Karakter Konselor Sekolah : Menerapkan Nilai-Nilai Piil Pesenggiri Dalam Membentuk Karakter Bhinneka Tunggal Ika Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara

Arfani Fernando Fahmi, Hartini Hartini, Hendra Harmi

Abstract


Hasil pengamatan pada peserta didik di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara bahwa memang ada sebagian kecil peserta didik yang belum memahami pentingnya nilai-nilai piil pesenggiri dalam kehidupan dan fakta yang ditemukan bahwa memang masih ada beberapa peserta didik yang memang kurang memiliki karakter positif sehingga membutuhkan peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter bhinneka tunggal ika sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam piil pesenggiri. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, triangulasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan  bahwa  setelah diberikan layanan oleh guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara peserta didik menunjukan adanya perubahan karakter yang positif hal ini sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam piil pesenggiri dibuktikan dengan adanya laporan guru mata pelajaran, wali kelas serta teman sebayanya yang mengatakan adanya perubahan sikap positif yang terjadi pada peserta didik saat di sekolah seperti sopan santun, ramah tamah, bergaul dengan siapapun tanpa membeda-bedakan, serta tolong menolong antar teman dll.  sehingga dapat disimpulkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara mampu membentuk karakter bhinneka tunggal ika pada peserta didik.


Keywords


Konselor, Piil, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Andarwati, Melaningrum. “Menguatkan Karakter Bhineka Tunggal Ika Melalui Pembelajaran Sejarah Di Kelas,” n.d., 172–79.

Andi, Stkip, Matappa Pangkep, Kata Kunci, Undang-undang No, Sistem Pendidikan Nasional, Tuhan Yang, Maha Esa, et al. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Peranan Konselor Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Silvia Yula Wardani Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI Madiun Email : Via.Ardhanie@gmail.Com Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PEMBAHASA,” 2018, 12–18.

Albi Anggito and Johan Setiawan, Metode Penelitian Kualitatif, ed. Ella Deffi Lestari (Sukabumi: CV Jejak, 2018),

Arfani Fernando dkk, " Pelaksanaan Konseling Kelompok Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membangun Harmonisasi Antara Etnik Lampung Dan Etnik Jawa Pada Peserta Didik Di Sekolah “Hlm. 257-266,” no. December (2021): 257–66.

Daerah, Seni. “Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Pembentuk Jati Diri Bangsa,” 2009, 8–9.

Harmi, Hendra, Muhammad Iqbal Ramdhani, Shynta Amalia, Eka Apriani, Syafryadin Syafryadin, Dadan Supardan, and Ismat Zarin. “How Great Is the Level of Youth Cultural Sensitivity ? A Multicultural Education from One Ethnic in Indonesia” 2022 (2022).

Haryani. “Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Penguatan Pendidikan Karakter Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di Era Global, 2012.

Jhon W Creswell, Research Desigen Pendekatan Kuaitatif, Kuantitatif Dan Mixed, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009), h.267-270

Konseling, Bimbingan, D I Smp, and Negeri Rejang. “Iciegc,” no. December (2021): 1–12.

Minandar, Camelia Arni. “MAHASISWA LAMPUNG DI TANAH RANTAU” 8, no. 2 (2018): 517–26.

Piil, Mempertahankan, Pesenggiri Sebagai, Identitas Budaya, and Suku Lampung. “Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya |” 02, no. December (2020): 168–77.

Sari, Permata, Citra Tectona Suryawati, and Siti Zahra Bulantika. “Internalisasi Nilai-Nilai Piil Pesenggiri Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa SMK” 6, no. 1 (2020): 1–7.

Utama, Fitra. “Piil Pesenggiri Dalam Masyarakat Lampung : Atara Instrumen Bina Damai Atau Dalih Kekerasan Piil Pesenggiri In Lampung Comunnity : Between Peace Building Or Violence Excuse.” Kelitbangan 7, no. 2 (2019).

Yunarti, Yuyun. “Yuyun Yunarti” 11 (2014): 262–78.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.