dan Michael A. Belch. Introduction Ad and Promotion. An Integrated Marketing. USA: McGraw Hill Company, 2001.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. A framework for marketing management. Pearson Boston, MA, 2016.

Lada, Suddin, Geoffrey Harvey Tanakinjal, dan Hanudin Amin. “Predicting Intention To Choose Halal Products Using Theory of Reasoned Action.” International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management 2, no. 1 (3 April 2009): 66–76. https://doi.org/10.1108/17538390910946276.

Levy, Michael, Barton A. Weitz, Dhruv Grewal, dan Michael Madore. Retailing management. Vol. 6. McGraw-Hill/Irwin New York, 2012.

Mandasari, Yasmirah. “Sanksi Pidana Terhadap Kandungan Non Halal Terhadap Produk Makanan Bersertifikat Halal Yang Dilakukan Korporasi.” Soumatera Law Review 2, no. 2 (20 November 2019): 258. https://doi.org/10.22216/soumlaw.v2i2.4339.

Morrisan, M. A. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Pambudi, Bonus Giwang. “Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Mie Instan (Studi Pada Pemuda Muslim Bandar Lampung).” Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2018.

Salehudin, Imam, dan Basuki Muhammad Mukhlish. “Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan di Lapangan.” SSRN Electronic Journal, 2012. https://doi.org/10.2139/ssrn.1752567.

Sarwat A. Halal atau Haram. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.

“Sertifikasi Halal untuk Bahan Baku Zoya | Republika Online.” Diakses 11 Juni 2022. https://www.republika.co.id/berita/o2b9t0384/sertifikasi-halal-untuk-bahan-baku-zoya.

Shaari, Jamal Abdul Nassir, dan N. S. Mohd Arifin. “Dimension of halal purchase intention: A preliminary study,” 2009.

Shimp, Terence A. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Ke-5, Jilid I. Alih Bahasa: Revyani Sahrial Dyah Anikasari. Editor: Nurcahyo Mahanani. Jakarta: Erlangga, 2003.

Sugiyono, Prof. Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Widyaningrum, Premi Wahyu. “Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah di Ponorogo).” Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia 6, no. 2 (2016): 16.

Yunus, Nor Sara Nadia Muhamad, Wan Edura Wan Rashid, Norafifa Mohd Ariffin, dan Norhidayah Mohd Rashid. “Muslim’s purchase intention towards non-Muslim’s Halal packaged food manufacturer.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 130 (2014): 145–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.