Peran Panti Asuhan Namira dalam Memberikan Pendidikan Moral Terhadap Anak Asuh di Kabupaten Labuhanbatu

T. Sukma Nurjannah, Toni Toni

Abstract


Panti asuhan merupakan suatu lembaga yang berperan untuk membentuk perkembangan anak yang tidak memiliki keluarga ataupun yang tidak tinggal dengan keluarga. Panti asuhan menjadi tempat perlindungan bagi anak-anak yang membutuhkan pengasuhan. Panti asuhan memiliki pengasuh yang bertugas menggantikan peran orang tua dalam mengasuh, menjaga dan membantu mengembangkan diri anak-anak asuh agar menjadi manusia yang memiliki perilaku yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran panti Asuhan Namira di Rantauprapat, Labuhanbatu dalam memberikan pendidikan moral terhadap anak asuh. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teknik penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengetahui bahwa peran pengasuh panti asuhan sangat penting untuk perkembangan anak asuh dimasa yang akan datang, yang dimana orang tua asuh dapat dikatakan menjadi pengganti peran orang tua kandung sang anak asuh. Peran pemberian pendidikan moral yang di berikan oleh pengasuh panti asuhan namira sudah termasuk dalam kategori yang baik, karena perilaku yang di terapkan anak-anak asuh tersebut sangat bagus.

Keywords


Peran panti asuhan, Pendidikan moral

Full Text:

PDF

References


Irma, Yohana Enika, 2021. “Peran Orang Tua Asuh dalam Membina Disiplin dan Moral Anak di Panti Asuhan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1, no. 1 (2021): 1–6.

Khaironi, Mulianah, 2017. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 1, no. 01 (2017): 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479.

Natryzia, dan 2021 Salam Abdul. “Peran Panti Asuhan dalam Pembentukan Kemandirian Anak (Studi kasus: Panti Asuhan Unit Putra Aisyiyah Payakumbuh 1986-2020).” Jurnal Kronologi 3, no. 4 (2021): 91–105.

Nimah, Siti Kholisotun. “Pemenuhan Hak Anak di Panti Asuhan Nurul Falah Jemur Wonosari Surabaya.” Al-Qanun: Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam 19, no. 1 (2016). https://doi.org/10.15642/alqanun.2016.19.1.20-41.

Nurpratiwi, Hany, 2021. “Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moral.” Jipsindo 8, no. 1 (2021): 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954.

Rahayu, Ratri, 2016. “Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD melalui Penilaian Produk pada Pembelajaran Mind Mapping.” Jurnal Konseling Gusjigang 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562.

Simbolon Narma, dan 2022 Ritonga Fajar Utama. “Evaluasi Standar Pelayanan Sosial Pengasuh Di Panti Asuhan Yayasan Anugrah Kasih Abadi,” no. 1 (2022): 769–73.

Wulandari, Ria, 2016. “Metode Kunjungan Lapangan untuk Menanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2016): 67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.90.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.