Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab Shahih Bukhari

Hamdani Hamdani

Abstract


Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa  pendidikan  yang berlangsung di Indonesia belum  sepenuhnya  sukses dalam mewujudkan generasi unggul dan berkarakter yang kian hari semakin merosot. Pendidikan membutuhkan sumber rujukan atau model yang dijadikan contoh bagi akademisi pendidikan dalam memperbaiki dan membentuk karakter bangsa yang mulia. Alternatif pendidikan karakter bangsa ini dapat mengambil pelajaran dari Nabi Muhammad Saw dalam Kitab Shahih Bukhari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesripsikan konsep pendidikan karakter dalam perspektif sunnah yang terdapat dalam Kitab Shahih Bukhari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian kepustakaan mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai macam materi dalam kepustakaan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Temuan penelitian ini mengenai konsep pendidikan karakter dalam Kitab Shahih Bukhari yaitu, 1) Meluruskan niat dalam menuntut ilmu, 2) Beradab sebelum berilmu, 3) Mendidik iman sebelum mendidik Alqur’an, 4) Bertahap dalam menyampaikan materi, 5) Mengikat ilmu dengan amal, 6) Integrasi antara keluarga, sekolah, dan pemerintah dalam membentuk karakter. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan sumbangan gagasan pendidikan karakter dalam Islam yang patut dipertimbangankan dalam penerapannya di Lembaga-lembaga pendiidikan.


Keywords


Pendidikan Karakter, Sunnah, Shahih Bukhari

Full Text:

PDF

References


Agama RI, Departemen. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro, 2000.

An Nahlawi, Abdurrahman. Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fil Baiti wal Madrasati wal Mujtama. Jakarta: Gema Insani, 1996.

Andriani, Astri Dwi, Rohmat Awaludin, Iqbal Amar Muzaki, Hadi Pajarianto, Irfan Sophan Himawan, Hamdani Hamdani, Isnawati Nur Afifah Latif, Rico Setyo Nugroho, dan Muhammad Imaduddin. Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi. Cetakan Pertama Juni 2022. Makassar: Tohar Media, 2022.

Aqib, Zainal. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya, 2014.

Âşik Ev, Hacer. “LEARNING-TEACHING METHODS OF THE PROPHET MUHAMMAD (P.B.U.H.).” Journal of International Social Research 10, no. 50 (30 Juni 2017): 462–66. https://doi.org/10.17719/jisr.2017.1679.

Atika, Nur Tri, Husni Wakhuyudin, dan Khusnul Fajriyah. “PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR.” Mimbar Ilmu 24, no. 1 (29 April 2019): 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467.

Aufa, Ari Abu, Ulfi Nurul Laela, dan Siti Nur Laelatul Qomariyah. “Konsep, Strategi Dan Metode Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19.” AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN 3, no. 1 (2021): 80–94. https://doi.org/10.36840/alaufa.v3i01.441.

Az-Zarnuji, Az-Zarnuji. Ta’lim Muta’allim. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2009.

Baginda, Mardiah. “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, no. 2 (26 Februari 2018). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593.

Bahri, Samsul. “Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 06, no. 01 (2022): 425–35.

Darodjat, Darodjat, dan Wahyudiana Wahyudiana. “Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam.” ISLAMADINA XIII (2014): 1–14.

Fathurrohman, Pupuh, AA Suryana, dan Feni Fatriani. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.

Fatmah, Nirra. “Pembentukan Karakter dalam Pendidikan.” Jurnal Pemikiran Keislaman 29, no. 2 (31 Juli 2018). https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.

Foster, Cynthia Ewell, Adam Horwitz, Alvin Thomas, Kiel Opperman, Polly Gipson, Amanda Burnside, Deborah M. Stone, dan Cheryl A. King. “Connectedness to Family, School, Peers, and Community in Socially Vulnerable Adolescents.” Children and Youth Services Review 81 (Oktober 2017): 321–31. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.08.011.

Ghuddah, Abdul Fattah Abu. Ar-Rasul al-Mu’allim wa Asalibuhu fi at-Ta’lim. Temanggung: Armasta, 2015.

Hamdani, Hamdani. “Peningkatan Motivasi Belajar dan Pengetahuan Peserta Didik: Penerapan Mobile Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 2 (15 Desember 2021): 297–316. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7970.

———. “Telaah Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Sunnah.” Dalam Tantangan dan Respon Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter di era Society 5.0. PROSIDING SEMINAR LP3: UNIVERSITAS NEGERI MALANG, 2022.

Hasibuan, Zainal Efendi. Pendidikan Berbasis Sirah Nabawiyah. Medan: CV Mitra, 2012.

Istiningsih, Istiningsih. “Character Education of the Most Developed Countries in ASEAN.” Journal of Education and e-Learning Research 3, no. 1 (1 Maret 2016): 32–37. https://doi.org/10.20448/journal.509/2016.3.1/509.1.32.37.

Junaedy, Junaedy. “Maktabah Al Kubro.” Sukoharjo: Islamic Digital Boarding College, 2014.

Karima, Nisa Cahaya, Salsabil Hasna Ashilah, Alifia Sekar Kinasih, Putri Haura Taufiq, dan Latipah Hasnah. “Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak 17, no. 2 (15 November 2022): 273–92. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482.

Lindawati, Dede Linda, Akil Akil, dan Acep Nurlaeli. “Analisis Adab Mencari Ilmu dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di SMAIT Harapan Umat Karawang.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 2 (31 Juli 2021): 254–64. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.205.

Lubis, Nada Shofa. “Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 1 (4 Juli 2022): 137–56. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847.

Muhammad, Nur Hasib, dan M. Ali Musyafa. “Penguatan Nilai-Nilai Religius Sebagai Karakter Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Pai Di Mts Assa’adah I Bungah Gresik.” Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 06, no. 02 (2022): 195–209.

Mutaqin, Mumu Zainal. “Konsep Sabar Dalam Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization 03, no. 1 (2022): 1–16.

Nur, Amiruddin Z, dan Nuriati Nuriati. “Pengamalan Ajaran Agama Islam Dalam Kehidupan Bermasyarakat.” Jurnal Al - Mau’izah 1, no. 1 (2018): 1–11.

Shalihah, Raadliyatush, dan Muhammad Habibi Hamzah. “Metode Pembelajaran Rasulullah Saw.kepada Para Sahabatnya.” TSAQOFAH : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 1–12.

Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafizh. Prophetic Parenting. Yogyakarta: Pro-U Media, 2010.

Syatibi, Ibi, dan Lanny Octavia. Pendidikan Karaker Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab, 2014.

Tantowi, Ahmad. “URGENSI NIAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PESERTA DIDIK (ANALISIS PARSIAL TERHADAP HADITH INNAMAL A’MĂLU BI NIĂT RIWAYAT IMAM AL-BUKHARI).” Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (30 Juni 2022): 61–71. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v10i1.3379.

Widodo, Arif, Dyah Indraswati, dan Muhammad Sobri. “Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan.” Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8, no. 2 (23 Desember 2019): 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.