Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Terjemah Alquran Di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Dan Sekolah Menengah Atas Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Rahmad Hidayat, Muhammad Ihsanul Arief

Abstract


Metode Tamyiz merupakan pembelajaran tentang masalah Alquarn. Lebih tepatnya metode pembelajaran tentang menerjemahkan Alquran. Pembelajaran terjemah Alquran dengan menggunakan Metode Tamyiz mempunyai prinsip pengajaran tersendiri. Prinsip pengajarannya menggunakan Neuro Linguistic dan pengajar harusfun and active teacher. Pengajarmya jauh dari perilaku kasar dan menakutkan bagi para peserta didik. Sehingga dikatakan metode yang mudah dan cepat bisa terjemah Alquran. Pengajar Tamyiz harus memberikan motivasi dalam mempelajari Alquran. Syarat belajar Tamyiz, sudah bisa membaca Alquran. Melihat dari latar belakang di atas maka muncul permasalahan untuk mengetahui tentang Bagaimana implementasi Metode Tamyiz dalam pembelajaran terjemah Alquran, dan problematika pembelajaran terjemah Alquran di SD, SMP, dan SMA Islam Sabilal Muhtadin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat studi kasus kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di LPI Sabilal Muhtadin, sangat mendukung dengan diterapkan Metode Tamyiz. Sehingga LPI Sabilal Muhtadin membuatkan kurikulum khusus untuk pembelajaran Metode Tamyiz. Implementasi penerapan Metode Tamyiz didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Yaitu adanya buku/modul tamyiz, pengeras suara, gendang, papan tulis, LCD, laptop, ATK lainnya. Proses pembelajaran Tamyiz, diawali dengan perkenalan Metode Tamyiz. Kemudian memberikan motivasi dan bimbingan serta melakukan pengulangan materi. Membacanya dengan diiringi nyanyian dan gendangan. Tenaga pendidik merupakan seorang guru Alquran yang diikut sertakan untuk mengikuti pelatihan metode tamyiz. Baik itu di Indramayu ataupun yang dilaksanakan oleh Sekolah Islam Sabilal Muhtadin. Mereka merupakan guru Metode Tamyiz, bahkan ada yang berlisensi. Sedangkan untuk peserta didik sendiri diwajibkan mengikuti Metode Tamyiz Mereka merasa termotivasi dan menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran metode tamyiz. Sedangkan Problematika Implementasi Metode Tamyiz pada sarana dan prasarana tidak ada. Tapi proses pembelajaran kurangnya waktu pembelajaran Metode Tamyiz. Sedangkan tenaga pendidik belum ada problematika. Namum problematikanya ada pada peserta didik yang masih ada kurang lancar BTA, bukan alumni Sekolah Islam Sabilal Muhtadin, belum paham menggunakan kamus kawkabin. Untuk mengatasi problematika tersebut pihak Sekolah melaksanakan kelas tambahan bagi peserta didik yang kurang lancar BTA dan peserta didik yang bukan alumni SD, SMP, dan SMA Islam Sabilal Muhtadin.


Keywords


Implementasi, Metode Tamyiz, Terjemah Alquran

Full Text:

PDF

References


Abaza, MM.,Tamyiz, Terjemah Qur’an 30 Juz dan Kitab Kuning, Jakarta : Tamyiz Publising, Cek. II, 2011.

Akhsin Sakho Muhammad dan Abaza, MM, Kawkaban, Kamus Pintar Tarjamah Qur’an 30 Juz, Jakarta : Tamyiz Publising, Cek. I, 2010

Anshorî, Sakut, Teknik, Metode dan Ideologi Penerjemahan Buku Economic Concepts of Ibn Taimiyah ke dalam Bahasa Indonesia dan Dampaknya pada Kualitas Terjemahan, Surakarta: Program Pascasarjana, Tesis, Thn. 2010.

Al Bukhârî, Abî Abdirrahman Muhammad bin Ismâ’il, Matan Al Bukhârî, Bandung : CV Diponegoro, No. hadis 4704, Juz III, t.th.

Laksono, Puji, Analisis Metode Penerjemahan dalam Menerjemahkan Novel Revolusi di Nusa Damai ke Revolt in Paradise, Wonosobo: Jurnal PPKM UNSIQ I, 2014.

Lubis, Ismail, M.A, Salsifîkasi Terjemahan Alquran, Depag Edisi 1990, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 2001.

Mukroji, Metode Tamyiz, Sebuah Formulasi Teori Nahwu Sharaf Quantum, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 1 Mei, 2014.

Al Qaththan, Syaikh Manna’, Pengantar Studi Ilmu Alquran, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.

Ratih, Arini Rena, Studi Penerapan Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Terjemah Alquran di Mi Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta, Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Agama Islam, 2014.

Sarotun, Efektivitas Metode Tamyiz dalam Pembelajaran Alquran dan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Bayt Tamyiz Desa Sukapernah, Indramayu, Jakarta : STAINU, Skripsi 2014.

Subakir, Efektivitas Metode Tamyiz dalam Pengembangan Keterampilan Menerjemah Alquran (Studi di Pondok Pesantren Bayt Tamyiz Indramayu), Institut Ilmu Alquran Jannatu Adnin Kendari, t.th.

Syarifuddin, Ahmad, Mendidik Anak, Membaca, Menulis, dan Mencintai Alquran. Jakarta: PT Gema Insani, 2004

Zaini, Syahminan, Kewajiban Orang Beriman Terhadap Al- Qur’an, Surabaya : Al-Ikhlas, 1982

http://sabilalmuhtadin.sch.id/smk/newsdetail.cfm?judul=307#sthash.te9Rfl1q.dpuf/diakses/kamis 19-01-2017

http://www.cintaquran.com/staff/ust-h-abu-nibras diakses tanggal 20-06-2016




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.