Penerapan Aspek Pemerintahan Milik Rakyat Dan Pemerintahan Mengacu Pada Pasar Dalam Konsep Reinventing Government Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran

Mita Fathari Ramadhani, Faizal Pikri, Idah Wahidah

Abstract


Pada Tahun 2020 Kabupaten Pangandaran berhasil menduduki peringkat pertama sebagai daerah wisata di Jawa Barat di antara kabupaten/kota lainnya yang banyak dikunjungi pengunjung lokal. Kabupaten Pangandaran memiliki penduduk yang dinamis dan kompleks akan tetapi pemanfaatan dan pemberdayaan potensi alam, budaya maupun manusianya kurang optimal. Objek wisata pantai di Kabupaten Pangandaran mendominasi pilihan destinasi wisata sehingga objek wisata lainnya seperti desa wisata, wisata kuliner, cagar alam, dan wisata alam tidak terlalu dikenal oleh publik terutama oleh masyarakat di luar Kabupaten Pangandaran. Padahal, destinasi wisata selain objek wisata pantai di Kabupaten Pangandaran memiliki potensi yang tidak kalah besar. Selain itu para pelaku usaha jasa pariwisata dan media massa yang masih belum cukup optimal untuk membentuk citra kepariwisataan di kabupaten Pangandaran, Dengan demikian penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aspek Pemerintahan Milik Rakyat Dan Aspek Pemerintahan Mengacu Pada Pasar Dalam Konsep Reinventing government Di Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan aspek pemerintahan milik rakyat dan aspek pemerintahan mengacu pada pasar sudah diterapkan dengan baik namun belum masih optimal karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui program-program yang diadakan oleh pihak Dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Pangandaran.


Keywords


Masyarakat, Pariwisata, Reinventing Government

Full Text:

PDF

References


Akbar, Mohammad. “Penerapan Prinsip Prinsip New Public Management dan Governance dalam Reformasi Administrasi.” Reformasi 5, no. 2 (2015).

Anggara, Sahya. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015.

Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat. “Jumlah Pengunjung Ke Objek Wisata Berdasarkan Jenis Wisatawan Di Jawa Barat.” Open Data jabar, 2021.

Hendriyani, I Gusti Ayu Dewi. “Siaran Pers: Kemenparekraf Luncurkan Kampanye Sadar Wisata dan Pengembangan Pemasaran Online di 6 Destinasi Prioritas.” https://kemenparekraf.go.id/, 2022.

Lustiadi, Yadi. “Aplikasi Konsep Reinventing Government, Good Governance dan New Public Service dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Tenggamus Provinsi Lampung.” Jurnal Kebijakan dan Pelayanan Publik 2, no. 1 (2016).

Mashuda, Ali, Taufik Ade Irawan, dan Ridha Nurul Ihsan. “Tinjauan Regulasi Tol Laut Berdasarkan Teori Reinventing Government (Sea Toll Regulation Review Based on Reinventing Government Theory).” Rechts Vinding 8, no. 2 (2019).

Muftiadi, Anang. “Pengembangan Desa Wisata dan Potensinya di Kabupaten Pangandaran.” Jurnal AdBispreneur 2, no. 2 (2017).

Osborne, David, dan Ted Gaebler. Mewirausahakan Birokrasi : Reinventing Government, Mentransformasi Semangat Wirausaha ke Dalam Sektor Publik. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1996.

Setiono, Dedy. “Analisis Penerapan New Public Management (NPM) Sebagai Kerangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Balai Kesehatan/Rumah Sakit.” AKTIVA Jurnal Akuntansi dan Investasi 3, no. 2 (2019).

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.

Siren, dan Irwan Sinaga. “Penerapan Reinventing Government (Mewirausahakan Birokrasi) di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.” Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi 3, no. 2 (2017).

Wijayanto, Ismuhadi Heru, Agus Suryono, dan Sukanto. “Pengembangan Potensi Pariwisata dalam Perspektif Reinventing Government (Studi di Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan).” Jurnal Administrasi Publik 1, no. 6 (2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.