Guru Berkarakter di Era Milenial (Perspektif Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddah)

Agus Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara konseptual guru yang berkarakter secara Islami di era millenial. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library research). Penelitian ini menggunakan data primer adalah buku karya Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad yaitu Adab Suluk al-Murid. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan berparadigma diskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa karakter guru perspektif Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad yaitu niat yang tulus, taubatan yang sesunggunya, menjaga dari perbuatan maksiat, beribadah meluangkan waktu kepada Allah, dzikir dan tafakur setiap saat, jauhi sifat malas, kesabaran dalam segala hal, bersedekah, dan berlaku sosial kepada manusia dan jangan dengki kepada makhluk Allah. Artikel ini menyimpulkan bahwa beberapa temuan dalam kajian kitab sebagai pandangan Al-Habib Abdullah adalah dapat diimplementasikan pada era millennial saat ini. Implikasinya bahwa perspektif Al-Habib Abdullah memberikan gambaran bahwa dunia pendidikan saat ini sangat membutuhkan karakter guru yang demikian, sehingga dalam proses pendidikan akan berdampak manfaat bagi anak didik. Penelitian ini juga dapat memberikan khazanah keilmuan bagi dunia pendidikan dan guru khususnya, juga bagi peneliti lain yang akan menggali lebih lanjut mengenai perspektif Al-Habib Abdullah dalam bidang lain.

Keywords


Guru, Pendidikan Karakter, Adab Suluk al-Murid, Era Millenial.

Full Text:

PDF

References


A, Doni Koesoema. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.

Baharun, Al-Habib Ali bin Hasan. al-Fawaid al-Mukhtarah lii Saliik Thariiqi al-Akhirah. Bangil: Ma’had Darul Lhuggah, 2008.

Busyaeri, Akhmad, dan Mumuh Muharom. “Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2, no. 1 (10 Februari 2016).

Fajriana, Anggun Wulan, dan Mauli Anjaninur Aliyah. “Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (11 Agustus 2019): 246–65.

Haddad, Al-Habib Abdullah bin Alawi al-. Risalah Mu’awanah Terj Ahmad Yunus al-Muhdhar Nasehat untukmu Wahai Saudaraku. Surabaya: Cahaya Ilmu, 2015.

Ihsan, Sidiq Sekar. “Peran Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlaq Remaja Di Wilayah Majlis Ta’lim Al Munawwarah Cibubur.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 4, no. 2 (5 Desember 2019). https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4893.

Ma’arif, Muhammad Anas. “Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 35-60–60.

Maya, Rahendra. “Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 03 (8 Juni 2017).

Nawawi, Imam. al-Arba’in Nawawiyah Terj Yunan Abduh Hadis ar-Arba;in Annawawiyah. Surakarta: Media Insani, 2007.

Nazaruddin, S. PdI. “Menggagas Sosok Guru Berkarakter Kuat Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 6, no. 01 (14 Mei 2016): 12–18.

Ni’mah, Khoerotun. “Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (2 Juni 2014): 79–94.

Nursyamsi, Nursyamsi. “Pengembangan Kepribadian Guru.” Al-Ta lim Journal 21, no. 1 (1 Maret 2014): 32–41.

Qaimmuddin. Durrarul Muhammadiyah. Bangil: Dalwa, 2010.

Samani, Muchlas, dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Setiawan, Agus. “Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji).” Dinamika Ilmu 14, no. 1 (2014): 1–12.

———. “Relevansi Pendidikan Akhlak di Masa Modern Perspektif Bediuzzaman Said Nursi.” Syamil 4, no. 2 (2016): 105–128.

Smith, Al-Habib Zein bin Ibrahim bin. al-Mahajus Sawi. Tarim Hadramaut: Darul Fatah, 2008.

Solehudin, Much. “Peran Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) Siswa Smk Komputama Majenang.” Jurnal Tawadhu 2, no. 1 (18 Oktober 2018): 303–25.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta, 2017.

Suryadi, Rudi Ahmad. “Visi Dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (Pai): Kualitas, Integratif, Dan Kompetitif.” EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (1 November 2016): 253–76.

Wardhani, Novia Wahyu, dan Margi Wahono. “Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter.” Untirta Civic Education Journal 2, no. 1 (30 April 2017). https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v3i2.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.