Problematika Guru PPKn Menggunakan Media Audio Visual dalam Proses Pembelajaran di Kelas VII SMPN 1 Praya

M. Zulfakar Pratama, Muh. Zubair, Hariyanto Hariyanto

Abstract


Media audio visual merupakan salah satu hal yang paling penting dalam proses kegiatan belajar mengajar yang didalamnya terdapat pesan yang akan diterima oleh siswa, baik berupa bahan ajar dan isi materi yang disajikan menggunakan alat audio visual. Selain itu juga media pembelajarn juga dapat memancing interaksi siswa lebih aktif dan efektif. Oleh sebab itu media pembelajaran sangat perlu diterapkan. Dengan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui problematika guru PPKn dalam kegiatan pembelajaran di kelas VII SMPN 1 Praya, (2) mengetahui cara menggunakan media audio visual dalam pembelajaran pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMPN 1 Praya, (3) mengetahui problematika guru PPKn menggunakan media audio visual di kelas VII SMPN 1 Praya, (4) mengetahui dampak problematika guru PPKn menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran di kelas VII SMPN 1 Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru mata pelajaran PPKn. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat problematika guru PPKn dalam kegiatan pembelajaran di kelas yaitu terdapat kendala atau kesulitan saat memproduksi, (2) dalam menggunakan media audio visual terdapat kendala yaitu kurangnya alat media, (3) terdapat kendala guru saat menggunakan media audio visual yaitu saat pembuatan, pelaksanaan dan pengevaluasian, (4) terdapat dampak positif dan negative dari guru dan dari peserta didik.

Keywords


Problematika, Media Audio Visual, Pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Hariyanto, dan Muh Zubair. “Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman.” Pendidikan Sosial Keberagaman 7, no. 2 (2020): 95–102.

Alwi, Said. “Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan 8, no. 2 (2017): 145–67.

Andayani Septiana, M. Ismail, Muh, Zubair, Hariyanto. “Pengembangan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru PPKn Pada Masa New Normal Covid 19 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri SE Kota Mataram” 4, no. 1 (t.t.): 260–78.

Ariyana, Ariyana, Intan Sari Ramdhani, dan Sumiyani Sumiyani. “Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 3, no. 2 (2020): 356–70. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112.

Arsyad, Arsyad, dan Wahyu Bagja Sulfemi. “Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar Ips.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 3, no. 2 (2018): 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012.

Fauzan, Ahmad, Hariyanto, Rispawati, dan Nengah Agus Tripayana. “Pendidikan Dan Latihan Menghitung Validitas , Reliabilitas , Tingkat.” Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4, no. 4 (2021): 35–41.

Firdaus, Ahmad, dan Dea Mustika. “Jurnal basicedu.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2019): 1683–88.

Hariyoko, Sapto. “Motivasi Dan Hasil Belajar Statistika Menggunakan Multimedia Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika Uncp.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, no. November 2017 (2017): 1.

Joni Purwono, Sri Yutmini, Sri Anitah. “Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan.” Kompetensi 12, no. 2 (2019): 116–21. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25.

Jusmiana, Andi, Herianto Herianto, dan Rabiatul Awalia. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2020): 1–11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400.

Kahfi, Martin, Yeli Ratnawati, Wawat Setiawati, dan Asep Saepuloh. “Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7, no. 1 (2021): 84–89. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1636.

Lestari, Iis Dewi, Halimatusha’diah Halimatusha’diah, dan Fibria Anggraini Puji Lestari. “Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru.” Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 01 (2018): 55. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361.

Massang, Berdinata, Meifa Kindangen, dan Jeane Marie Tulung. “Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 1 (2022): 337–43. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.2050.

Nurani, Riga Zahara, Fajar Nugraha, dan Geri Syahril Sidik. “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Dasar 10 (2018): 78–84.

Raudhatul, Raudhatul, Hariyanto Hariyanto, dan Mabrur Haslan. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman 6, no. 2 (2019): 182–92. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.101.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

Suria Oktaviani, Md Dwi, I Wyn Suwatra, dan Nym Murda. “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 1 (2019): 89. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662.

Wahyu, Yuliana, Ambros Leonangung Edu, dan Mikael Nardi. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.