Analisis Sistem Perawatan Safety Equipment Terhadap Keselamatan Crew Kapal Mt. Gas Natuna

Achmad Ali Mashartanto, Fauziah Roselia, Andrianus Deni Kristian

Abstract


Safety equipment merupakan alat-alat yang dapat digunakan untuk menjamin keselamatan dalam menjalani pekerjaan. Tidak semua alat-alat keselamatan yang berada di atas kapal dapat bekerja dan terpelihara dengan baik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menjadi penyabab perlu diadakannya sebuah sistem perawatan safety equipment di kapal dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan agar safety equipment dapat bekerja secara baik dan tidak mengalami malfunction di kapal MT. Gas Natuna. Data yang diperoleh adalah data yang dikumpulkan dari hasil observasi dimana peneliti mengamati langsung objek penelitian, dokumentasi dimana peneliti mengambil gambar menggunakan kamera sebagai alat pendukung, dan wawancara dimana peneliti mengajukan pertanyaan langsung kepada responden, dan jawaban-jawaban responden dicatat. Karya Ilmiah Terapan ini menggunakan pendekatan metode Miles & Huberman analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Data yang disajikan adalah data primer dan data sekunder diperoleh peneliti saat melaksanakan praktek laut selama sembilan bulan delapan hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi penyebab perlu diadakannya perawatan terhadap safety equipment di kapal MT. Gas Natuna adalah menerapkan aturan pemerintah Indonesia, ketetapan SOLAS 1974, IMO, ILO, ISM Code. Adapun juga bahwa upaya yang dilakukan agar safety equipment dapat bekerja dengan baik dan tidak mengalami malfunction adalah dengan melaksanakan perawatan secara rutin dan berkala sesuai dengan tabel PMS.

Keywords


Safety Equipment, Keselamatan, Sistem Perawatan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Faisal W. Optimalisasi Perawatan Lifeboat Sebagai Penunjang terhadap Keselamatan Crew di Mv. Sendang Mas. Diss. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, 2019.

Ardhi, Eka Wahyu, Setyo Nugroho, dan Triwilaswandio Wuruk Pribadi. "Penerapan Teknologi Informasi pada Sistem Pemeliharaan Kapal Terencana." Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology 11.1 (2018): 1-7.

Arsyad, Muhammad, dan Ahmad Zubair Sultan. Manajemen Perawatan. Deepublish, 2018.

Bahtianul, Mubarak. Optimalisasi Perawatan Sekoci Penolong Di Mt. Sungai Gerong. Diss. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, 2020.

Hasan, M. Iqbal. "Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya." (2002).

Hendrawan, Andi. "Analisa Indikator Keselamatan Pelayaran pada Kapal Niaga." Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim 3.2 (2019): 53-59.

Junanto, Subar, dan Nur Arini Asmaul Kusna. "Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan model Context, Input, Process, dan Product (CIPP)." INKLUSI 5.2 (2018): 179-194.

Khamdilah, Ali, dan Kundori Kundori. "Analisis Manajemen Perawatan Actuator Sebagai Safety Device dalam Memproteksi Terjadinya Overspeed pada Mesin Penggerak Utama Kapal." Dinamika Bahari 1.2 (2020): 90-97.

Moleong, Lexy J. "Metodologi Penelitian Kualitatif (XXVII)." Bandung: Remaja Rosdakarya (2010).

Mulyono, Priyo Dwi. "Strategi Pemberdayaan Pt Janata Marina Indah dalam Maintenance, Repair dan Overhaul Alpalhankam TNI AL Guna Mendukung Operasi Pertahanan Negara di Laut." Industri Pertahanan 2.2 (2020): 152-184.

Pramono, Hadi, M. Hermawan, dan Ryan Adiputera. "Upaya Perawatan Alat Pemadam Api Jenis Portable Foam DI MT. KATOMAS." Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim 1.2 (2019): 1-6.

Pratama, Kevin, Arleiny Arleiny, dan Eko Nugroho Widjatmoko. "Optimalisasi Perawatan Sekoci Penolong Sebagai Penunjang Keselamatan Awak Kapal." Dinamika Bahari 3.2 (2022): 86-90.

Purba, Damoyanto, dan Rudy Sugiharto. "Penerapan Ship Maintenance System (SMS) Application of the Ship Maintenance System (SMS)." Jurnal 7 Samudra 4.2 (2019).

Sanjaya, H. Wina. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana, 2015.

Saputra, Robi Dwi, Yudhanita Pertiwi, dan Yusuf Priyono. "Pemeliharaan dan Penggunaan Alat-Alat Keselamatan." Majalah Ilmiah Bahari Jogja 20.1 (2022): 97-106.

Segara, Fauzan, Sahabuddin Sunusi, dan Joko Purnomo. "Analisis Perawatan Tutup Palka Jenis Hidrolik di MV. SEA STAR 5." Jurnal Karya Ilmiah Taruna Andromeda 5.1 (2021): 111-120.

Sigit, Prasetya. "Peran Crude Oil Washing System (COW) pada Kapal Tanker." Majalah Ilmiah Bahari Jogja 18.1 (2020): 116-126.

Sugiyono, Dr. "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D." (2013).

Sutantyo, Erwin, dan Susanti Susanti. "Peranan Alat Deteksi Kebakaran dalam Menunjang Keselamatan di Kapal MT. Mabrouk." Jurnal Maritim Polimarin 8.1 (2022): 88-95.

Syakir, Syakir, dan Hasmin Hasmin. "Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Borong." Jurnal Mirai Management 2.1 (2017): 108-125.

Syibli, Yasin M., Firdos Asjani, dan Algertis Devita. "Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja Anak Buah Kapal Bagian Mesin DI MT. KLASOGUN." Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim 1.2 (2019): 20-24.

Umar, Hasdinar, et al. "Sosialisasi Keselamatan di Laut Bagi Masyarakat Pulau Balang Lompo." JURNAL TEPAT: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat 4.1 (2021): 21-29.

Widyaningsih, Upik. "Analisa Keselamatan Kerja Pelayaran pada Kapal Niaga." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 7.4 (2022): 4556-4567.

Wijaya, Hengki. "Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi)." (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.