Peran BPKAD Dalam Penyajian Data Keuangan Daerah Yang Transparan Dan Akuntabel

Elmi Hakim Sabili, Suci Nasehati Sunaningsih

Abstract


Pelaporan Laporan Keuangan Daerah merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban Pemerintah Daerah kepada masyarakat. Dalam menginformasikan laporan keuangan, sudah menjadi kewajiban Pemerintah Daerah untuk berpegang pada asas transparansi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transparansi dalam Pelaporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah selama 5 tahun terakhir, serta peran BPKAD Kota Magelang dalam menyajikan informasi yang transparan. Peneliti ingin melihat bagaimana peran BPKAD dalam menyajikan laporan keuangan pemerintah Kota Magelang, khususnya saat terjadi pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data sekunder berupa laman resmi BPKAD dan laporan yang terdapat dalam setiap bagian BPKAD di bagian publikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa BPKAD telah memberikan laporan secara berkala dari 2017 hingga 2020, dari segi transparansi pada laman BPKAD masih ada laporan yang belum  dipublikasikan yakni laporan untuk tahun 2021, sedangkan untuk aksesbilitas, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait laporan keuangan melalui laman resmi BPKAD ataupun mendatangi secara langsung ke kantor BPKAD.


Keywords


Transparansi, Aksesibilitas Laporan Keuangan, BPKAD.

Full Text:

PDF

References


Apriliani, N. K., Sujana, E., & Yuniarta, G. A. (2015). Pengaruh Penyajian Laporan Keuagan, Karakteristik Kualitatif, dan Aaksesibilitas Terhadap Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Klungkung). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3 No. 1.

BPKAD Kota Magelang. (2022). Retrieved from magelangkota.go.id: http://bpkad.magelangkota.go.id/

Fauzi, A. (2019). Otonomi Daerah Dalam Kerangka Mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Yang Baik. Jurnal Spektrum Hukum, 119-136.

Jayanti, I. P., Sjamsuddin, S., & Wachid, A. (2014). Reformasi Pengelolaan Keuangan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Transparansi dan Akuntanbilitas (Studi Pada Pemerintah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 300-305.

Kartika, I. G., & Gorda, E. S. ( 2022). Transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di Era Pandemi Covid-19: Peran Sistem Informasi Pemerintahan Daerah. E-Jurnal Akuntansi, 62-75.

Mardiasmo. (2002). Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Mardiasmo. (2006). Pewujudan Transparansi Dan Akuntabilitas Publik Melalui . Jurnal , Vol. 22, No. 1 .

Mulyana, B. (2006). Pengaruh Penyajian Neraca Daerah dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Akuntansi Pemerintahan, 65–75.

Nasution, D. A. (2018). Analisis Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah, Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah. Jurnal Studi Akuntansi & Keuangan, 149-162.

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 82 Tahun 2016. (n.d.). Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 82 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Tengah. (n.d.).

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. (n.d.).

Sumarwati, E. D., & Kusasih, I. A. (2018 ). Analisis Aparatur Pemerintah Dalam Penyususnan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wonososbo). Buletin Ekonomi, 137-261.

Sumarwati, Eka, & Kusasih. (2018). Analisis Aparatur Pemerintah Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo). Buletin Ekonomi, 137-261 .

Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. (n.d.).

Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (n.d.).

Wismaningtyas, T. A., & Kurniasih, Y. (2021). Analisis Ketercapaian Implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Pemerintah Kota Semarang (Studi Kasus: Organisasi Perangkat Daerah dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Semarang). Journal of Public Administration and Local Governance, 33–42.

Yuliani, N. L. (2017). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan, Karakteristik Kualitatif, Aksesibilitas, dan Pengendalian Internal Terhadap Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Bisnis dan Ekono (JBE), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.