Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik Pada Pemahaman Konsep Dan Penyelesaian Soal Soal Hitungan

Heni Susanty

Abstract


Menyadari belum optmalnya kemampuan peserta didik pada penyelesaian soal soal hitungan kimia stoikiometri dan konsep mol yang ditandai dengan masih rendahnya ketuntasan kelas rata-rata 60% - 65% peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan , menuntut guru melakukan perbaikan pembelajaran, agar kemampuan peserta didik terhadap materi stoikiometri perhitungan kimia konsep mol dapat meningkat. Selama ini, guru hanya menyajikan pembelajaran tentang soal soal perhitungan kimia  stoikiometri perhitungan kimia konsep mol hanya dengan menggunakan metode ceramah dan metode penugasan tanpa refleksi sehingga peserta didik  tidak aktif dan tida mendapat pengalaman belajar yang bermakna sesuai dengan konteks dan pengalamamnnya sehari-hari. Oleh karena itu kemampuan dan aktifitas peserta didik perlu ditingkatkan. Fakta-fakta yang mengindikasikan adanya kesulitan belajar kimia
Untuk memberikan gambaran tentang kesulitan belajar kimia, beberapa informasi telah dikumpulkan dari mailing list para penggemar kimia, penelitian-penelitian (mahasiswa S1, S2 dan S3)  dan informasi lain yang yang mengindikasikan adanya kesulitan belajar. Informasi yang ditemukan ada yang berupa data-data kuantitatif, seperti prosentase siswa yang berhasil mengerjakan tes, nilai rata-rata ujian, atau dapat berupa data kualitatif dari hasil angket dan wawancara dengan siswa yang berupa bentuk-bentuk kesulitan belajar. Kesulitan yang dialami siswa adalah: 1) Dirasa sulit memnghubungkan antar konsep; 2) Diperlukan kemampuan dalam memanfaatkan kemampuan logika matematika dan bahasa (tidak semua siswa punya 3 kemampuan sekaligus); 3) Perlu daya juang yang tinggi dalam memahami dan menyelesaikan setiap soal. 4) Pemahaman antara teori dan praktik sering tidak nyambung. kemampuan matematikanya  rendah  cenderung tidak tertarik untuk mempelajari kimia. Masalah lain juga ditemui di pelosok-pelosok daerah kebanyakan peseta didik  kurang memenuhi prasyarat belajar kimia seperti matematika, logika dan bahasa. Memang kimia tidak melulu matematika, tetapi juga berisi konsep lain yang tidak selalu berbau matematik.


Keywords


Problema Pembelajaran Kimia, Konsep Dan Penyelesaian Soal Soal

Full Text:

PDF

References


Abin, Syamsuddin Makmun. Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Arifin, Mulyati. “Common Textbook Strategi Belajar Mengajar Kimia.” Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI, Bandung, 2003.

Dahar, Ratna Wilis, dan Yayat Sri Hayati. Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2011.

Djajadisastra, Jusuf. Metode Mengajar. Bandung: Aksara, 1985.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Johnstone, Alex H. “The development of chemistry teaching: A changing response to changing demand.” Journal of chemical education 70, no. 9 (1993): 701.

Kementrian Pendidikan. “Standar Proses PERMENDIKBUD Nomor 65 Tahun 2013.” INA-Rxiv, 2013.

“Kesulitan Belajar Siswa,” t.t. www.widatra.or.id/index.php 6 Agustus 2008.

Mortimer, Charles E. Chemistry : A Conceptual Approach. Yogyakarta: Kanisius, 1979.

Nurdin, Syafruddin, dan Andriatoni. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Qodratillah, Meity Taqdir, Ganjar Harimansyah, Menuk Hardaniwati, Cormentyna Sitanggang, Hari Sulastri, Adi Budiwiyanto, Dora Amalia, Azhari Dasman Darnis, dan Dewi Puspita. Kamus bahasa indonesia untuk pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2011.

Suyanti, Retno Dwi. Strategi pembelajaran kimia. Vol. 46. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com