Efektivitas Sistem Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Pada Kantor Kecamatan Cicalengka

Indri Mistilasari, Asep Hidayat, Dedeng Yusuf Maolani

Abstract


Salah satu persoalan dalam pelayanan publik pada tingkat kecamatan yang seringkali menjadi keluhan bagi publik ialah pelayanan pengerjaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).  Masih terdapat permasalahan yang masih muncul, seperti kurangnya sarana dan prasarana serta kedisiplinan pegawai.  Metode penelitian yang dipergunakan yaitu teknik deskriptif dengan metode kualitatif.  Melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi serta dokumentasi.  Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pelayanan pencatatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) masih belum efektif sesuai dengan sasaran yang diharapkan oleh organisasi.  Walaupun loyalitas karyawan sangat baik, namun tidak dapat ditunjang dengan kurangnya fasilitas dan kedisiplinan karyawan.  Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan publik yang menggunakan pelayanan.


Keywords


Efektivitas, Pelayanan, e-KTP

Full Text:

PDF

References


Bogor, C. K. (2016). Kualitas pelayanan kartu tanda penduduk elektronik di kecamatan cisarua kabupaten bogor. 2(April), 31–41.

dkk &, hardani. (2020). metode penelitian kualitatif & kuantitatif. cv. pustaka ilmu group.

Haq, S., & Suharsono, A. (n.d.). Kualitas Pelayanan Pubik Dalam Pembuatan e-KTP Pada Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Public Service Quality in Making E-KTP ( Electronic Citizen ID ) in District of Suboh Situbondo Regency.

Hi, A., & Ibrahim, A. H. (2021). The Effectiveness of e-ID Card Services in Sub-District City North Ternate. 8(1), 60–69.

Silalahi, U. (2012). metode penelitian sosial. Pt. Refika Aditama.

Silfiah, R. I., Nabila, A., Publik, F. A., & Yudharta, U. (2021). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PROSES. 4, 43–52.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Tri Sakti, F. (2014). sisi gelap perencanaan (Y. M.Aziz (ed.); ikin sodik). Fisip Unpas press.

Yudi Triana, Aceng Ulumudin, N. A. (2019). analisis efektivitas pelayanan e-KTP di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 10;No. 01;, 25–34.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

Undang-Undang Dasar Nomor 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.