Efektifitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa

Aframa Yeni, Idy Wardah, Sutarto Sutarto, Febriansyah Febriansyah

Abstract


Motivasi dan kemandirian belajar siswa sangat penting dalam membantu siswa untuk memperoleh hasil belajar dengan baik dan belajar itu salah satu tugas utama siswa. Kenyataannya, ditemukan fenomena motivasi dan kemandirian belajar siswa yang rendah di SMA Negeri 08 Rejang Lebong,  keinginan siswa kurang untuk belajar, kurangnya pemahaman siswa dalam belajar. Salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling  yang bisa digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa di sekolah adalah layanan informasi dengan media audio visual. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat  peningkatan motivasi dan kemandirian belajar siswa sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pemberian layanan informasi dengan media audio visual. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap apakah ada terdapat  perbedaan motivasi dan kemandirian belajar siswa sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pemberian layanan informasi dengan media audio visual  di SMA Negeri 08 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model Quasi Eksperiment dengan  One Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 08 Rejang Lebong dengan jumlah siswa 102 orang dan sampel sebanyak 32 orang yang ditentukan secara purposive. Cara pengumpulan data melalui skala  Likert. Data dianalisis dengan menggunakan Paired Sampels T-Test dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum layanan informasi dengan media audio visual efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa di sekolah. Secara khusus terdapat perbedaan motivasi dan kemandirian belajar siswa di sekolah pada pre-test dan post-test setelah pemberian perlakuan menggunakan layanan informasi dengan media audio visual. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kemandirian belajar siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan media audio visual. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya melaksanakan layanan informasi dengan media audio visual di sekolah oleh konselor sekolah sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa di sekolah.


Keywords


Layanan Informasi, Motivasi, Kemandirian Belajar, Media Audio Visual

Full Text:

PDF

References


_______. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

_______. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling (Pendidikan Profesi Konseling). Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

________. 2011. Assessment dan Evaluasi Pendidikan. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negari Padang.

________. 2013. Metodologi Penelitian. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

_________. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

­_________. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Abdullah. 2001. Belajar dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. & Rohani, H. M. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2003. Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. 1997. Strategi Belajar-Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Akhmad. 2007. Aplikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsayd, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Boud, D. 1988. Moving Towards Autonomy In: Boud, D. Ed. Developing Student Autonomy Inlearning. 2 nd edition. London: Kogan Page.

Brockett, R. G. & Hiemstra, R. 1991. A conceptual framework for understanding selfdirection in adult learning In: Self-Direction in adult learning: perspectives on theory, research, and practice. London: Routledge.

Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ellis, H. C. 1978. Fundamentals of Human Learning, Memory, and Cognition. Iowa: C. Brown Company Publisher.

Gladding, S. 2009. Counselling a Comprehensive Profesional. New Jersey: Upper Saddle River.

Goldstein, G. & Hersen, M. 2000. Handbook of Psychological Assessment. Oxford: Pergamon.

Gow, L. & Kember, D. 1990. Does higher education promote independent learning? Higher Education.

Gredler, M. E. 2011. Learning and Intruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Group.

Hallen, A. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Hamzah, B. U. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hintzman, D. L. 1978. The Psychology of Learning and Memory. San Francisco: W.H. Freeman & Company.

Hurlock, E. B. 1980. Developmental Psychology (A life-span Approach). McGraw-Hill.

Irianto, A. 2010. Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembanganya). Jakarta: Kencana.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Klausmeier, H. J. 1985. Education Psychology. New York: Happer and Row Publishers.

Knight, P. 1996. Independent Study, Independent Studies And ‘Core Skills’ In Higher Education. in: Tait, J and Knight, P. eds. 1996. The Management Of Independent Learning. London: Kogan Page in association with SEDA.

Knowles, M. 1975. Self-directed Learning: A Guide For Learners And Teachers. Chicago: Follett Publishing Company.

Little, D. 1990. Autonomy In Language Learning: Some Theoretical And Practical Considerations In: Gathercole, I Ed. Learning Foreign Languages From Authentic Texts. Dublin: Authentik, in association with CILT, London.

Mangkuatmodjo, S. 1997. Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mappiare, A. T. 1992. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Michelle, O. D. 2006. Learn Higher: The University of Manchester.

Mudjiman, H. 2007. Belajar Mandiri. Yogyakarta : UNY Press.

Nikmarijal. 2012. Peningkatan Self-Esteem dengan Layanan Informasi Bermuatan Cinematherapy. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Prayitno & Amti, E. 1999. Dasar Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2004. Seri Layanan konseling dan Seri Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko, B. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Ridwan, B. 2013. Media Pembelajaran. STAIN Salatiga.

Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso, S. 2014. Statistik Parametrik. Jakarta: Media Komputindo.

Sardiman, A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. 1996. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis.

Singgih, D. G. 1981. Psikologi Perkembagan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Subrata, S. 1995. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabet.

Sukardi, D. K. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT. Ufuk House.

Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Syah, M. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taufik. 2009. Model-Model Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Usman, H. 2012. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. 1969. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Yasbit Fak. Psikologi Universitas Gajah Mada.

Willis, S. 2007. Konseling Individu (Teori dan Praktek). Bandung: CV. Afabet.

Winkel, W. S. 1997. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, A. M. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

_______. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

_______. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling (Pendidikan Profesi Konseling). Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

________. 2011. Assessment dan Evaluasi Pendidikan. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negari Padang.

________. 2013. Metodologi Penelitian. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

_________. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

­_________. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Abdullah. 2001. Belajar dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. & Rohani, H. M. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2003. Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. 1997. Strategi Belajar-Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Akhmad. 2007. Aplikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsayd, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Boud, D. 1988. Moving Towards Autonomy In: Boud, D. Ed. Developing Student Autonomy Inlearning. 2 nd edition. London: Kogan Page.

Brockett, R. G. & Hiemstra, R. 1991. A conceptual framework for understanding selfdirection in adult learning In: Self-Direction in adult learning: perspectives on theory, research, and practice. London: Routledge.

Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ellis, H. C. 1978. Fundamentals of Human Learning, Memory, and Cognition. Iowa: C. Brown Company Publisher.

Gladding, S. 2009. Counselling a Comprehensive Profesional. New Jersey: Upper Saddle River.

Goldstein, G. & Hersen, M. 2000. Handbook of Psychological Assessment. Oxford: Pergamon.

Gow, L. & Kember, D. 1990. Does higher education promote independent learning? Higher Education.

Gredler, M. E. 2011. Learning and Intruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Group.

Hallen, A. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Hamzah, B. U. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hintzman, D. L. 1978. The Psychology of Learning and Memory. San Francisco: W.H. Freeman & Company.

Hurlock, E. B. 1980. Developmental Psychology (A life-span Approach). McGraw-Hill.

Irianto, A. 2010. Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembanganya). Jakarta: Kencana.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Klausmeier, H. J. 1985. Education Psychology. New York: Happer and Row Publishers.

Knight, P. 1996. Independent Study, Independent Studies And ‘Core Skills’ In Higher Education. in: Tait, J and Knight, P. eds. 1996. The Management Of Independent Learning. London: Kogan Page in association with SEDA.

Knowles, M. 1975. Self-directed Learning: A Guide For Learners And Teachers. Chicago: Follett Publishing Company.

Little, D. 1990. Autonomy In Language Learning: Some Theoretical And Practical Considerations In: Gathercole, I Ed. Learning Foreign Languages From Authentic Texts. Dublin: Authentik, in association with CILT, London.

Mangkuatmodjo, S. 1997. Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mappiare, A. T. 1992. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Michelle, O. D. 2006. Learn Higher: The University of Manchester.

Mudjiman, H. 2007. Belajar Mandiri. Yogyakarta : UNY Press.

Nikmarijal. 2012. Peningkatan Self-Esteem dengan Layanan Informasi Bermuatan Cinematherapy. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Prayitno & Amti, E. 1999. Dasar Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2004. Seri Layanan konseling dan Seri Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko, B. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Ridwan, B. 2013. Media Pembelajaran. STAIN Salatiga.

Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso, S. 2014. Statistik Parametrik. Jakarta: Media Komputindo.

Sardiman, A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. 1996. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis.

Singgih, D. G. 1981. Psikologi Perkembagan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Subrata, S. 1995. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabet.

Sukardi, D. K. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT. Ufuk House.

Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Syah, M. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taufik. 2009. Model-Model Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Usman, H. 2012. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. 1969. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Yasbit Fak. Psikologi Universitas Gajah Mada.

Willis, S. 2007. Konseling Individu (Teori dan Praktek). Bandung: CV. Afabet.

Winkel, W. S. 1997. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, A. M. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.