Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Pada E-Commerce Zalora Indonesia di Kota Bandung)

Chaerina Dewi Islami, Krishna Kusumahadi

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk tertinggi. Dengan begitu Indonesia memiliki potensi pasar yang besar. Hal lain yang dapat meningkatkan pontensi pasar salah satunya adalah teknologi internet. Penyebaran internet di Indonesia terus meningkat beberapa tahun terakhir menyebabkan model bisnis e-commerce semakin berkembang pesat. Salah satunya Kota Bandung yang memiliki peringkat kedua dengan pengguna e-commerce terbanyak di Indonesia. Kepuasan pengguna e-commerce dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas website yang menjadi salah satu platform model bisnis e-commerce.  Zalora Indonesia adalah salah satu e-commerce yang bergerak di dunia fashion. Zalora Indonesia sebagai perusahaan e-commerce melakukan pemasaran melalui platform website. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan pengetahuan mengenai kualitas dari website Zalora sebagai salah satu e-commerce terhadap kepuasan pengguna Zalora Indonesia di Kota Bandung. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan kuesioner dan melibatkan 385 responden. Pengukuran kualitas website dilakukan dengan menggunakan metode WebQual 4.0.ini dan menambahkan satu variabel yaitu kualitas visual menggunakan VISAWI untuk mengukur kualitas website. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif dan melakukan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis deskriptif pandangan responden terhadap kualitas website Zalora Indonesia sangat baik. Variabel usability website Zalora Indonesia tidak berpengaruh positif signifikan secara pasrsial terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan variabel lainnya yaitu, information quality website, service quality website dan visual quality website berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengguan. Selanjutnya usability website, information quality website, service quality website dan visual quality website berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian serupa. Selain untuk penelitian selanjutnya, hasil diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk perusahaan terkait dalam meningkatkan kualitas website perusahaan dan menjadi referensi untuk perusahaan lainnya.


Full Text:

PDF

References


Abbaspour, B., & Hazarinahashim, N. (2015). THE INFLUENCE OF WEBSITE QUALITY DIMENSIONS ON CUSTOMER SATISFACTION IN TRAVEL WEBSITE. International Journal of Science Commerce and Humanities, 3.

Abdu’a, :, & Wasiyanti, A. (2019). Pengukuran Kualitas E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika. Jurnal Informatika Dan Komputer, 21(2), 143–148. https://doi.org/10.31294/p.v20i2

Adani, M. R. (2020, December). Website: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuat. Sekawan Media. https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-website/

Adieb, M. (2021). 5 Jenis Traffic Website yang Dapat Dioptimalkan dengan Maksimal. Glints. https://glints.com/id/lowongan/jenis-traffic-website/#.YXKCy9lBxfU

Alexa. (2021). zalora.co.id Competitive Analysis, Marketing Mix and Traffic. Alexa. https://www.alexa.com/siteinfo/zalora.co.id#section_competition

Andry, J. F., Christianto, K., & Wilujeng, F. R. (2019). Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(1), 23. https://doi.org/10.20473/jisebi.5.1.23-31

APJII. (2019). Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 [Q2]. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/survei

Apriliani, D., Fikry, M., & Hutajulu, M. J. (2020). Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com.

Badan Pusan Statistik. (2020). BPS: 270,20 juta Penduduk Indonesia Hasil SP2020. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/news/2021/01/21/405/bps--270-20-juta-penduduk-indonesia-hasil-sp2020.html

Bappeda. (2017). ARTIKEL PEMBANGUNAN & PERTUMBUHAN EKONOMI | Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Bappeda. https://bappeda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/artikel-pembangunan-pertumbuhan-ekonomi-53

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. (2002). AN INTEGRATIVE APPROACH TO THE ASSESSMENT OF E-COMMERCE QUALITY. Journal of Electronic Commerce Research.

Bibit. (2020). Cari Fashion Terkini? Semua Ada di Zalora! Bibit. https://artikel.bibit.id/lifestyle1/cari-fashion-terkini-semua-ada-di-zalora

Databoks. (2019). 96% Pengguna Internet di Indonesia Pernah Menggunakan E-Commerce | Databoks. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/03/96-pengguna-internet-di-indonesia-pernah-gunakan-e-commerce

Dwi Satria, F., & Prasetio, A. (2020). ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI TOKOPEDIA USABILITY ANALYSIS OF TOKOPEDIA APPLICATION. E-Proceeding of Management .

Faizal, M., & Prasetio, A. (2020). Users’ Expectation and Perception Gap Analysis of Telkom University Website with Modified WebQual 4.0 Method. International Journal of Information Science and Management, 18(2), 1–18.

Faustina, M. G., Herawaty, T., & Syafa’atul Barkah, C. (2019). PENGARUH WEB DESIGN TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK FESYEN (Survei pada Pengunjung Website ZALORA Indonesia di Kota Bandung). Journal IMAGE I, 8(1).

Finansialku. (2018, February). Ada 10 Manfaat Membuat Website untuk Kemajuan Bisnis Anda? Finansialku. https://www.finansialku.com/ada-10-manfaat-membuat-website-untuk-kemajuan-bisnis-anda/

Firdaus, M. B., Puspitasari, N., Budiman, E., Widians, J. A., & Bayti, N. (2019). Analysis of the effect of quality mulawarman university language center websites on user satisfaction using the webqual 4.0 method. Proceedings of ICAITI 2019 - 2nd International Conference on Applied Information Technology and Innovation: Exploring the Future Technology of Applied Information Technology and Innovation, 126–132. https://doi.org/10.1109/ICAITI48442.2019.8982143

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran, Dasar dan Konsep. Qiara Media.

Gie. (2020). Memahami Permintaan Konsumen dan 10 Strategi untuk Meningkatkannya. Accurate. https://accurate.id/marketing-manajemen/memahami-permintaan-konsumen/

Hasan, L. (2014). Evaluating the Usability of Educational Websites Based on Students’ Preferences of Design Characteristics Usability of e-learning systems: the case of Moodle View project Usability of Educational Websites View project Evaluating the Usability of Educational Websites Based on Students’ Preferences of Design Characteristics. International Arab Journal of E-Technology, 3(3). https://www.researchgate.net/publication/281904323

Hasanov, J., & Khalid, H. (2015). The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual Model Approach. Procedia Computer Science, 72, 382–389. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.153

Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Hernawan, A., Komarudin, R., & Afni, N. (2021). Analisa Perbandingan Kualitas Pelayanan Web E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan WebQual 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 15(1).

IDalamat. (2021). ZALORA Indonesia (Zalora.co.id). IDalamat. https://idalamat.com/alamat/943/zalora-indonesia-zaloracoid

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Aditama.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS- untuk Akuntasi dan Manajemen (Maya, Ed.). ANDI.

Inggil. (2021). Sosok Catherine Hindra Sutjahyo Pendiri Zalora. Mancode. https://mancode.id/berita/sosok-catherine-hindra-sutjahyo-pendiri-zalora/

iPrice. (2019). Top 50 E-Commerce Sites & Apps in Indonesia 2019. IPrice. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Jayani, D. H. (2021). Bukan Shopee, Tokopedia Juara E-commerce Terpopuler Kuartal II 2021 | Databoks. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/17/bukan-shopee-tokopedia-juara-e-commerce-terpopuler-kuartal-ii-2021

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management. 14th edition (14th edition). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management -6/E Philip Kotler & Kevin Lane Keller (Global Edition, Vol. 6e). Pearson Education.

Kujur, P., & Chhetri, B. (2015). Evolution of World Wide Web: Journey From Web 1.0 to Web 4.0. InternatIonal Journal of Computer SCIenCe and TeChnology, 6. https://www.researchgate.net/publication/280944777

Kusumahadi, K. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK TELKOMSEL 4G (Studi Kasus Pelanggan Produk Kartu Telkomsel di Kota Bandung Tahun 2017). Scientia Regendi.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (Jane P. (2016). Management information systems : managing the digital firm. Pearson.

Manasra, E. A., Zaid, M. K. S. A., & TaherQutaishat, F. (2013). Investigating the Impact of Website Quality on Consumers’ Satisfaction in Jordanian Telecommunication Sector. Arab Economic and Business Journal, 8(1–2), 31–37. https://doi.org/10.1016/j.aebj.2013.11.004

Marketeers. (2015). Strategi Zalora Kembangkan Bisnis di Indonesia. Marketeers. https://www.marketeers.com/strategi-zalora-kembangkan-bisnis-di-indonesia/

Moshagen, M., & Thielsch, M. T. (2010). Facets of visual aesthetics. International Journal of Human Computer Studies, 68(10), 689–709. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2010.05.006

Moshagen, M., & Thielsch, M. T. (2013). A short version of the visual aesthetics of websites inventory. Behaviour and Information Technology, 32(12), 1305–1311. https://doi.org/10.1080/0144929X.2012.694910

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Media Sains.

Nia, M. R., & Shokouhyar, S. (2020). Analyzing the effects of visual aesthetic of Web pages on users’ responses in online retailing using the VisAWI method. Journal of Research in Interactive Marketing, 14(4), 357–389. https://doi.org/10.1108/JRIM-11-2018-0147

Nurhayati, H. (2019). Indonesia: ecommerce users by city 2019. Statista. https://www.statista.com/statistics/1115215/indonesia-ecommerce-users-by-city/

Nurhayati, H. (2021). • Indonesia: internet penetration rate 2026 | Statista. Statista. https://www.statista.com/statistics/254460/internet-penetration-rate-in-indonesia/

Pearson, J. M., Pearson, A., & Green, D. (2007). Determining the importance of key criteria in web usability. Management Research News, 30(11), 816–828. https://doi.org/10.1108/01409170710832250

Prasetio, A., Ashoer, M., Hutahaean Jeperson, Simarmata, J., Samosir, R. S., Nugraha, H., Jamaludin, J., Harmayani, H., Ardiana, S. H. P., Irdawati, I., Yudhi, D. P., Purba, B., & Manullang, S. O. (2021). Konsep Dasar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis.

Pratama, C. D. (2020). Kepuasan Pelanggan: Definisi dan Faktor yang Memengaruhinya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/31/192210769/kepuasan-pelanggan-definisi-dan-faktor-yang-memengaruhinya

Putri, C. A. (2021, January). BI Proyeksi Transaksi E-commerce Tahun Ini Tembus Rp 337 T. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210122114013-37-217989/bi-proyeksi-transaksi-e-commerce-tahun-ini-tembus-rp-337-t

Rectmedia. (2021). 6 Alasan Mengapa Situs Web e-Commerce atau Toko Online Penting Bagi Bisnis Anda - PT Rect Media Komputindo. Rectmedia. https://rectmedia.com/6-alasan-mengapa-situs-web-e-commerce-atau-toko-online-penting-bagi-bisnis-anda/

Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.

Septa, F., & Umar, R. (2019). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 (STUDI KASUS: WEBSITE SIMSARPRAS KEMENTERIAN AGAMA). Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, Vol.3 No.2. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol3No2.pp127-135

Strauss, Judy., & Frost, R. (2014). E-marketing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suh, W. (2005). The eQual Approach to the Assessment of E-Commerce Quality: A Longitudinal Study of The 3rd International Electronic Conference on Environmental Research and Public Health View project Branding View project. Idea Group Pub. https://www.researchgate.net/publication/230791872

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2010). Electronic Commerce A Managerial and Social Networks Perspective Eighth Edition, Revised Edition (Eighth). Pearson. http://www.springer.com/series/10099

Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 139. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852666

Widodo. (2017). Metodelogi Penelitian Populer & Praktis. Rajawali Pers.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa : Desain Servqual, QFD, Dan Kano. Indeks.

Zalora. (2021). ZALORA Indonesia: Belanja Online Fashion & Lifestyle Terbaru. 2021. https://www.zalora.co.id/

Zulfikar, F. (2021). 10 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5703755/10-negara-dengan-jumlah-penduduk-terbesar-di-dunia-indonesia-nomor-berapa




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.