Guru Berkarakter di Era Milenial (Perspektif Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddah)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, Doni Koesoema. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Baharun, Al-Habib Ali bin Hasan. al-Fawaid al-Mukhtarah lii Saliik Thariiqi al-Akhirah. Bangil: Ma’had Darul Lhuggah, 2008.
Busyaeri, Akhmad, dan Mumuh Muharom. “Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2, no. 1 (10 Februari 2016).
Fajriana, Anggun Wulan, dan Mauli Anjaninur Aliyah. “Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (11 Agustus 2019): 246–65.
Haddad, Al-Habib Abdullah bin Alawi al-. Risalah Mu’awanah Terj Ahmad Yunus al-Muhdhar Nasehat untukmu Wahai Saudaraku. Surabaya: Cahaya Ilmu, 2015.
Ihsan, Sidiq Sekar. “Peran Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlaq Remaja Di Wilayah Majlis Ta’lim Al Munawwarah Cibubur.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 4, no. 2 (5 Desember 2019). https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4893.
Ma’arif, Muhammad Anas. “Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 35-60–60.
Maya, Rahendra. “Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 03 (8 Juni 2017).
Nawawi, Imam. al-Arba’in Nawawiyah Terj Yunan Abduh Hadis ar-Arba;in Annawawiyah. Surakarta: Media Insani, 2007.
Nazaruddin, S. PdI. “Menggagas Sosok Guru Berkarakter Kuat Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 6, no. 01 (14 Mei 2016): 12–18.
Ni’mah, Khoerotun. “Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (2 Juni 2014): 79–94.
Nursyamsi, Nursyamsi. “Pengembangan Kepribadian Guru.” Al-Ta lim Journal 21, no. 1 (1 Maret 2014): 32–41.
Qaimmuddin. Durrarul Muhammadiyah. Bangil: Dalwa, 2010.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Setiawan, Agus. “Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji).” Dinamika Ilmu 14, no. 1 (2014): 1–12.
———. “Relevansi Pendidikan Akhlak di Masa Modern Perspektif Bediuzzaman Said Nursi.” Syamil 4, no. 2 (2016): 105–128.
Smith, Al-Habib Zein bin Ibrahim bin. al-Mahajus Sawi. Tarim Hadramaut: Darul Fatah, 2008.
Solehudin, Much. “Peran Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) Siswa Smk Komputama Majenang.” Jurnal Tawadhu 2, no. 1 (18 Oktober 2018): 303–25.
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta, 2017.
Suryadi, Rudi Ahmad. “Visi Dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (Pai): Kualitas, Integratif, Dan Kompetitif.” EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (1 November 2016): 253–76.
Wardhani, Novia Wahyu, dan Margi Wahono. “Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter.” Untirta Civic Education Journal 2, no. 1 (30 April 2017). https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v3i2.181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.