Peran Konselor Dalam Membentuk Pribadi Muslim Peserta Didik SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Arfani Fernando Fahmi, Susi Mareska, Emmi Kholilah Harahap, Hasep Saputra

Abstract


Hasil pengamatan pada peserta didik di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara mengalami berbagai problem diantaranya, berkata tidak sopan, membolos pada saat jam pelajaran dan mencontek pada saat ujian. Permasalahan yang dialami peserta didik tidak mencerminkan bagaimana pribadi muslim sebenarnya. Kepribadian muslim merupakan efek sinergis antara cara berpikir dan pola sikap seseorang berdasarkan keyakinan dan nilai-nilai Islam. Maka dari itu dibutuhkannya optimalisai peran guru bimbingan dan konseling disekolah untuk membentuk pribadi muslim yang ideal. Penelitian ini menggunakan metode studi kualitatif dengan desain studi kasus yang menggunakan studi kasus ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, triangulasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil survei menunjukkan bahwa peran guru BK dalam membentuk kepribadian muslim siswa adalah bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melaksanakan program membaca Alquran pada jam pelajaran pertama, senantiasa memberikan contoh yang baik pada peserta didik, menyampaikan ayat AlQur’an pada saat pemberian layanan, bekerja sama dengan sekolah dan guru agama Islam untuk menerapkan shalat dhuha, serta guru bimbingan dan konseling dapat menjadi berbagai tokoh sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


Keywords


Konselor, Muslim, SMKN 1 Kotabumi

Full Text:

PDF

References


File:///C:/Users/Hewlett-Packard/Downloads/31687-37932-1-Pb.Pdf, And File:///C:/Users/Hewlett-Packard/Downloads/4043-13492-1-Pb.Pdf. “Ayanan Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus.” Skripsi, 2021, 6.

Hasil Observasi Di Smk Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara

Islam, Jurnal Pendidikan, Membentuk Kepribadian, And Muslim Peserta. “Al-Ishlah,” 2020, 117–31.

Jhon W Creswell, Research Desigen Pendekatan Kuaitatif, Kuantitatif Dan Mixed, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009), H.267-270

Kamaluddin, H. “Bimbingan Dan Konseling Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 17, No. 4 (2011): 447. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V17i4.40.

Muhrin. “Akhlak Kepada Diri Sendiri.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10 (2020): 1–7. Https://Www.Google.Com/Url?Sa=T&Rct=J&Q=&Esrc=S&Source=Web&Cd=&Cad=Rja&Uact=8&Ved=2ahukewjjgmzv0o3zahxsr30khqxocdwqfnoecaiqaq&Url=Https%3a%2f%2fjurnal.Uin-Antasari.Ac.Id%2findex.Php%2ftiftk%2farticle%2fdownload%2f3768%2f2090&Usg=Aovvaw1jaeuqew5sakiclxppqh.

Rohman, Anas. “Peran Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pendidikan.” Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 4, No. 1 (2018): 136. Https://Doi.Org/10.31942/Pgrs.V4i1.1731.

Saifurrahman, Saifurrahman. “Pembentukan Kepribadian Muslim Dengan Tarbiyah Islamiyah.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1, No. 1 (2016): 65–76. Https://Doi.Org/10.48094/Raudhah.V1i1.8.

Serdar, Didem. “Hubungan Self Control.” Sustainability (Switzerland) 11, No. 1 (2019): 1–14. Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.

Warasto, Heru Nugroho. “Pembentuk Akhlak Siswa.” Jurnal Mandiri 2, No. 1 (2018): 65–86.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.