Optimalisasi Electronic Word of Mouth (E-WoM) Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata di Indonesia

Dadang Hermawan, Ni Made Dewi Kansa Putri

Abstract


Aktivitas pariwisata di Indonesia mulai membaik, dimana hal ini tercermin pada kinerja sektor pariwisata yang menunjukkan peningkatan. Salah satu faktor pendorongnya ialah adanya pergeseran preferensi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital. Pengelola sektor wisata perlu beradaptasi dengan situasi tersebut, yakni dengan menggunakan strategi promosi secara online. Salah satu bentuk promosi online yang dimaksud ialah penggunaan electronic word of mouth (e-Wom). Promosi e-Wom diharapkan dapat meningkatkan keputusan wisatawan untuk berkunjung. Berdasarkan ulasan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi-strategi optimalisasi electronic word of mouth (e-Wom) sebagai media promosi destinasi wisata di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur yang dianalisis dengan analisis konten/ isi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat 6 (enam) strategi optimalisasi e-Wom sebagai media promosi destinasi wisata, yaitu: 1) Creating Opinion Strategy; 2) Using Digital Media Strategy; 3) Creating Content Strategy; 4) Opinion Filter Strategy; 5) Tourist Cruise Strategy; 6) Concern to Tourist Experience Strategy.

Keywords


pariwisata; destinasi wisata; e-Wom; keputusan berkunjung

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Sertifikasi Profesi. “Bimtek Strategi Pemasaran Digital Bagi Destinasi Wisata.” BNSP (blog), 2022. https://www.bppkpd.com/strategi-pemasaran-digital-bagi-destinasi-wisata.

Chu, Shu Chuan, dan Yoojung Kim. “Determinants of consumer engagement in electronic Word-Of-Mouth (eWOM) in social networking sites.” International Journal of Advertising 30, no. 1 (2011): 47–75. https://doi.org/10.2501/IJA-30-1-047-075.

Filieri, Raffaele, Zhibin Lin, Giovanni Pino, Salma Alguezaui, dan Alessandro Inversini. “The role of visual cues in eWOM on consumers’ behavioral intention and decisions.” Journal of Business Research 135, no. November 2019 (2021): 663–75. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.06.055.

Filieri, Raffaele, Fraser McLeay, Bruce Tsui, dan Zhibin Lin. “Consumer perceptions of information helpfulness and determinants of purchase intention in online consumer reviews of services.” Information and Management 55, no. 8 (2018): 956–70. https://doi.org/10.1016/j.im.2018.04.010.

Gosal, J., E. Andajani, dan S. Rahayu. “The Effect of e-WOM on Travel Intention, Travel Decision, City Image, and Attitude to Visit a Tourism City” 115, no. Insyma (2020): 261–65. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200127.053.

Goyette I., L Ricard, Bergeron J., dan Marticotte F. “e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context.” Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l’Administration 27, no. 1 (2010): 5–23.

Gustiani, Maftukhah. “Peran Electronic Word of Mouth Dalam Membangun Citra Destinasi Guna Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Suatu Destinasi Pariwisata.” Competence : Journal of Management Studies 12, no. 2 (2019): 266–79. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4962.

Humaira, Aulian, dan Lili Adi Wibowo. “Analisis Faktor Elektronik Word of Mouth (Ewom) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan.” THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal 6, no. 2 (2017): 1049. https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.5515.

Kominfo. “Dorong Kinerja Perekonomian Nasional Lewat Digitalisasi e-Commerce dan Online Travel.” kominfo.go.id (blog), 2022. https://www.kominfo.go.id/content/detail/40935/dorong-kinerja-perekonomian-nasional-lewat-digitalisasi-e-commerce-dan-online-travel/0/berita.

Kotler, P., dan K. L. Keller. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall, 2012.

Kumalasari, Reni, Wisynu Gutama, dan Destyana Pratiwi. “Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung ke Agrowisata Café Sawah Pujon Kidul.” Habitat 29, no. 2 (2018): 65–75. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.8.

Liu, Yong. “Word of mouth for movies: Its dynamics and impact on box office revenue.” Journal of Marketing 70, no. 3 (2006): 74–89. https://doi.org/10.1509/jmkg.70.3.74.

Marini, Sri, Lu’luwatin Rosdiana Aprilia, dan Idham Sakti Wibawa. “Efektivitas Dimensi Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan.” Jurnal E-Bis : Ekonomi Bisnis 6, no. 2 (2022): 482–97.

Mustikasari, Ati, dan Sri Widaningsih. “The Influence of e-WOM on the Decision Comes To The Tourism in Bandung.” Jurnal Manajemen Indonesia 16, no. 2 (2016): 95–103.

Reza Jalilvand, Mohammad, dan Neda Samiei. “The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention: an Empirical Study In The Automobile Industry in Iran.” Marketing Intelligence & Planning 30, no. 4 (2012). https://doi.org/10.1108/02634501211231946.

Rusydi, Rusydi, Adnan Adnan, Sutan Sutan, dan Naufal Bachri. “The Influence of Environment, E-Wom, and Facilities on Tourist Decisions To Visit Sawuek River, North Aceh, Indonesia.” International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS) 1, no. 2 (2021): 207–14. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v1i2.89.

Syahira, Aliya Nur, dan Anna Fatchiya. “Efektivitas E-WOM melalui Instagram sebagai Media PemasaranViral Agroeduwisata di Masa Pandemi Covid-19 ( Kasus : Kampung Agroeduwisata Organik Mulyaharja , Kecamatan Bogor Selatan , Kota Bogor , Jawa Barat ) The Effectiveness of e-WOM through Instagram a” 06, no. 03 (2022): 379–96.

Widodo, W. S. “6 Tren Pariwisata Pasca Pandemi dan Peluang Bisnis yang Bisa Dicoba!” Travel Detik (blog), 2022. https://travel.detik.com/travel-news/d-6234227/6-tren-pariwisata-pasca-pandemi-dan-peluang-bisnis-yang-bisa-dicoba.

Wulandari, Dhea Trisky. “Pengaruh Elektronik Word of Mouth Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Asia Farm Pekanbaru.” Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 2020.

Yusuf, Ibnu Sina Hi, dan Rheza Pratama. “Pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Objek Wisata Pulau Maitara).” Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online) 4, no. 11 (2022): 1534–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.