Eksistensi Manajemen Pesantren di Era Digital

Mohammad Arief, Ridhatullah Assya'bani

Abstract


Perkembangan zaman terus terjadi dan mengalami berbagai macam perubahan sehingga menuntut agar manusia mampu beradaptasi. Dalam situasi ini, pendidikan merupakan menjadi garda untuk menjawab dan memberikan solusi terhadap tantangan dan problem yang sedang dihadapi, salah satunya pondok pesantren. Pondok pesantren di kenal sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang dipimpin oleh seorang Kyai. Manajemen pondok pesantren di perlu ditingkatkan agar eksistensinya tidak tergerus oleh berbagai macam perubahan. Oleh sebab itu di era digitalisasi ini, pondok pesantren perlu menunjukkan eksistensi sehingga pondok pesantren diharapkan memberikan solusi. Berangkat dari problema tersebut, tulisan ini ingin mengkaji secara teoritis terhadap Eksistensi Manajemen Pesantren di Era Digital melalui modernisasi komponen-komponen penting di pondok pesantren tersebut, dengan tetap menjaga sakralitas dan budaya yang terdapat dalam pondok pesantren. Selain itu juga, pembaharuan dan peningkatan terdadap sumber daya perlu ditingkat sebagai upaya regenerasi untuk meneruskan kepemimpinan yang tidak hanya eksistensinya bergantung pada kharismatik kyai, tetapi juga eksistensinya memiliki manajemen dan program yang baik

Keywords


Eksistensi; Manajemen; Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. “Sejarah Pesantren di Indonesia: Sebuah Pelacakan Genealogis.” Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ 4, no. 1 (April 30, 2020): 84–105. https://doi.org/10.35897/intaj.v4i1.388.

Alwi, B. Marjani. “Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 16, no. 2 (December 20, 2013): 205–19. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a8.

AR, Zaini Tamin. “Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren; Satu Analisis Filosofis.” El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2018): 1–21.

Arifin, Zainal. “Budaya Pesantren Dalam Membangun Karakter Santri.” Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 6, no. 1 (2017).

Azyumardi Azra. Menuju Masyarakat Madani: Gagasan, Fakta dan Tantangan. Remaja. Bandung: Rosdakarya, 2011.

Dalimunthe, Rasyid Anwar. “Pesantren: Dinamika Dan Perkembangan.” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 13, no. 1 (2019): 11–19.

Damanik, Florida Nirma Sanny. “Menjadi Masyarakat Informasi.” Jurnal SIFO Mikroskil 13, no. 1 (April 20, 2012): 73–82. https://doi.org/10.55601/jsm.v13i1.48.

F, Muhammad Charis, Muhammad Ammar A, Danar Wijokongko, dan Muhammad Faza Al-Hafizd. “Kategori Kepemimpinan Dalam Islam.” JURNAL EDUKASI NONFORMAL 1, no. 1 (March 4, 2020): 171–89.

Faris, Ahmad. “Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Pendidikan Pesantren.” ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman 8, no. 1 (June 30, 2015): 123–44.

Hannan, Abd, dan Kudrat Abdillah. “Hegemoni Religio-Kekuasaan Dan Transformasi Sosial : Mobilisasi Jaringan Kekuasaan Dan Keagamaan Kyai Dalam Dinamika Sosio-Kultural Masyarakat.” Sosial Budaya 16, no. 1 (July 31, 2019): 9–24. https://doi.org/10.24014/sb.v16i1.7037.

Haromain. “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Humaniora 1, no. 2 (2014): 136–49.

Hasan, Mohammad. “Perkembangan Pendidikan Pesantren Di Indonesia.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2015): 55–73.

Hasanah, Ulfatun. “Pesantren Dan Transmisi Keilmuan Islam Melayu-Nusantara; Literasi, Teks, Kitab Dan Sanad Keilmuan.” ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman 8, no. 2 (December 31, 2015): 203–24.

Heriyudanta, Muhammad. “Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8, no. 1 (2016): 145–72.

Herman. “Sejarah Pesantren Di Indonesia.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6, no. 2 (2013): 145–58.

Huda, Mualimul. “Eksistensi Pesantren Dan Deradikalisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 3, no. 1 (2018): 91.

Ilahi, Mohammad Takdir. “Kiai: Figur Elite Pesantren.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 12, no. 2 (2014): 137–48. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.442.

Karim, Abdul, Nur Fitri Mardhotillah, Eliya Rochmah, Kharisma Kyai, Kesalehan Sosial, dan Masyarakat Pesantren. “Dampak Kharisma Kyai Terhadap Miliu Kesalehan Sosial” 5 (January 1, 2017): 277–82.

Kariyanto, Hendi. “Peran Pondok Pesantren Dalam Masyarakat Modern.” Jurnal Pendidikan" Edukasia Multikultura" 2, no. 2 (2020): 67–82.

Kesuma, Guntur Cahaya. “Pesantren Dan Kepemimpinan Kyai.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1, no. 1 (2014): 99–117. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i1.1308.

Laksamana, Nunung. “Deradikalisasi Agama Melalui Pesantren.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 1, no. 1 (2017): 25–44.

Ma’arif, Syamsul. “Pola Hubungan Patron-Client Kiai Dan Santri Di Pesantren.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 02 (2010): 273–96.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Inis, 1998.

Mu`allim, Amir. “Isu Terorisme dan Stigmatisasi Terhadap Pondok Pesantren (Meluruskan Kesalahpahaman Terhadap Pondok Pesantren.” Millah: Journal of Religious Studies, 2006, 47–60. https://doi.org/10.20885/millah.vol6.iss1.art5.

Musaropah, Umi. “Kharisma Kyai Dalam Organisasi Pendidikan Pesantren Tradisional.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 8, no. 2 (December 12, 2018): 141–55. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v8i2.193.

Nasution, Mulyadi Hermanto. “Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dalam Pendidikan Islam.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 4, no. 2 (December 24, 2019): 228–48. https://doi.org/10.31604/muaddib.v4i2.228-248.

Nawawi, Hadari. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2001.

Niam, Zainun Wafiqatun. “Konsep Islam Wasathiyah Sebagai Wujud Islam Rahmatan lil ‘alamin: Peran Nu dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Islam Damai di Indonesia.” Palita: Journal of Social Religion Research 4, no. 2 (October 27, 2019): 91–106. https://doi.org/10.24256/pal.v4i2.764.

Noor, Muslichan. “Gaya Kepemimpinan Kyai.” Jurnal Kependidikan 7, no. 1 (May 31, 2019): 141–56. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2958.

Rosyad, Ali Miftakhu, dan Muhammad Anas Maarif. “Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (February 7, 2020): 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491.

Safinah, dan Zainal Arifin. “Otoritas Kepemimpinan Karismatik Tuan Guru Dalam Membentuk Budaya Religius.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2021): 311–30.

Sarnoto, Ahmad. “Tantangan Pengelolaan Pesantren dalam Era Global.” Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya 4 (February 9, 2015). https://doi.org/10.53976/jmi.v4i1.126.

Syahminan. “Modernisasi Sistem Pendidikan Islam di Indonesia Pada Abad 21.” Jurnal Ilmiah Peuradeun 2, no. 2 (May 28, 2014): 235–60.

Terry, George Robert. Principles of Management. R. D. Irwin, 1977.

Wahid, KH Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi ; Esai-Esai Pesantren. Lkis Pelangi Aksara, 2001.

Zamakhsyari Dhofier. Tradisi Pesantren : Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. | Perpustakaan FIS. Jakarta: Pustaka LP3ES, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.