Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Upaya Peningkatan Mutu Kegiatan Belajar Sekolah di SMAIT Buahati Islamic School

Atiyah Aziziyah, Venni Nabila Farah Muthmainnah, Masduki Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  pengaruh  antara  manajemen  sarana  dan prasarana  sekolah terhadap  upaya peningkatan mutu kegiatan belajar siswa  di  SMAIT Buahati Islamic School. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Analisis data dilakukan   dengan   uji   linear   regresi   sederhana   untuk   mengetahui   pengaruh   antara   variabel manajemen  sarana  dan  prasarana sekolah  (X)  dengan  variabel  mutu kegiatan belajar siswa  (Y).  Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikannya sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa ada  pengaruh  yang  signifikan  antara  manajemen  sarana  dan  prasarana sekolah  dengan   upaya peningkatan mutu kegiatan belajar siswa  di SMAIT Buahati Islamic School. Nilai koefisien antara kedua variabel adalah 0,836  atau  83,6%.  Hasil  tersebut  menunjukkan  manajemen  sarana  dan  prasarana  memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu kegiatan belajar siswa sebesar 83,6%, sedangkan 16,4% dipengaruhi  oleh  faktor  lain. Faktor lain yang memengaruhi mutu kegiatan belajar siswa seperti kurikulum, isi pendidikan, proses pembelajaran dan evaluasi, kualitas guru, dan buku ajar yang dipakai siswa. Dengan demikian,  pelaksanaan  manajemen  sarana  dan  prasarana  yang  terorganisir  dan terkontrol akan meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa  di SMAIT Buahati Islamic School.

Keywords


Manajemen sarana dan prasarana, sekolah, mutu kegiatan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bancin, Aswin, dan Wildansyah Lubis. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam).” Educandu 10 (2017).

Basry, Brigjen H Hasan, Brigjen H Hasan Basry, Indonesia Article, dan C C By. “Effort Management Tourism Objective Through the Existence of” 8, no. 3 (2022).

E. Mulyasa. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja, 2006.

Fatmawati, Nur, Andi Mappincara, dan Sitti Habibah. “Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan,Keguruan,dan Pembelajaran 3, no. 2 (2019).

Fitriah, Anisa, dan Undang Ruslan Wahyudin. “Efektifitas Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Rangka Meningkatkan Mutu Lulusan di SMAN 1 Tegalwaru.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022).

Hasanah, Raudatul. “Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di TK Al-Fadlillah Maguwoharjo Yogyakarta.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, no. 3 (2020). https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-03.

Julaiha, Siti. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Dinamika Ilmu 14, no. 2 (2014).

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Ristianah, Niken, dan Toha Ma’sum. “Konsep Manajemen Mutu Pendidikan.” Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 01 (2022). https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i01.169.

Saud, Udin, Syaefudin. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.