Analisis Terhadap Perbedaan Susunan Adad dan Ma’dud Di dalam Al-Qur’an

Nurul Hikmah

Abstract


Peneliti menemukan perbedaan antara aturan gramatikal tentang susunan adad dan ma’dud  dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, penting bagi peneliti untuk membahas topik ini karena susunan adad dan ma’dud beserta pengoperasiannya terdapat dalam Al-Qur’an. Peneliti membahas tentang adad dan ma’dud dari bilangan 11 sampai seterusnya didalam Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sususan adad dan ma’dud dari bilangan 11 sampai seterusnya didalam Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian Literatur dengan pendekatan kualitatif. Data pokoknya adalah ayat Al-Qur'an. Sub data yang diperlukan pada penelitian ini adalah kata adad dan ma’dud didalam Al-Qur’an. Metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data ini adalah metode pengumpulan studi literatur yang memiliki relevansi terkait dengan pembahasan adad dan ma’dud. Metode yang digunakan peneliti untuk menganalisis data ini adalah metode analisis konten. Hasil penelitian ini adalah terdapat tujuh pola adad murakkab, tiga belas pola adad mufrad, dua pola adad ma’tufh, dan dua belas pola adad mudhaf didalam Al-Qur’an. Selain daripada itu, terdapat perbedaan antara pola adad dan ma’dud didalam Al-Qur’an terhadap kaidah bahasa arab pada pola susunan adad dan ma’dud.  Sebagai berikut: Dua puluh orang yang sabar termasuk adad mufrad, seratus orang yang sabar termasuk adad mudhaf, tiga ratus ditambah Sembilan termasuk adad mudhaf dan adad ma’thuf, dua belas suku kabilah yahudi termasuk adad murakkab.


Keywords


Adad dan Ma’dud, Al-Qur’an Al-Karim.

Full Text:

PDF

References


Audani, Farhan Zaky, and Bety Istif Fani. “PEMIKIRAN NAHWU IMAM AS-SHANHAJI DALAM KITAB Al- AJURRUMIYAH,” 2021, 9.

Hafid, Karim. “RELEVANSI KAIDAH BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI AL-QUR’AN” 4 (2016): 13.

Hasan, Hasan. “KETERAMPILAN MENGAJAR BAHASA ARAB MATERI ISTIMA MENGGUNAKAN MEDIA LAGU.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, October 5, 2018, 127. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.7.

Misbahuddin, Iing. “Makna Bilangan Angka Dalam Al-Qur’an” 3, no. 1 (2011): 60.

Mualif, A. “Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu dalam Pendidikan Bahasa Arab” 1, no. 1 (2019): 11.

Murdani Z, Edy. “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SAMARINDA 2018.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, December 15, 2018, 107. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.59.

Nasution, Sri Wahyuni. “JURUSAN TADRIS MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN,” n.d., 197.

Nimah, Siar. “Eksistensi Angka Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 2 (April 22, 2020): 1–19. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v4i2.228.

Nurhayati, Fitri. “PEMBELAJARAN ILMU NAHWU DENGAN METODE QURANI” 1, no. 1 (2020): 4.

Rusydi, Akhmad. “TAFSIR AYAT KAUNIYAH.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, October 18, 2018. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.56.

Setiadi, Andri, and Salman Salman. “Islamic Youth Education Curriculum In The Qur’an.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16, no. 2 (February 27, 2022): 661. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.932.

Syauqillah, Dzati, Irpan Hilmi, and Yogi Hasbi Sidiq. “‘ADAD DAN MA’DUD DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA (ANALISIS KONTRASTIF)” 2, no. 1 (2021): 9.

Zubaidillah, Muh Haris. “Pengantar Ilmu Nahwu Belajar Bahasa Arab Sampai Bisa.” Preprint. Open Science Framework, July 22, 2018. https://doi.org/10.31219/osf.io/gm5e7.

أبو حيان الأندلسي. “التذليل والتمكيل.” مكتبة دار كنوز إشبيليا للنشر والتوزسع: 2010 م.

بهاء الدين. شرح ابن عقيل. الطبعة السادسة: دار الكتب العلمية, 2008.

عبدالرحمن عبداهلل حممد الفكي. “وهذا الإعجاز برهان قاطع على أن القرآن كلام الله تعالى، وأن الحق الذي يجب الإيمان به واتباعه، والحذر من مخالفته وعصيانه.

علي الجارم ومصطفى أمين. “النحو الواضح.” مكتبة بالي بوكو, دون سنة.

فؤاد نعمة. ملخص قواعد اللغة العربية. بيروت: دار الثقافة الإسلامية.

محيي الدين الدروس. إعراب القرآن الكريم وبيانه.

مصطفى الغليني. “جامع الدروس العربية.” لبنان: دار الكتب العلمية, 2009.

نور الدين عتر. “علوم القرآن الكريم.” دمشق: الضيبل, 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.