Menepis Stereotipe Gender Melalui Kepemimpinan Perempuan Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Ashabul Khairi, M. Giatman, Hasan Maksum, Nizwardi Jalinus, Rijal Abdulah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fenomena kepemimpinan perempuan yang terjadi di FKIP Universitas Bung Hatta, Padang, Provinsi Sumatera Barat. Menepis issue stereotip kesenjangangn gender pada top level manager di lembaga Pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan data kualitatif merupakan pendekatan yang menciptakan gambaran kejadian yang diteliti secara deskriptif dan naratif. Penulisan karya tulis ini merujuk pada pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan (literature review) baik sumber primer, yaitu dokumen yang ditulis langsung oleh penulis sebagai sumber sekunder, yaitu dokumen berupa laporan oleh penulis, dan wawancara. Mengulas tentang pemimpin perempuan dengan gaya kepemimpinan transvormasional dan gaya kepemipinan visioner. Menghasilkan kesimpulan bahwa perempuan dan laki-laki setara dan memiliki hak yang sama dalam konteks kesetaraan gender. Stereotip perlu dimaknai secara filosofis.

 


Keywords


Gaya kepemipinan, Kepemimpinan perempuan, Stereotip gender

Full Text:

PDF

References


Alimatus, S. (2004). Persepsi Terhadap Kepemimpinan Perempuan. Indonesian Psychological Jomal, 19(3), 222–233.

Balkis, A. H. (2020). Gaya Kepemimpinan Perempuan Dalam Instansi Publik : Studi Pada Kepemimpinan Susi Pudjiastuti. 8(1), 79–88.

Chandra, Y., Rafiolla, R. H., & Adison, J. (2018). Stereotype Gender Dan Tingkat Aspirasi Karir Siswa Berjenis Kelamin Perempuan Serta Upaya Penanganan Dalam Perspektif Konseling. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(2), 467–474.

Handayani, W. (2018). Diskriminasi Gender Dalam Pendidikan. Muwazah Jurnal Kajian Gender, 10 (2), 198–224.

Hidayah, S. N., & Munastiwi, E. (2019). Pemimpin Akademik atau Manajerial? Aspirasi, Harapan dan Tantangan Perempuan untuk Menjadi Pemimpin di Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. Palastren Jurnal Studi Gender, 12(2), 455. https://doi.org/10.21043/palastren.v12i2.5628

Ihza, Y., & Nurani, F. (2019). Kepemimpinan Kharismatik Pada Generasi Muda Dalam Mewujudkan Indonesia Emas Pada Tahun 2045. Blog.Ub.Ac.Id, 1–7. http://blog.ub.ac.id/yusrilihzamahendra/files/2019/12/Tugas-UAS-MK-Kepemimpinan-Yusril.pdf

Iwa, K. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar. TARBAWI, 2(2), 13.

Karwati, L. (2021). Menolak Subordinasi Gender Berdasarkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Pembangunan Nasional Menjelang Bonus Demografi 2035. Jendela PLS, 5(2), 122–130. https://doi.org/10.37058/jpls.v5i2.2713

Kristiyanti, O. S. & S. & M. (2016). Kepemimpinan Wanita Pada Perguruan Tinggi (Studi Studi Kasus Pada Dekan Wanita Di Kota Semarang ). Ovi, 1–19.

Ma’sum, T. (2019). Persinggungan Kepemimpinan Transformational Dengan Kepemimpinan Visioner Dan Situasional. Manajeman Pendidikan Islam, 2(2), 1–23.

Marina, A., & Utari, P. A. (2019). Gaya Kepemimpinan Perempuan Ditinjau Dari Peran Optimisme Dan Efikasi Diri di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(3)(3), 1–11.

Mustiningsih, M., Maisyaroh, M., & Ulfatin, N. (2019). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Hubungannya Dengan Kesiapan Guru Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 101–112. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p101

Pio, E., & Sendow, G. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner, Kompensasi Tidak Langsung Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1140–1150.

Prihartono, A. W. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4210

Putra, A. T. A. (2014). Peran Gender dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 327. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.327-344

Putry, R. (2016). Manifestasi Kesetaraan Gender Di Perguruan Tinggi. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 164. https://doi.org/10.22373/je.v2i2.814

Qori, H. I. L. A. (2017). Kepemimpinan Karismatik Versus Kepemimpinan Transformasional. Analisa, 1(2), 70–77.

Ritawati, A. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan PT. Jamsostek (Persero) Cabang Surabaya. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 9(1). https://doi.org/10.30996/die.v9i1.206

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode. Jurnal Harmonia., 11(2), 173–179.

Surahman, S., & Munadi, M. (2022). Kepemimpinan Perempuan Di Perguruan Tinggi: Manajerial Atau Akademik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.662

U, V., & Jama, J. (2018). Philosophy TVET Di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(3), 104–111.

Utari, N., Jalinus, N., & Refdinal, R. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Pendidikan Kejuruan Ditinjau dari Philosophy TVET. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 9174–9180. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2440

Yudiaatmaja, F. (2013). Issn 1412 – 8683 29. Procedia - Social and Behavioral Sciences, IV(2), 29–38. http://dx.doi.org/10.1016/j.intman.2016.11.002%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tele.2017.10.007%0Ahttp://ilp.ut.ac.id/index.php/JOM/article/view/432%0Ahttp://dx.doi.org/10.3926/jiem.1530%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2017.11.007%0Ahttps://doi.org/10.10




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.