Ruqyah Sebagai Metode Sufi Healing

Siti Khoiriyah

Abstract


Ruqyah merupakan salah satu metode penyembuhan ilahi yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam mengatasi gangguan kesehatan dan telah dipraktekkan para sufi karena mempunyai pengaruh yang besar dalam melakukan pengobatan baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain terutama sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.. selama ini kajian tentang ruqyah lebih menekankan pada penggunaan ayat-ayat al-Qur’an dan terbatas pada gangguan jin dan sihir saja dengan metode-metode umum, bahkan jarang sekali mengaitkan ruqyah dengan cara-cara sufi. Karenanya, penulis mencoba mengungkap metode ruqyah para sufi dalam melakukan penyembuhan (healing) dan memfokuskan pada; 1) ruqyah dalam Islam, dan  2) seperti apa metode ruqyah sufi terhadap penyembuhan penyakit (healing) baik secar fisik maupun psikis. Hal ini dianggap penting bagi penulis karena mengingat kondisi masyarakat saat ini sangat membutuhkan penanganan dan penyembuhan penyakit dengan cara-cara sufi. Dengan metode berpikir deduktif-induktif, mengkaji dan menganalisi penulis menemukan bahwa ada batasan-batasan ruqyah di dalam islam bahwa ruqyah yang diperbolehkan adalah ruqyah yang memenuhi tiga syarat penting yakni pertama bacaan-bacaan ruqyah harus berasal dari al-Qur’an dan al-Hadist, kedua ruqyah harus diucapkan dengan bahasa arab atau bahasa lain yang bisa dipahami maknanya, ketiga keyakinan bahwa yang memberi pengaruh bukan ruqyah itu sendiri melainkan Allah SWT. Dan yang lebih menarik penulis menemukan bahwa secara implisit metode ruqyah dengan cara taubat, penggunaan ayat-ayat al-Qur’an, zikir dan do’a selain sebagai amaliyah riyadhun nafs  sekaligus merupakan cara yang dipergunakan para sufi dalam melakukan pencegahan (prefentif), perlindungan (protektif) dan penyembuhan (healing/terapis) terhadap berbagai penyakit baik fisik maupun psikis, artinya ruqyah tidak terbatas hanya pada gangguan jin atau sihir semata. Bahkan, ternyata metode-metode tersebut dianggap cukup relevan dengan kondisi dan keluhan penyakit zaman sekarang.


Keywords


Ruqyah, Sufi, Metode, Healing

Full Text:

PDF

References


Abdullah bin Abdul Aziz Al-Aidan. Jalan Menuju Sehat Jasmani & Rohani Melalui Ruqyah Syar’iyah. I. Riyadh: House of the Proper Knoeledge for Publishing & Distribution, 2004.

Abī Dāud Sulaimān ibn al “Asy”aś al Sajastānī. “Sunanu Abī Dāud.” Riyadh: al Ma’ārif Linnassyri wa al Taurī’, tth.

Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ismāῑl al-Bukharῑ. “Al-Jāmῑ’ Al-Shahῑh.” Kairo: al-Mathba’ah as-Salafiyyah, 1400.

Abul Qasim Abdul Karim Hawazin Al Qusyairi An Naisaburi. Risalah Qusyairiyah : Sumber Kajian Ilmu Tasawuf. III. Jakarta: Pustaka Amani, 2013.

Adynata. “Penerapan Sunnah Nabi Shallallahualaihi Wasallam, Ruqyah Syar’iyyah, Di Klinik Surabaya Ruqyah Center.” An-Nida’ 38, No. 2 (July 2013).

Ahmad Warson Al-Munawwir. “Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap,” 525. Yogyakarta: Pustaka Progressif, 1997.

Al Kaustar. “Pengaruh Paparan Audio Murattal Surat Al Fatihah Terhadap Viabilitas Sel Kanker Secara In Vitro.” Skripsi, 2019.

Al-Jauziyyah, Ibnu Qayyim. At-Tibbun Nabawi: Metode Pengobatan Nabi. 21st ed. JakartaTimur: Griya ILmu, 2017.

‘Asqalanῑ, Ibn Hajar al-. “Fathul Bārῑ,” Vol. X. Kairo: Maktabah Taufῑqiyyah, 2008.

LS Tarwiyah. “Metode Terapi Doa Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Pasien Kolesterol.” Skripsi, 2014.

M. Amin Syukur. “Sufi Healing: Terapi Dalam Literatur Tasawuf,” 02, 20 (November 2012). Jurnal UIN Walisongo.

Mahmud Yunus. “Kamus Arab-Indonesia.” Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wadzuryah, 1972.

Masyithah Mardhatillah. “Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Sufi Healing Methode: Pengobatan Alternatif Penderita AIDS Ala Muhammad Zuhri.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist 16, No 1 (January 2015).

Misbah al-Munῑr. “Al-Muhῑth,” II:379. Riyadh: Dār ‘Ālami al-Kutub, 1417.

Mohd Farhan Md Ariffin, Khadher Ahmad. “Terapi Ruqyah Berasaskan Al-Quran: Analisis Signifikannya Dalam Rawatan Penyakit.” Centre of Quranic Research (CQR), Wisma R&D, Universiti Malaya, Kuala Lumpur., April 2014.

Moinuddin, Shaykh Ghulam. Penyembuh Cara Sufi. Jakarta: Narasi, 2017.

Muhammad Nadhif Khalyani. Lalat Dan Sampah : Mengungkap Rahasia Mengapa Tak Kunjung Sembuh. 2nd ed. Lumajang: Ruqyah Learning Center Indonesia, 2018.

Muhammad Shohib. “Taubat Sebagai Metode Dasar Psikoterapi.” Psychology Forum UMM, no. SEMINAR PSIKOLOGI & KEMANUSIAAN (2015).

Perdana Akhmad. Ruqyah Syar’iyyah VS Ruqyah Gadungan (Syirkiyyah). Quranic Media Pustaka, tth.

Reza Pahlevi Dalimunthe, Khoirul Amru Harahap. Dahsyatnya Doa & Zikir. Jakarta Selatan: QulhumMedia, 2008.

Sharifah Norshah Bani Syed Bidin. “Ayat-Ayat Al-Qur’an Sebagai Terapi Kerasukan Jin: Analisis Dari Ayat-Ayat Ruqyah Syar’iyyah.” Center of Qur’anic Research International Journal, n.d.

Siti Arofah, Alfian Dhany Misbakhuddin. “Zikir Sebagai Terapi Penderita Skizofrenia (Living Alquran Di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Eks-Psikotik Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur).” SPIRITUALITA: Journal of Ethics and Spirituality 2, No. 1 (2018).

St. Rahmatiah. “Metode Terapi Sufistik Dalam Mengatasi Gangguan Kejiwaan.” Jurnal Dakwah Tabligh, 2018.

Ummu Abdillah Haniem Az-Zarqaa’. Terapi Pengobatan Dengan Ruqyah Syar’iyyah. Jakarta: Pustaka el-Posowy, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.