Penerapan Discovery Learning dengan Alat Peraga Kebaku untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Dimensi Tiga

Ratna Sriningsih

Abstract


Rendahnya keterampilan komunikasi dan hasil belajar Dimensi  Tiga pada Siswa MAN Kapuas menuntut guru untuk melakukan inovasi. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu penulis memilih model pembelajaran Discovery Learning sebagai solusi. Agar lebih maksimal maka pada penerapan model pembelajaran penulis menggunakan alat peraga Kebaku sebagai alat bantu agar siswa dapat memahami konsep yang masih abstrak. Kebaku merupakan alat peraga berupa Kerangka Bangun Kubus yang dibuat siswa dari barang bekas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII IPA 1 MAN Kapuas semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian diperoleh peningkatan pada keterampilan komunikasi siswa yaitu dari 2,3 (kategori cukup baik) pada siklus I menjadi 3, 1 (kategori Baik) pada siklus II. Demikian pula pada hasil belajar siswa, terjadi peningkatan dari 55% siswa tuntas pada siklus I menjadi 100%  siswa tuntas pada siklus II

Keywords


Discovery Learning; Alat peraga Kebaku; Keterampilan komunikasi; Hasil Belajar; Dimensi Tiga

Full Text:

PDF

References


“A Theoretical Foundation for Discovery Learning.” Accessed December 21, 2022. https://doi.org/10.1152/advances.1998.275.6.S4.

Anas, Muhammad. Alat Peraga dan Media Pembelajaran. Muhammad Anas, n.d.

Astuti ", "Kusni Ingsih, Juli Ratnawati, Imam Nuryanto, Sih Darmi. Pendidikan Karakter: Alat Peraga Edukatif Media Interaktif. Deepublish, 2018.

Bakos, J. D. “Communication Skills for the 21st Century.” Journal of Professional Issues in Engineering Education and Practice 123, no. 1 (January 1, 1997): 14–16. https://doi.org/10.1061/(ASCE)1052-3928(1997)123:1(14).

Ellison, Deborah. “Communication Skills.” Nursing Clinics of North America, Transformational Tool Kit for Front Line Nurses, 50, no. 1 (March 1, 2015): 45–57. https://doi.org/10.1016/j.cnur.2014.10.004.

Hammer, David. “Discovery Learning and Discovery Teaching.” Cognition and Instruction 15, no. 4 (December 1, 1997): 485–529. https://doi.org/10.1207/s1532690xci1504_2.

Hulu, Yaatulo, dan Yakin Niat Telaumbanua. “Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (September 6, 2022): 283–90. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39.

Jacobson, Susan K. Communication Skills for Conservation Professionals. Island Press, P, 1999.

“Learning 21st-Century Skills Requires 21st-Century Teaching - Anna Rosefsky Saavedra, V. Darleen Opfer, 2012.” Accessed December 21, 2022. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/003172171209400203?journalCode=pdka.

Maguire, Peter, dan Carolyn Pitceathly. “Key Communication Skills and How to Acquire Them.” BMJ 325, no. 7366 (September 28, 2002): 697–700. https://doi.org/10.1136/bmj.325.7366.697.

Mansur;, Harun Rasyid; Penilaian hasil belajar / Harun Rasyid. Wacana Prima, 2009. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13735.

Matondang, Zulkifli, Ely Djulia, Sriadhi Sriadhi, dan Janner Simarmata. Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis, 2019.

Mayasri, Adean, dan Ratu Fazli Inda Rahmayani. “Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi.” Journal Of Education Science 5, no. 1 (May 17, 2019). https://doi.org/10.3314/jes.v5i1.360.

M.Hum, Dr Sumardi. Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Deepublish, 2020.

Nuriyah, Nunung. “Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori.” Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3, no. 1 (2016).

Qurniati, Devi, Yayuk Andayani, dan Muntari -. “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1, no. 2 (July 31, 2015). https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20.

Rahmawati, Fauziah, Yani Achdiani, dan Shinta Maharani. “Improving Students’ Learning Outcomes Using 5E Learning Cycle Model.” ASEAN Journal of Science and Engineering Education 1, no. 2 (2021): 97–100. https://doi.org/10.17509/ajsee.v1i2.33389.

Rivaie, Mariyati Teluma, H. Wanto. Penilaian. Pgri Prov Kalbar dan Yudha English Gallery, 2019.

Riyanto, Dwi. “Pengembangan Alat Peraga (Keradiga) Matematika untuk Materi Dimensi Tiga.” PhD Thesis, UIN Fatmawati Sukarno, 2021.

Siddiq, Fazilat, Ronny Scherer, dan Jo Tondeur. “Teachers’ Emphasis on Developing Students’ Digital Information and Communication Skills (TEDDICS): A New Construct in 21st Century Education.” Computers & Education 92–93 (January 1, 2016): 1–14. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.006.

Syamsuar, Syamsuar, dan Reflianto Reflianto. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (2019).

Urbayatun, Siti, Ika Maryani, Suyatno, Caraka Putra Bhakti, dan Dwi Sulisworo. Komunikasi Pedagogik untuk Pengembangan Kemampuan Literasi pada Siswa. Ika Maryani, 2018.

Wulandari, Sri Rezeki. “Pendidikan Karakter Kerjasama dalam Pembelajaran Matematika.” Widya Wacana: Jurnal Ilmiah 15, no. 1 (February 29, 2020). https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i1.3501.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.