Tiflul Ma’ani, Receiver dan Transmitter Informasi Antara Allah dan Insan dalam Kitab Sirrul Asrar, Karya Shaykh Abdul Qadir Al-Jailani

Muhammad Yusuf Arief

Abstract


Setiap manusia pasti memiliki tujuan dalam kehidupan, khususnya terkait kualitas hidup di dunia. Pada kenyataannya, untuk menggapai sebuah tujuan diperlukan media hubung, yang berfungsi sebagai perangkat untuk memenuhi apa yang dicita-citakan, sehingga mengetahui metode dan perangkat yang diperlukan, dianggap hal yang sangat penting, dalam istilah pepatah Arab, “barang siapa yang sudah mengetahui jauhnya perjalanan, maka hendaklah ia melakukan persiapan”. Begitu juga pula para sufi dalam perjalanan hidup mereka, perhatian mereka tercurahkan lebih banyak pada kebahagiaan di akhirat, sedangkan sisanya hanya sekedar untuk kemaslahatan hidup di dunia saja. Kekalnya kehidupan akhirat menjadikan mereka giat dan bersungguh-sungguh untuk mempersiapkan hal-hal yang dianggap penting, salah satunya adalah tahapan-tahapan proses dalam makrifatullah, yaitu tingkatan hirarki ruhani yang harus dilalui serta proses pada tahapan-tahapannya. Yang menduduki puncak hirarki ruhani ada sesuatu yang disebutkan oleh Shaykh Abdul Qadir di dalam kitab beliau dengan istilah tiflul ma’ani. Penulis berusaha memaparkan asal usul kejiaan manusia, definisi tiflul ma’ani, sebab penamaannya, fungsinya, dan bagaimana tahapan-tahapan proses untuk mengaktifkannya.


Keywords


Tiflul Ma’ani, Wushul, Sirr

Full Text:

PDF

References


Ibnu katḥīr. Tafsīr Ibnu Katsīr. Terjemahan Arif Rahman Hakim. Jawa tengah: Insan Kamil, 2015.

Imam Abu Syuja’ Ad dailami. Musnad Al Firdaus. Libanon: Dar Al Kutubu Al Ilmiyyah.

Imam An nawawi. Al Adzkar An Nawawiyah. Libanon: Dar Al Kutubu Al Ilmiyyah.

Shaykh Abdul Qadir Al jailani. Sirrul Asrar Wa Mazharu Al Anwar Fi Ma Ahtaju Ilaihi Al Abrar. Bahasa Arab. 4. Libanon: Dar Al Kutubu Al Ilmiyyah, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.