Kebijakan Pendidikan Islam Kejuruan Di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong

Babara Susyanto, Budiman Budiman, Lukman Asha, Hendra Harmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan Pendidikan Islam di SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Bagaimana lulusan siswa berdasarkan bekal agama yang dimilikinya. Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam di SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Apa saja prestasi yang sudah didapatkan siswa-siswi dari masing-masing jurusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data adalah observasi dengan wawancara serta dokumentasi. Sedangkan sasaran lokasi penelitian adalah di SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Penelitian ini menghasil kan beberapa kebijakan sebagai berikut : Pemangku kebijakan di SMKIT Khoiru Ummah dalam kebijakan pendidikan Islam dirumuskan kepala sekolah dan wakil-wakil kepala sekolah dan para dewan guru, kebijakan pendidikan Islam kejuruan dengan memberdayakan berbagai unsur kekuatan yang menentukan proses keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama dengan dipilihnya program spesifik bersifat harian, bulanan dan tahunan. Lulusan SMKIT Khoiru Ummah ketika mereka lulus mereka sudah dibekali dengan ilmu agama yang diajarkan oleh guru-guru selama 3 tahun melalui pembiasaan yang sudah ditanamkan sejak di sekolah. Dalam Implementasi pendidikan Islam SMKIT Khoiru Ummah dalam aplikasinya pendidikan Islam mengembangkan muatan pelajaran dan ekstrakurikuler wajib, sehingga kegiatan siswa selama di SMK IT Khoiru Ummah tidak terlepas dari nilai-nilai Islami. Prestasi siswa sangat banyak dari level kabupaten, level kota provinsi dan tingkat nasional dari berbagai cabang perlombaan yang diikuti.


Keywords


Kebijakan, Pendidikan Islam Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Albert Hendra Wijaya, 2011, Kejujuran Dalam Pendidikan, Jurnal Innovatio, Vol. X, No: 1, h. 5

Bukhari, 2017, Pendidikan Kejujuran Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Jurnal EduTech : Student of Doctoral University of Ibn Khaldun Bogor ISSN: 2442-6024, Vol. 3 No. 1, h. 40

Departemen Pendidikan Nasional, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. BAB I, Pasal 1, ayat 11.

Endah Sulistiowati, 2012, Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter Yogyakarta: Citra Aji Parama

Fatkuroji 2012, "Kebijakan Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Minat Konsumen Pendidikan ", Nadwa, Vol. VI, No. 2, h. 252

Helmawati, 2013, Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim:Peran aktif Majelis Ta’lim Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Helmawati, 2015, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Agama Islam Bandung: Remaja Rosdakarya

M. Hasbullah, 2015, Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Inndonesia. Jakarta: Rajagrafindo

Riant Nugroho, 2013, Kebijakan Pendidikan Yang Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syaiful Sagala, 2008, Administrasi Pendidikan Kontemporer Bandung: Al-Fabeta

Undang-undang Nonor 20 Tahun 2003

Wawancara dengan Bayu sebagai Waka Kesiswaan SMK IT Khoiru Ummah, tanggal 10 Oktober 2021 dikantor SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong

Wawancara dengan Fridiyanto Cahyono, Guru Pendidikan Agama Islam di SMK IT Khoiru Ummah, tanggal 10 Oktober 2021

Wawancara dengan Rajab Effendi, kepala sekolah SMK IT Khoiru Ummah, diruangan kepala sekolah pada tanggal 10 Oktober 2021

Wawancara dengan Yedi Doresking sebagai Waka Kurikulum SMK IT Khoiru Ummah, tanggal 10 Oktober 2021 dikantor SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong

William N Dunn, 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik Yogyakarta: Gajah Mada university Press

Warlizasusi, Jumira. “Reformasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Rejang Lebong.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 125. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.243.

Erdiyanto, Lukman Asha, Warsah Ida, and Hamengkubuwono. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri O2 Lebong, Bengkulu.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–99. https://doi.org/10.30868/im.v3i02.840.

Oktari, Wela, Hendra Harmi, and Deri Wanto. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2020): 13. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.13-28.

Warlizasusi, Jumira. “Reformasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Rejang Lebong.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 125. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.243.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.